Banyak Orang Gagal, Ini Cara Tepat Hilangkan Lemak dan Miliki Otot

Oleh Benedikta Miranti T.V pada 13 Agu 2022, 19:40 WIB
Diperbarui 13 Agu 2022, 19:40 WIB
[Fimela] Workout
Perbesar
Ilustrasi olahraga untuk mengencangkan otot paha dan bokong | unsplash.com

Liputan6.com, Jakarta - Jika mempelajari cara menghilangkan lemak dan menambah otot itu mudah, semua orang akan melakukannya. Sayangnya, ini bukan konsep langsung, dengan metode yang digunakan untuk mencapai salah satu tujuan sering kali bertentangan satu sama lain. 

Dalam istilah yang paling sederhana; penambahan otot biasanya membutuhkan surplus kalori di mana Anda mengonsumsi lebih banyak kalori daripada yang Anda bakar setiap hari, meninggalkan tubuh Anda dengan sumber daya berlebih (khususnya protein) untuk membangun otot baru. 

Padahal, kehilangan lemak membutuhkan defisit kalori di mana Anda membakar lebih banyak kalori dalam sehari daripada yang Anda konsumsi. 

Jadi, tidak peduli seberapa sering Anda melakukan angkat besi dengan dumbel terbaik, atau seberapa ketat Anda mempertahankan defisit kalori yang berkelanjutan, mencapai penambahan otot dan kehilangan lemak secara bersamaan mungkin masih di luar jangkauan. 

Namun demikian, ada cara-cara strategis untuk menyusun metode latihan dan kebiasaan makan Anda untuk mencapainya. 

"Terlepas dari apa yang diyakini kebanyakan orang, adalah mungkin untuk menurunkan berat badan dan menambah massa otot secara bersamaan," kata Quintero kepada Live Science.  

“Proses seperti itu disebut rekomposisi tubuh. Dalam hal ini, fokusnya bukan pada angka pada timbangan (penurunan berat badan) tetapi pada rasio otot terhadap lemak, yang merupakan indikator terbaik dari kesehatan dan kebugaran secara keseluruhan.”

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.


Kaitan antara Lemak dan Otot

Ciri-ciri Otot Polos Lurik dan Jantung
Perbesar
Ciri-ciri Otot Polos Lurik dan Jantung (Sumber: Pixabay)

Sebuah artikel tahun 2020 di Strength and Conditioning Journal(terbuka di tab baru)– menganalisis studi sebelumnya tentang apakah individu yang terlatih dapat membangun otot dan menghilangkan lemak pada saat yang sama – mendukung pernyataan Quintero. 

Ini menyimpulkan: "Literatur memberikan dukungan bahwa individu yang terlatih juga dapat mengalami rekomposisi tubuh ... Pelatihan ketahanan ditambah dengan strategi diet telah terbukti meningkatkan fenomena ini."

Namun, itu menambahkan bahwa "status pelatihan individu, intervensi olahraga, dan komposisi tubuh dasar mereka dapat mempengaruhi besarnya otot yang diperoleh dan lemak yang hilang."

Dengan kata lain, persentase lemak tubuh Anda yang ada, massa otot, dan pengalaman pelatihan Anda sebelumnya dapat memengaruhi tingkat keberhasilan rekomposisi tubuh.

Studi tersebut menambahkan: “Selain itu, tampaknya ada variabel non-pelatihan atau nutrisi yang membingungkan seperti tidur, hormon, dan metabolisme yang dapat secara signifikan mempengaruhi adaptasi ini.”

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS


Bukan Proses Mudah

Olahraga agar Langsing
Perbesar
Ilustrasi orang yang berolahraga agar memiliki tubuh langsing. Credits: pexels.com by Jonathan Borba

Meskipun kehilangan lemak dan mendapatkan otot secara bersamaan adalah mungkin, ini bukanlah proses yang mudah atau cepat. 

“Mencoba menyusun ulang tubuh Anda bisa menjadi tantangan berat karena ini bukan hanya diet, ini adalah gaya hidup,” Quintero memperingatkan. 

“Butuh kesabaran, banyak tekad, usaha, dan banyak perencanaan untuk mendapatkan hasil yang baik, yang pasti membutuhkan waktu. 

“Misalnya, jika Anda ingin menyusun ulang tubuh Anda dengan sukses, Anda tidak hanya perlu belajar menghitung kalori tetapi juga untuk mengaturnya secara strategis sesuai dengan aktivitas fisik Anda.”

 


Metode Gabungan

Ilustrasi Olahraga
Perbesar
Ilustrasi berolahraga. (dok. Unsplash.com/Tomasz Woźniak @huckster)

Sebuah studi yang diterbitkan dalam Strength and Conditioning Journal(terbuka di tab baru)- mengeksplorasi kehilangan lemak dan penambahan otot secara simultan - menunjukkan bahwa tidak ada satu metode tunggal untuk mencapai hal ini, melainkan "seperangkat desain, metode, dan hasil yang sangat heterogen". 

Atau, dengan kata lain, ada beragam cara untuk mencapainya. 

Namun, dengan memecah literatur yang ada ke dalam topik, studi tahun 2020 yang disebutkan di bagian sebelumnya mengidentifikasi sejumlah tindakan yang secara konsisten ditunjukkan untuk mendukung proses rekomposisi tubuh. 

Infografis Waspada Covid-19 Subvarian Omicron BA.4 dan BA.5 Terdeteksi di Indonesia. (Liputan6.com/Abdillah)
Perbesar
Infografis Waspada Covid-19 Subvarian Omicron BA.4 dan BA.5 Terdeteksi di Indonesia. (Liputan6.com/Abdillah)
Lanjutkan Membaca ↓

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya