Sukses

Pesawat Tempur Israel Serang Jalur Gaza, 15 Warga Palestina Tewas

Sedikitnya 15 warga Palestina tewas dan 125 lainnya terluka saat pesawat tempur Israel terus menyerang sasaran militer di seluruh Jalur Gaza.

Liputan6.com, Gaza - Sedikitnya 15 warga Palestina tewas dan 125 lainnya terluka saat pesawat tempur Israel terus menyerang sasaran militer di seluruh Jalur Gaza.

Serangan itu terjadi pada hari kedua, Sabtu (6/8).

Seorang wanita tewas pada sore hari ketika sebuah pesawat tempur Israel menabrak sebuah mobil di Beit Hanoun di Gaza utara.

Sehingga jumlah korban tewas dalam dua hari serangan udara Israel menjadi 15, termasuk seorang gadis berusia 5 tahun, menurut kementerian kesehatan Palestina di Gaza.

Kementerian juga memperingatkan bahwa layanan medisnya dapat berhenti dalam waktu 72 jam karena kurangnya bahan bakar yang dibutuhkan untuk mengoperasikan generator.

Selama konferensi pers, Ashraf al-Qidra, juru bicara kementerian, mengumumkan penangguhan layanan rawat jalan dan operasi terjadwal di semua rumah sakit untuk memastikan operasi darurat bagi yang terluka dalam "agresi".

Situasi farmasi di Gaza sedang mengalami masa "terburuk" dalam beberapa tahun, al-Qidra memperingatkan.

100 Roket Ditembak dari Gaza ke Israel

Jalur Gaza kembali memanas akibat serangan udara Israel.

PM Israel mengatakan operasi itu akibat "ancaman langsung" Palestinian Islamic Jihad (PIJ) atau kelompok Jihad Islam Palestina setelah penangkapan salah satu anggotanya awal pekan ini.

"PIJ menembakkan lebih dari 100 roket ke Israel sebagai tanggapan awal," kata PM Yair Lapid seperti dikutip dari BBC, Sabtu (6/8/2022).

Sebagian besar dicegat oleh perisai pertahanan rudal Iron Dome Israel. Suara sirene terdengar meraung di sejumlah kota Israel.

Sedikitnya 10 orang tewas akibat serangan udara Israel di Jalur Gaza, termasuk seorang komandan tinggi kelompok militan Palestina.

Pejabat kesehatan setempat mengatakan seorang gadis muda termasuk di antara yang tewas dengan puluhan lainnya terluka.

Pasukan Pertahanan Israel (IDF) mengatakan kemudian melanjutkan serangan pada Jumat malam, menargetkan posisi militan.

Dalam pidato yang disiarkan televisi pada hari sebelumnya, Perdana Menteri Israel Yair Lapid mengatakan "Israel melakukan operasi kontra-teror yang tepat terhadap ancaman langsung".

IDF mengatakan telah menyerang situs-situs yang terkait dengan PIJ. Mereka termasuk Menara Palestina yang menjulang tinggi di Kota Gaza, terkena ledakan keras yang meninggalkan asap mengepul dari gedung.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Kebangkitan Konflik di Jalur Gaza

Menteri Dalam Negeri Israel Ayelet Shaked mengatakan kepada Channel 12 News: "Kami tidak tahu bagaimana ini akan terjadi ... tapi ini bisa memakan waktu ... Ini bisa menjadi putaran [konflik] yang panjang dan sulit."

Berbicara saat berkunjung ke ibu kota Iran, Teheran, Sekjen PIJ Ziyad al-Nakhala mengatakan "kami akan menanggapi dengan tegas agresi ini, dan akan ada pertarungan di mana rakyat kami akan menang".

"Tidak ada garis merah untuk pertempuran ini ... dan Tel Aviv akan berada di bawah roket perlawanan."

Sementara itu, Hamas, yang menguasai Jalur Gaza, mengatakan bahwa kelompok-kelompok bersenjata "bersatu" dalam pertempuran dan tidak akan tinggal diam.

Pada Senin 1 Agustus malam, Israel menangkap Bassem Saadi, yang dilaporkan sebagai kepala PIJ di Tepi Barat. Dia ditahan di daerah Jenin sebagai bagian dari serangkaian operasi penangkapan yang sedang berlangsung setelah gelombang serangan oleh orang-orang Arab dan Palestina Israel yang menewaskan 17 orang Israel dan dua orang Ukraina. Dua penyerang berasal dari Je

Setelah penangkapan Bassem Saadi, Israel meningkatkan langkah-langkah keamanan bagi masyarakat di dekat perbatasannya dengan Gaza, memperingatkan bahwa PIJ bermaksud menyerang warga sipil dan tentara. Penutupan jalan membuat kota-kota dan desa-desa di Israel selatan terhenti.

PIJ, yang didukung oleh Iran, bermarkas di Damaskus, Suriah, dan merupakan salah satu kelompok militan terkuat di Gaza. Grup ini bertanggung jawab atas banyak serangan, termasuk tembakan roket dan penembakan terhadap Israel.

Israel dan PIJ terlibat konflik lima hari pada November 2019 setelah pertempuran meletus setelah pembunuhan oleh Israel terhadap seorang komandan PIJ, yang menurut Israel sedang merencanakan serangan yang akan segera terjadi. Kekerasan tersebut menyebabkan 34 warga Palestina tewas dan 111 terluka, sementara 63 warga Israel membutuhkan perawatan medis.

Israel mengatakan 25 orang Palestina yang tewas adalah gerilyawan, termasuk mereka yang terkena serangan yang bersiap meluncurkan roket.

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

3 dari 4 halaman

Hamas dan PIJ

Hamas merebut kekuasaan di jalur pantai dari pasukan saingan Palestina pada 2007. Perang terbarunya dengan Israel terjadi pada Mei 2021, dan ketegangan meningkat lagi awal tahun ini menyusul gelombang serangan di dalam wilayah Israel, operasi militer hampir setiap hari di Tepi Barat dan ketegangan di situs suci Yerusalem.

Pemimpin PIJ Ziad al-Nakhalah, berbicara kepada jaringan TV Al-Mayadeen dari Iran, mengatakan “pejuang perlawanan Palestina harus berdiri bersama untuk menghadapi agresi ini.” Dia mengatakan tidak akan ada "garis merah" dan menyalahkan kekerasan pada Israel.

Juru bicara Hamas Fawzi Barhoum mengatakan "musuh Israel, yang memulai eskalasi terhadap Gaza dan melakukan kejahatan baru, harus membayar harga dan memikul tanggung jawab penuh untuk itu."

PIJ lebih kecil dari Hamas tetapi sebagian besar berbagi ideologinya. Kedua kelompok tersebut menentang keberadaan Israel dan telah melakukan sejumlah serangan mematikan selama bertahun-tahun, termasuk penembakan roket ke Israel. Tidak jelas seberapa besar kendali Hamas atas PIJ, dan Israel menganggap Hamas bertanggung jawab atas semua serangan yang berasal dari Gaza.

Israel dan Mesir telah mempertahankan blokade ketat atas wilayah itu sejak pengambilalihan Hamas. Israel mengatakan penutupan itu diperlukan untuk mencegah Hamas membangun kemampuan militernya, sementara para kritikus mengatakan kebijakan itu merupakan hukuman kolektif.

Mohammed Abu Selmia, direktur rumah sakit Shifa, mengatakan rumah sakit menghadapi kekurangan setelah Israel memberlakukan penutupan penuh di Gaza awal pekan ini. Dia mengatakan ada cukup persediaan dan obat-obatan penting untuk menopang rumah sakit selama lima hari di waktu normal, tetapi dengan babak baru pertempuran yang sedang berlangsung, "mereka mungkin habis setiap saat."

4 dari 4 halaman

Komandan PIJ di Gaza Utara Jadi Korban

Mengutip AP, kelompok PIJ mengatakan Taiseer al-Jabari, komandannya untuk Gaza utara, termasuk di antara yang tewas. Dia telah menggantikan militan lain yang tewas dalam serangan udara pada 2019.

Seorang juru bicara militer Israel mengatakan serangan itu sebagai tanggapan atas "ancaman segera" dari dua regu militan yang dipersenjatai dengan rudal anti-tank. Juru bicara itu, yang memberi penjelasan kepada wartawan dengan syarat anonim, mengatakan al-Jabari sengaja menjadi sasaran dan bertanggung jawab atas “beberapa serangan” terhadap Israel.

Ratusan orang berbaris dalam prosesi pemakaman untuk dia dan orang lain yang terbunuh, dengan banyak pelayat mengibarkan bendera Palestina dan Jihad Islam dan menyerukan balas dendam.

Media Israel menunjukkan langit di atas Israel selatan dan tengah menyala dengan roket dan pencegat dari sistem pertahanan rudal Iron Dome Israel. Sebuah ledakan terdengar di Tel Aviv.

Tidak segera jelas berapa banyak roket yang diluncurkan. Sejauh ini belum ada kabar segera mengenai korban di pihak Israel.

Israel terus menyerang target lain pada hari Jumat, termasuk fasilitas produksi senjata dan posisi PIJ.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.