Sukses

Rumah Eks Presiden AS Donald Trump di Mar-A-Lago Florida Digerebek FBI

Rumah milik Donald Trump di Mar-A-Lago Florida sedang digerebek FBI.

Liputan6.com, Jakarta - Mantan Presiden Amerika Serikat Donald Trump mengatakan pada Senin (8 Agustus 2022) bahwa kediamannya di Mar-A-Lago, Florida sedang "digerebek" oleh agen FBI dalam apa yang disebutnya tindakan "pelanggaran penuntutan".

Dikutip Channel News Asia, Selasa (9/8/2022), FBI menolak berkomentar tentang apakah pencarian itu terjadi atau untuk apa, Trump juga tidak memberikan indikasi mengapa agen federal ada di rumahnya - situasi yang menambah tekanan hukum pada mantan presiden.

"Ini adalah masa-masa kelam bagi Bangsa kita, karena rumah saya yang indah, Mar-a-Lago di Palm Beach, Florida, saat ini dikepung, digerebek, dan diduduki oleh sekelompok besar agen FBI," katanya dalam sebuah pernyataan yang diposting di Jaringan Sosial Kebenarannya.

Rekaman udara Mar-a-Lago menunjukkan mobil polisi di luar properti.

"Ini adalah pelanggaran penuntutan, persenjataan Sistem Peradilan, dan serangan oleh Demokrat Kiri Radikal yang sangat tidak ingin saya mencalonkan diri sebagai Presiden pada 2024," kata mantan presiden, yang tidak hadir dalam penggerebekan itu, menurut The New York Times.

"Serangan seperti itu hanya bisa terjadi di negara-negara Dunia Ketiga yang rusak. Sayangnya, Amerika sekarang telah menjadi salah satu dari Negara-negara itu," kata Trump, menambahkan: "Mereka bahkan membobol brankas saya!"

Beberapa media AS mengutip sumber yang dekat dengan penyelidikan yang mengatakan bahwa agen sedang melakukan pencarian resmi terkait dengan potensi kesalahan penanganan dokumen rahasia yang telah dikirim ke Mar-a-Lago.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Temuan Dokumen

Arsip Nasional mengatakan pada bulan Februari bahwa mereka telah menemukan 15 kotak dokumen dari perkebunan Florida Trump, yang dilaporkan Washington Post termasuk teks-teks yang sangat rahasia, yang dibawa bersamanya ketika dia meninggalkan Washington setelah kekalahan pemilihannya kembali.

Dokumen dan kenang-kenangan - yang juga termasuk korespondensi dari mantan presiden AS Barack Obama - seharusnya secara hukum telah diserahkan pada akhir masa kepresidenan Trump tetapi malah berakhir di resor Mar-a-Lago miliknya.

Pemulihan kotak menimbulkan pertanyaan tentang kepatuhan Trump terhadap undang-undang catatan kepresidenan yang diberlakukan setelah skandal Watergate tahun 1970-an yang mengharuskan penghuni Oval Office untuk menyimpan catatan yang terkait dengan aktivitas administrasi.

Arsip kemudian meminta Departemen Kehakiman untuk menyelidiki praktik Trump.

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

3 dari 4 halaman

Dugaan Terhadap Donald Trump

Staf Gedung Putih juga secara teratur menemukan gumpalan kertas toilet yang menyumbat, membuat mereka percaya bahwa Trump berusaha menyingkirkan dokumen-dokumen tertentu, menurut sebuah buku yang akan datang oleh reporter New York Times, Maggie Haberman.

Sejak mengambil penerbangan Air Force One terakhirnya dari Washington ke Florida pada 20 Januari tahun lalu, Trump tetap menjadi tokoh paling terpolarisasi di negara itu, melanjutkan kampanyenya yang belum pernah terjadi sebelumnya untuk menabur kebohongan bahwa ia benar-benar memenangkan pemilihan 2020.

Selama berminggu-minggu, Washington telah terpaku oleh audiensi di Kongres tentang penyerbuan 6 Januari di Capitol oleh gerombolan pendukung Trump dan upayanya untuk membatalkan pemilihan.

Departemen Kehakiman AS juga sedang menyelidiki serangan 6 Januari itu.

Sementara Jaksa Agung Merrick Garland menolak mengomentari spekulasi yang berkembang bahwa Trump dapat menghadapi tuntutan pidana, dia bersikeras bahwa "tidak ada orang yang kebal hukum" dan bahwa dia bermaksud untuk "meminta pertanggungjawaban setiap orang yang bertanggung jawab secara pidana karena mencoba untuk membatalkan pemilihan yang sah."

4 dari 4 halaman

Diselidiki Atas Pemungutan Suara

Trump juga sedang diselidiki atas upayanya untuk mengubah hasil pemungutan suara 2020 di negara bagian Georgia, sementara praktik bisnisnya sedang diselidiki di New York dalam kasus terpisah, satu perdata dan lainnya kriminal.

Mogul real estate itu belum secara resmi menyatakan pencalonannya untuk pemilihan presiden 2024, meskipun ia telah memberikan petunjuk kuat selama beberapa bulan terakhir.

Dengan peringkat persetujuan Presiden Joe Biden saat ini di bawah 40 persen dan Demokrat diperkirakan akan kehilangan kendali Kongres dalam pemilihan paruh waktu November, Trump tampaknya optimis bahwa ia dapat menunggangi gelombang Partai Republik sampai ke Gedung Putih pada 2024.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.