4 Tips Hentikan Kebiasaan Ngorok, Salah Satunya Jangan Minum Ini

Oleh Teddy Tri Setio Berty pada 09 Agu 2022, 20:40 WIB
Diperbarui 09 Agu 2022, 20:40 WIB
Tip Menghentikan Kebiasaan Ngorok
Perbesar
Tip Menghentikan Kebiasaan Ngorok

Liputan6.com, Jakarta - Apakah Anda tidur sendiri atau berbagi tempat tidur dengan teman? Biasanya, tidur dengan orang yang mendengkur alias ngorok sangat menyebalkan.

Para pendengkur mungkin merasa tidak ada yang bisa mereka lakukan untuk menghentikan kebiasaan tersebut. Kebanyakan orang menilai, suara ngorok terdengar seperti mesin pemotong rumput di malam hari. Namun jangan khawatir.

Ada perawatan khusus, perubahan gaya hidup, dan bahkan penyesuaian kembali tubuh Anda agar membuat malam lebih damai bagi orang di seluruh rumah dan para tangga, seperti dikutip dari laman Mentalfloss, Selasa (9/8/2022).

1. Tidur Miring

Salah satu cara paling sederhana untuk mengurangi dengkuran adalah dengan mengubah posisi tidur Anda.

Tidur telentang menyempitkan ruang antara pangkal lidah, langit-langit lunak, dan bagian belakang tenggorokan. Saat Anda bernapas, ini terkadang menghasilkan getaran bising yang mungkin mengganggu teman tidur Anda.

Tidur miring dapat membenarkan lorong ini dan mencegah dengkuran tanpa memerlukan peralatan khusus.

2. Kurangi Alkohol

Jika Anda mendengkur pada beberapa malam dan bukan pada malam lainnya, mungkin penyebabnya adalah asupan alkohol.

Minum alkohol dapat mengendurkan otot-otot lidah melebihi kondisi istirahat normalnya, mengubah orang yang biasanya diam menjadi pendengkur.

Anda dapat mengurangi kemungkinan mendengkur dengan mengurangi minuman keras -- terutama pada jam-jam sebelum tidur.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.


3. Bersihkan Bantal

3 Cara Hentikan Ngorok Saat Tidur Menurut Pakar
Perbesar
Ilustrasi tidur. (dok Andrea Piacquadio/pexels.com)

Dalam beberapa kasus, lingkungan Anda adalah penyebab saluran udara terbatas. Jika Anda kesulitan bernapas di kamar tidur, inilah saatnya untuk membersihkan benda yang Anda sandarkan pada kepala setiap malam.

Bantal menumpukan berbagai macam iritasi seperti debu dari waktu ke waktu. Anda harus mencuci bantal beberapa kali dalam setahun selain mencuci sarung bantal Anda setiap minggu.

4. Kenakan Strip Hidung

Strip hidung adalah beberapa alat anti-mendengkur yang paling tidak invasif yang tersedia.

Setelah dioleskan ke bagian luar hidung, strip perekat menjalankan fungsinya untuk melebarkan saluran hidung. Dilator hidung internal juga tersedia, dan terbukti lebih efektif daripada jenis eksternal. Alat ini lebih nyaman daripada pelindung mulut, tetapi dokter memperingatkan bahwa dilator hidung hanya efektif dalam kasus mendengkur tertentu.

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS


Bahaya Mendengkur dalam Hubungan

Mendengkur atau ngorok
Perbesar
Ilustrasi mendengkur atau ngorok

Orang sering menganggap remeh kebiasaan mendengkur atau ngorok di saat tidur. Sebuah penelitian di Inggris, baru-baru ini, menemukan kebiasaan mendengkur ternyata dapat berakibat fatal bagi penderita yang mempunyai pasangan. Bahkan, kebiasaan buruk itu bisa merusak hubungan sebuah pernikahan.

Penemuan ini dikemukakan pada pertemuan yang diselenggarakan dalam Pekan Berhenti Mendengkur Nasional di London, Inggris. Menurut para peneliti, sekitar 15 juta pendengkur dan pasangannya setiap hari mengalami masalah yang ditimbulkan oleh kebiasaan itu.

Bahaya ngorok selanjutnya ditegaskan Marianne Davey dari Asosiasi Mendengkur dan Tidur Inggris. Menurut Davey, kebiasaan mendengkur dapat memicu pertengkaran antara si pendengkur dan pasangannya. Akibatnya, tak jarang pasangan tersebut memilih untuk berpisah ranjang yang dapat berujung pada perceraian.

Kebiasaan mendengkur sebenarnya dapat ditangani, apabila yang bersangkutan tahu penyebabnya. Beberapa penyebab mendengkur, di antaranya kegemukan, kebiasaan merokok, dan tidak meminum air dalam jumlah yang sesuai. Jika semua cara belum dapat menghentikan kebiasaan itu, ada kemungkinan orang yang mendengkur mempunyai masalah kesehatan, seperti sulit bernapas dan sulit tidur. Hal itu bisa diatasi dengan tindakan medis, seperti pembedahan.

Infografis 3 Manfaat Tidur Cukup Cegah Risiko Penularan Covid-19. (Liputan6.com/Abdillah)
Perbesar
Infografis 3 Manfaat Tidur Cukup Cegah Risiko Penularan Covid-19. (Liputan6.com/Abdillah)
Lanjutkan Membaca ↓

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Live Streaming

Powered by

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya