Sukses

Asal Mula Operasi Caesar, Benarkah dari Nama Tokoh Terkenal Romawi Kuno?

Dari mana operasi caesar bermula?

Liputan6.com, Jakarta - Saat melahirkan secara normal bukanlah pilihan (atau bukan pilihan terbaik atau teraman), dokter akan memotong sedikit bagian permukaan perut ibu hamil dan mengeluarkan bayi melalui pembedahan.

Prosedur ini biasa disebut operasi caesar, seperti dikutip dari laman Mentalfloss, Selasa (9/8/2022).

Tidak salah bagi siapa pun yang mengira jika kata operasi Caesar memiliki kemiripan dengan nama Caesar.

Sebenarnya, ejaan awal istilah tersebut bermula sejak awal abad ke-17, termasuk Caesar dan Caesarian. Dan menurut teori yang paling umum tentang asal-usulnya, bermula dari nama Julius Caesar sendiri, yang konon lahir ke dunia melalui operasi caesar.

"Caesar lahir dari rahim ibunya, pada saat yang sama dia meninggal," tulis ahli bedah Prancis Jacques Guillemeau dalam bukunya Child-birth, atau The Happy Delivery of Women, yang pertama kali diterbitkan pada 1609.

Ada satu hal yang dikatakan mencolok dari teori ini -- dan tentunya sedikit berbeda -- ibu Julius Caesar, Aurelia Cotta, tidak meninggal saat melahirkan.

Dia meninggal pada 54 SM, 10 tahun sebelum pembunuhan putranya. Dan karena itu tidak ada bukti lebih jelas dari mana awal mula operasi caesar.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Cerita dan Versi Lain

Pliny the Elder menyajikan kisah asal usul alternatif dalam Natural History-nya: Bahwa nenek moyang tertua Julius Caesar bernama Caesar juga karena tidak melalui proses melahirkan normal.

Dalam bahasa Latin, caesus adalah bentuk kata kerja caedere, yang berarti "memotong." (Konon, orang lain memiliki gagasan berbeda tentang bagaimana nama Caesar berasal.)

Seperti yang dijelaskan Lawrence D. Longo dan Lawrence P. Reynolds dalam karya referensi 2016, Wombs with a View, kata Cesarean yang berkaitan dengan persalinan mungkin memiliki hubungan dengan Numa Pompilius, yang memerintah Roma dari 715 hingga 672 SM.

Selama masa pemerintahannya, ia memberlakukan undang-undang yang mengamanatkan untuk menyelamatkan bayi jika ibu terancam meninggal dunia dengan prosedur memberi sayatan ke perut perempuan.

Teori hanyalah teori. Tetapi bahkan jika tidak ada Caesar yang pernah ada hubungannya dengan operasi caesar, fakta bahwa begitu banyak sejarawan dan dokter penting percaya (dan mengulangi) hubungan antara keduanya mungkin mengapa istilah itu melekat hingga hari ini.

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

3 dari 4 halaman

Jika Wanita Melahirkan di Pesawat, Apa Kewarganegaraan Anaknya?

Masih berkaitan dengan masalah persalinan. 

Ada beberapa kasus tentang wanita yang melahirkan di dalam pesawat saat sedang berada di ketinggian ribuan kaki. Sebenarnya, saran medis cukup standar. Seorang wanita hamil tidak boleh bepergian dengan pesawat selama 36 minggu atau lebih setelah kehamilannya.

Terlepas dari tindakan pencegahan itu, tentu ada sejumlah orang yang tidak mempermasalahkan itu, demikian dikutip dari laman Mentalfloss.com.

Seolah-olah melahirkan di ketinggian 40.000 kaki menjadi pengalaman bagi seorang ibu baru. Namun, semua orang akan menjadi sibuk.

Ada satu pertanyaan yang menyelimuti pikiran banyak orang tentang kondisi seorang wanita yang melahirkan di dalam pesawat.

Jika mereka sudah melahirkan, kira-kira apa kewarganegaraan bayi tersebut?

Apabila masih dalam negara yang sama mungkin tak akan ada banyak perubahan. Namun, apa jadinya jika kondisi itu terjadi di atas langit negara atau benua lain?

Tidak ada aturan universal tentang bagaimana suatu negara menentukan kewarganegaraan bayi yang baru lahir. Beberapa negara hanya mengikuti hukum jus sanguinis (hak atas darah), yang berarti kewarganegaraan bayi ditentukan oleh salah satu atau kedua orang tuanya.

Yang lain mematuhi aturan itu dan jus soli (hak atas tanah), di mana suatu negara memberikan kewarganegaraan kepada anak yang lahir di tanahnya, terlepas dari asal orang tuanya.

4 dari 4 halaman

Bergantung pada Situasi

Negara-negara ini sebagian besar berada di Benua Amerika dan termasuk Amerika Serikat dan Kanada. Dan dengan perluasan perjalanan udara, hukum-hukum ini meluas hingga ke langit juga.

Jika seorang bayi lahir di wilayah udara Amerika Serikat, aturan jus soli berarti anak tersebut akan diberi kewarganegaraan AS, menurut Manual Departemen Luar Negeri. Bergantung pada situasinya, anak tersebut juga dapat menjadi kandidat untuk kewarganegaraan ganda jika orang tuanya berasal dari negara yang memberikan kewarganegaraan dalam sistem itu.

Kesederhanaan yang sama ini tidak berlaku untuk negara jus sanguinis. Ini berarti bahwa seorang ibu Amerika tidak dapat memperoleh kewarganegaraan Prancis untuk bayinya hanya karena dia melahirkan di wilayah udara Prancis.

Bayi itu hanya akan kembali ke kewarganegaraan AS yang berasal dari orang tuanya.

Karena jus sanguinis adalah aturan yang jauh lebih umum di seluruh dunia, kebanyakan bayi yang lahir dalam penerbangan kemungkinan besar akan mengambil kewarganegaraan orangtuanya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.