Alasan Kenapa Australia Disebut Negara Sekaligus Benua

Oleh Teddy Tri Setio Berty pada 08 Agu 2022, 19:40 WIB
Diperbarui 08 Agu 2022, 19:40 WIB
Ilustrasi bendera Australia (pixabay)
Perbesar
Ilustrasi bendera Australia (pixabay)

Liputan6.com, Canberra - Australia unik dalam banyak hal. Negara ini adalah rumah bagi beragam lanskap dan beberapa hewan paling tidak biasa di Bumi.

Wilayah yang juga disebut Land Down Under ini juga merupakan satu-satunya tempat di Bumi yang memenuhi syarat sebagai negara dan benua.

Definisi benua tidak sekonkret yang Anda harapkan, tetapi beberapa kualitas membantu Australia mendapatkan perbedaan itu, seperti dikutip dari laman Mentalfloss, Senin (8/8/2022).

Status daratan sebagai negara juga tidak terbantahkan. Sebuah negara didefinisikan sebagai “lokasi dengan pemerintahannya sendiri, yang menempati wilayah tertentu,” dan sejak tahun 1901, Persemakmuran Australia -- seperti yang secara resmi dikenal -- telah sesuai dengan deskripsi tersebut.

Klaim Australia atas continent-hood sedikit goyah. Tidak ada definisi ilmiah yang digunakan untuk mengkategorikan lokasi geografisnya.

Namun, ini bukan aturan yang diambil secara cepat. Eropa dan Asia berbagi lempeng tektonik, tetapi perbedaan budaya mereka membenarkan pemisahan tersebut menjadi dua benua (meskipun batas yang memisahkan satu dari yang lain terus berubah).

Mengapa Australia Termasuk Benua Bukan Pulau?

Ukuran adalah faktor yang paling lemah dalam kasus Australia. Ini adalah benua terkecil dengan luas 2,9 juta mil persegi, dan ukurannya sebenarnya lebih dekat ke Greenland daripada ke Amerika Selatan.

Jadi apa yang membuat Australia menjadi benua dan Greenland sebuah pulau?

Kekhasan Australia membawa banyak bobot di sini. Lokasinya yang terisolasi memungkinkannya untuk mendukung kelompok masyarakat adat dengan budaya berbeda serta satwa liar yang tidak dapat ditemukan di tempat lain di planet ini. Budaya dan hewan asli Greenland, bagaimanapun, juga dapat ditemukan di seluruh Arktik.

Fakta bahwa Australia adalah sebuah negara dan sebuah benua telah diketahui secara luas.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.


Indonesia Masuk Daftar 10 Besar Negara Pemilik Pulau Terbanyak di Dunia

Banner Infografis 115 Pulau di Indonesia Terancam Tenggelam. (Liputan6.com/Trieyasni)
Perbesar
Banner Infografis 115 Pulau di Indonesia Terancam Tenggelam. (Liputan6.com/Trieyasni)

Dunia ditempati oleh ratusan ribu pulau, yang diklasifikasikan sebagai daratan secara permanen di atas air tetapi tidak diidentifikasi sebagai benua, seperti Australia.

Pulau terbesar di dunia adalah Greenland, tetapi ada negara yang sebagian besar atau seluruhnya terdiri dari kepulauan — rantai, gugusan, atau kumpulan pulau.

Dalam beberapa kasus, seperti Norwegia dan Swedia, jumlah pulaunya bisa mencapai lebih dari 200.000 di dalam perbatasan negara.

Siapakah pemilik pulau terbanyak di dunia? Sejumlah di antaranya berasal dari Asia termasuk Indonesia, berikut daftar selengkapnya dikutip dari Dilansir dari WorldsAtlas, Rabu (7/10/2020):

Indonesia - 17.504 pulau

Indonesia, yang dikenal sebagai negara terpadat keempat di dunia, memiliki sekitar 17.504 pulau di tempat yang dikenal sebagai negara kepulauan tunggal terbesar di dunia. Kepulauan Indonesia terdiri dari lima pulau besar dan 30 kelompok pulau dan pulau kecil, dengan sekitar 6.000 pulau dihuni.

Pulau-pulau di Indonesia terletak di garis khatulistiwa dan menjadi persimpangan antara Samudra Pasifik dan Hindia.

Pulau yang paling padat penduduknya adalah Jawa, yang ukurannya kira-kira sama dengan Negara Bagian New York dan terdiri dari sekitar 130 juta orang, 60% dari populasi Indonesia. Pulau Sumatera jauh lebih besar tetapi hanya berisi sekitar sepertiga dari populasi negara. Pulau utama lainnya termasuk Kalimantan (Borneo Indonesia), Sulawesi, dan bagian Indonesia dari New Guinea — dikenal sebagai Papua atau Irian Jaya.

Pulau-pulau tersebut sebagian besar bergunung-gunung dan mencakup sekitar 400 gunung berapi yang diketahui, di mana sekitar 100 di antaranya aktif.

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS


Terbanyak Nomor 1

Ilustrasi Bendera Swedia
Perbesar
Ilustrasi Bendera Swedia

Salah satu negara paling utara di Bumi, Swedia memiliki 221.831 pulau, sekitar 24.000 di antaranya terbuka untuk umum melalui kebijakan Hak Akses Publik negara, yang memungkinkan siapa saja untuk mendaki melalui hutan dan ladang yang subur, dan mencari makan buah beri atau jamur tanpa bertanya kepada pemilik tanah. Izin, selama mereka menunjukkan rasa hormat terhadap lingkungan alam dan properti pribadi.

Meskipun Swedia adalah negara dengan pulau terbanyak di dunia, kurang dari 1.000 di antaranya berpenghuni.

Ribuan pulau di negara ini dapat ditemukan sebagian besar di sepanjang garis pantai timurnya dari ujung utara ke selatan, dengan beberapa juga terletak di lepas pantai barat Swedia. Yang paling terkenal adalah Kepulauan Stockholm, yang terdiri dari hampir 30.000 pulau, pulau kecil, dan bebatuan antara Öregrund di utara dan Landsort di selatan.

Kepulauan Gothenburg berbaris di pantai barat bersama dengan Kepulauan Bohuslän, yang terdiri dari lebih dari 8.000 pulau dan pulau kecil dan telah digolongkan sebagai kawasan hutan belantara alam terindah ketujuh di dunia oleh CNN Travel.


Terbanyak Nomor 2

Bendera Norwegia.
Perbesar
Bendera Norwegia. (Pixabay)

Norwegia terkenal dengan ratusan ribu pulau, yang paling terkenal di antaranya adalah Kepulauan Lofoten yang bertebaran di Laut Norwegia, di atas Lingkaran Arktik.

Kepulauan Lofoten telah disertifikasi sebagai destinasi berkelanjutan, yaitu sebutan yang diberikan kepada tempat-tempat yang mengurangi dampak negatif pariwisata dengan melestarikan lingkungan alam dan budaya, memperkuat nilai-nilai sosial dan vitalitas ekonomi.

Kepulauan Lofoten memiliki iklim yang lebih sejuk daripada daerah lain yang masuk ke Lingkaran Arktik, meskipun perairan laut bergolak yang mereka tinggali, karena Arus Teluk. Dikenal karena peluang memancing yang luas, matahari tengah malam selama musim panas dan cahaya utara selama bulan-bulan musim dingin, Kepulauan Lofoten telah menjadi daya tarik bagi wisatawan dan seniman, membawa inspirasi bagi para pelancong, pelukis, penyair, fotografer, dan penulis. 

Banyak pulau juga ditemukan di Fyord Barat, wilayah Norwegia yang ditandai dengan lembah yang dalam, bukit curam, sungai, air terjun, dan pulau yang tak terhitung jumlahnya dengan fitur topografi yang terjal. Begitu pula dataran rendah Norwegia yang dikenal sebagai Pantai Selatan, juga merupakan rumah bagi beberapa pulau kecil.

infografis Negara dengan Senjata Nuklir Terbesar
Perbesar
Negara dengan senjata nuklir terbesar
Lanjutkan Membaca ↓

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya