Sukses

Kecelakaan Bus Kroasia Keluar dari Jalan, 12 Turis Polandia Meninggal

Sebuah bus yang membawa turis Polandia membelok dari jalan di Kroasia pada Sabtu (6/8/2022). Peristiwa itu mengakibatkan 12 orang tewas.

Liputan6.com, Zagreb - Sebuah bus yang membawa turis Polandia membelok dari jalan di Kroasia pada Sabtu (6/8/2022). Peristiwa itu mengakibatkan 12 orang tewas.

Semua orang, 31 penumpang yang selamat dalam kondisi terluka, dengan beberapa berjuang untuk hidup mereka di rumah sakit, kata para pejabat.

"Para penumpang semuanya orang dewasa dan semua warga negara Polandia," kata Kementerian Luar Negeri Polandia kepada media lokal seperti dikutip dari BBC.

Mereka sedang dalam perjalanan ke Medjugorje, sebuah Kuil Katolik di Bosnia, ketika kecelakaan itu terjadi sekitar pukul 05.40 waktu setempat (04:50 GMT).

Bus berbelok dari jalan A4 antara Jarek Bisaski dan Podvorec, timur laut Zagreb.

Awalnya dilaporkan bahwa 11 orang tewas. Satu orang lagi meninggal kemudian di rumah sakit, kata Menteri Dalam Negeri Kroasia Davor Bozinovic.

"Beberapa penumpang yang terluka berjuang untuk hidup mereka," kata Bozinovic kepada wartawan.

Perdana Menteri Kroasia Andrej Plenkovi menyatakan belasungkawa kepada keluarga para korban, menambahkan dalam sebuah posting di Twitter bahwa layanan darurat melakukan semua yang mereka bisa untuk membantu.

Dua menteri Polandia sedang melakukan perjalanan ke Kroasia setelah insiden itu, media lokal melaporkan.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Investigasi Penyebab Dilakuka, Sopir Tertidur?

Penyebab kecelakaan yang paling mungkin adalah pengemudi tertidur, jaringan televisi pemerintah HRT melaporkan seperti dikutip dari Sky News.

"Semua korban adalah warga negara Polandia - saat ini kami dapat mengonfirmasi hal ini," kata juru bicara kementerian luar negeri Polandia kepada penyiar TVN24.

"Bus itu memiliki plat nomor Warsawa."

 

Investigasi atas penyebab kecelakaan itu kini sedang dilakukan.

Bagian jalan di dekat tempat kejadian telah ditutup untuk lalu lintas untuk memungkinkan penumpang diselamatkan.

Para penumpang itu melakukan perjalanan ke Medjugorje, sebuah kuil Katolik Roma di selatan Bosnia, kata menteri dalam negeri Kroasia Davor Bozinovic.

Medjugorje diklaim sebagai tempat sejumlah penampakan Virgin Mary, yang dikatakan pertama kali dilihat oleh enam anak lokal pada tahun 1981.

Kuil, terletak 12 mil (20km) timur perbatasan Kroasia, adalah tujuan ziarah paling populer ketiga di Eropa setelah Lourdes, di Prancis, dan Fatima di Portugal.

 

3 dari 4 halaman

Belasungkawa Kroasia untuk Polandia

Dalam sebuah pernyataan di Facebook, Perdana Menteri Polandia Mateusz Morawiecki, mengatakan dia telah berbicara dengan timpalannya dari Kroasia Andrej Plenkovic, yang meyakinkan "dukungan penuh dari layanan medis Kroasia".

Menteri Luar Negeri dan Eropa Kroasia, Gordan Grlić Radman, menyampaikan belasungkawa kepada para korban dan berharap orang-orang yang terluka segera pulih.

"Rakyat Kroasia berdiri dalam solidaritas dengan Polandia dan warganya," cuit Gordan Grlić Radman.

Rekan Polandia, Zbigniew Rau, juga mengungkapkan kesedihannya atas tragedi itu dan berterima kasih kepada layanan negara Kroasia dan publik atas bantuan mereka.

4 dari 4 halaman

Kroasia Jadi Daya Tarik Saat Musim Panas

Kroasia telah menarik jutaan turis musim panas ini, tertarik ke pantai Adriatiknya yang menakjubkan. Sekitar 580.000 turis Polandia mengunjungi Kroasia antara Januari dan Juli tahun ini. 

Pada bulan Juli, menurut laporan AFP, 10 turis dari Kosovo meninggal dalam kecelakaan bus di jalan raya di Kroasia timur.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.