Peringati HUT ke-77 RI, 100 WNI di Beijing Gowes Sepeda Santai 77 Km

Oleh Liputan6.com pada 08 Agu 2022, 07:50 WIB
Diperbarui 08 Agu 2022, 07:50 WIB
Bendera Indonesia
Perbesar
Ilustrasi bendera Indonesia. (Sumber foto: Pexels.com)

Liputan6.com, Beijing - Dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) ke-77 Kemerdekaan RI, sedikitnya 100 warga negara Indonesia (WNI) bersepeda santai mengelilingi Kota Beijing, China. Rute yang ditempuh sama dengan usia RI pada 17 Agustus mendatang yakni 77 kilometer.

Tahun ini bisa dilakukan kegiatan luar ruangan untuk memperingati HUT ke-77 RI, karena kasus COVID-19 rendah di Beijing.

"Jarak 77 kilometer yang kami tempuh itu angkanya sesuai dengan usia negara kita yang sudah mencapai 77 tahun," kata Ketua Panitia HUT ke-77 Perayaan Kemerdekaan RI di Beijing, Raden Fitri Saptaji, Minggu (8/8/2022) seperti dikutip dari Antara.

Kegiatan bersepeda tersebut digelar oleh Kedutaan Besar RI di Beijing.

Start dan finish sepeda santai tersebut berada di kompleks KBRI Beijing di Dongzhimen Wai Dajie No 4, Distrik Chaoyang, pada Sabtu 6 Agustus.

Kemudian para peserta yang mengenakan seragam kaus berwarna merah darah bertuliskan "77 Pulih Lebih Cepat, Bangkit Lebih Kuat" pada bagian punggung itu menuju jalan lingkar luar (ring road) 4 Kota Beijing melintasi beberapa distrik, yakni Chaoyang, Haidian, Shijingshan, Fengtai, dan kembali lagi ke Chaoyang.

Selama kegiatan itu digelar, seluruh wilayah Kota Beijing diselimuti mendung, tetapi tidak sampai turun hujan hingga semua peserta yang dipimpin Duta Besar RI untuk China Djauhari Oratmangun memasuki garis finish di KBRI Beijing.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Ilustrasi bersepeda, olahraga, berkeringat
Perbesar
Ilustrasi bersepeda, olahraga, berkeringat. (Photo by Jonny Kennaugh on Unsplash)

Para pesepeda santai langsung menyantap "mi ongklo", makanan khas Wonosobo, Jawa Tengah, lengkap dengan beraneka ragam jajanan gorengan, seusai "bergowes ria" mengelilingi wilayah ibu kota China itu yang memakan waktu lebih dari empat jam.

"Kebetulan situasi COVID-19 di Beijing agak reda sehingga kami bisa menyelenggarakan kegiatan ini dengan leluasa," kata Fitri yang juga menjabat sebagai Atase Keimigrasian KBRI Beijing tersebut.

Selain sepeda santai keliling ibu kota, KBRI Beijing juga mengadakan pertandingan bulu tangkis dan tenis meja dalam rangkaian peringatan HUT ke-77 Kemerdekaan RI itu.

Meskipun tanpa ada pengawalan dari petugas keamanan setempat, kegiatan sepeda santai di jalan raya Beijing berlangsung dengan aman dan lancar.

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS


Sambut HUT RI, Indonesia Shopping Festival 2022 Beri Diskon hingga 77 Persen

Ilustrasi mal.
Perbesar
Ilustrasi mal. Image by Michal Jarmoluk from Pixabay

Sementara itu, setelah dua tahun lebih absen karena pandemi COVID-19, Indonesia Shopping Festival 2022 digelar. Perhelatan menandai opimisme iklim usaha ritel dan pusat perbelanjaan kembali ramai dikunjungi.

Festival belanja yang dihelat Asosiasi Pengelola Pusat Belanja Indonesia (APPBI) itu bakal digelar 11--21 Agustus 2022. Acara serempak diadakan di seluruh pusat belanja di Indonesia bersamaan dengan perayaan Hari Ulang Tahun ke-77 Republik Indonesia (HUT RI).

Indonesia Shopping Festival 2022 merupakan inovasi yang dilakukan oleh APPBI dari program Indonesia Great Sale yang terakhir digelar sebelum pandemi. Pesta belanja itu menawarkan diskon hingga 77 persen, sesuai usia Republik Indonesia pada Agustus 2022.

Kegiatan juga akan memamerkan produk UMKM di seluruh pusat perbelanjaan, festival kuliner khas nusantara sesuai daerah masing-masing, pertunjukan kesenian daerah, dan kolaborasi event masing-masing pusat belanja pada periode Indonesia Shopping Festival 2022 berlangsung.

"Kami mendukung penuh kegiatan Indonesia Shopping Festival 2022, mengingat pada masa pandemi menuju endemi ini menjadi momen bagi kami untuk berkolaborasi dengan berbagai pihak, khususnya para pelaku usaha retail untuk mempercepat pemulihan perekonomian nasional," kata Widiantoro, Ketua Tim pada Direktorat Bina Usaha Perdagangan saat konfrensi pers di Jakarta, Rabu, 3 Agustus 2022.

Pembukaan Indonesia Shopping Festival 2022 akan diadakan serentak di beberapa kota besar pada 11 Agustus 2022, pukul 14.00 WIB. 

"Kota Surakarta kali ini dipilih sebagai lokasi utama pembukaan Indonesia Shopping Festival 2022 yang berada di Solo Paragon Lifesyle Mall dan akan dibuka oleh Wali Kota Surakarta, Bapak Gibran Rakabuming Raka," ujar Ketua Umum DPP APPBI Alphonzus Wijaja. 

 


Kala Rasa Sayange jadi Lagu Favorit Mahasiswa China Lomba Nyanyi Lagu Indonesia

Ilustrasi bendera Indonesia, Merah Putih.
Perbesar
Ilustrasi bendera Indonesia, Merah Putih. (Image by Mufid Majnun from Pixabay )

Selain itu, menjelang peringatan Hari Ulang Tahun ke-77 Kemerdekaan RI, KBRI Beijing menggelar lomba menyanyi lagu Indonesia untuk mahasiswa China.

Mengutip Antara, Minggu (7/8/2022), lagu daerah yang berasal dari Maluku dengan judul "Rasa Sayange" paling difavoritkan para mahasiswa China saat mengikuti lomba menyanyikan lagu berbahasa Indonesia. 

Tujuh dari sepuluh peserta lomba menyanyi yang digelar secara daring Atase Pendidikan dan Kebudayaan pada Kedutaan Besar RI di Beijing pada Jumat 5 Agustus itu menyanyikan "Rasa Sayange" pada lagu pilihan.

Peserta lainnya memilih lagu "Manuk Dadali" dari daerah Jawa Barat untuk lagu keduanya.

Sementara lagu wajib, pihak panitia memberikan dua pilihan, yakni "Indonesia Pusaka" dan "Satu Nusa Satu Bangsa".

Para peserta lomba menyanyi tersebut merupakan mahasiswa jurusan Bahasa Indonesia dari berbagai perguruan tinggi di China.

"Pilihan para peserta tersebut menunjukkan bahwa lagu "Rasa Sayange" sangat digemari dan populer di China," kata Atdikbud KBRI Beijing, Yaya Sutarya, di Beijing, Sabtu.

Menurut dia, hal itu sekaligus meneguhkan bahwa "Rasa Sayange" merupakan lagu daerah dari Indonesia.

"Selama ini sebagian masyarakat China mengenali "Rasa Sayange" sebagai lagu dari Malaysia. Tapi para mahasiswa China menunjukkan bahwa lagu itu memang aslinya berasal dari Indonesia," ujarnya.

Selengkaopnya klik di sini...

Infografis Bahasa Indonesia Sebagai Bahasa Internasional
Perbesar
Infografis Bahasa Indonesia Sebagai Bahasa Internasional
Lanjutkan Membaca ↓

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya