Sukses

Respons Dubes China untuk Indonesia Soal Nancy Pelosi ke Taiwan: Ini Pelanggaran Kedaulatan

Ketua DPR AS Nancy Pelosi baru-baru ini melakukan kunjungan ke Taiwan. Ketegangan geopolitik telah tinggi sejak saat itu antara China, Taiwan dan Amerika.

Liputan6.com, Jakarta - Ketua DPR AS Nancy Pelosi baru-baru ini melakukan kunjungan ke Taiwan. Ketegangan geopolitik telah tinggi sejak saat itu.

Apalagi China sampai menggelar latihan militer di sekitar Taiwan, setelah kunjungan Nancy Pelosi. Sang ketua DPR AS pun kabarnya mendapat sanksi dari Tiongkok -- meski tak disebutkan secara detail dalam sejumlah pemberitaan media asing.

Belakangan, Menteri Luar Negeri AS Anthony Blinken menegaskan kembali bahwa AS berkomitmen pada Kebijakan Satu China, menyampaikan pesan bahwa perdamaian dan stabilitas di kawasan Indo-Pasifik adalah kepentingan semua.

Duta Besar China untuk Indonesia, Lu Kang membenarkan bahwa saat ini semua mata tengah tertuju pada dampak kunjungan Nancy Pelosi ke Taiwan. Lawatan yang dianggap Tiongkok sebagai agenda geopolitik Amerika. 

"Semua orang sekarang sedang melihat apa yang akan terjadi setelah kunjungan Pembicara Pelosi ke Taiwan. Sebenarnya, kunjungan ini pada dasarnya merupakan upaya untuk memicu kegiatan separatis untuk melayani agenda geopolitik Amerika sendiri. Ini merupakan pelanggaran terhadap kedaulatan dan integritas teritorial China. Jelas, itu pelanggaran yang sangat berat terhadap norma-norma dasar yang mengatur hubungan internasional," ujar Dubes Kang seperti dikutip dari situs resmi china-embassy.gov.cn, Sabtu (6/8/2022).

Sebenarnya, sambung Dubes China untuk RI tersebut, kunjungan itu juga tindakan provokatif yang sangat tidak bertanggung jawab untuk mengobarkan konfrontasi dan mengintensifkan ketidakstabilan, terutama di kawasan.

"Saya pikir, langkah ini, sekali lagi, membuat integritas pemerintah Amerika dipertanyakan. Anda baru saja menyebutkan bahwa Blinken mengatakan mereka masih berkomitmen pada kebijakan Satu-China. Tetapi sekarang Anda dapat melihat, semua langkah yang diambil oleh pemerintah Amerika ditujukan untuk melubangi kebijakan Satu-China di mana mereka berkomitmen."

"Sebenarnya, itu sangat tidak bertanggung jawab. Anda dapat melihat bahwa Amerika telah berulang kali menyebutkan bahwa mereka berkomitmen pada kebijakan Satu-China, dan mereka hanya berkomitmen pada hubungan tidak resmi, misalnya, hubungan bisnis komersial dengan orang-orang Taiwan dalam kerangka kebijakan One-China."

Tapi sekarang Anda tahu, sambungnya, mereka mengirim politikus nomor tiga mereka dengan pesawat militer ke Taiwan dan kemudian mereka masih menyebutnya sebagai "tidak resmi".

"Kedengarannya sangat konyol, jujur. Hal terakhir yang ingin saya katakan, ini adalah bukti lain untuk menjaga agar semua negara tetap waspada terhadap ambang batas kebijakan Amerika, di arena internasional saat ini."

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

 

 

 

 

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Apa Tujuan Latihan Militer China di Sekitar Taiwan?

People's Liberation Army (PLA) atau Tentara Pembebasan Rakyat China melakukan latihan militer di sekitar Taiwan mulai Kamis 4 Agustus. Kabarnya bahkan Ada serangan rudal presisi ke Selat Taiwan.

Apa sebenarnya tujuan dari latihan militer tersebut?

"Saya pikir untuk semua negara di dunia, kita harus mengakui bahwa China sama seperti semua negara lain, kita dibenarkan untuk mengambil tindakan yang diperlukan untuk menjaga kedaulatan dan integritas teritorial kita sendiri, dan untuk menyerang semua orang yang mencoba memprovokasi kepentingan inti China," Dubes Lu Kang.

"Jadi biar saya sederhanakan, tindakan sah China tidak akan berhenti sampai kegiatan separatis di Taiwan dihentikan, sampai upaya Amerika untuk menghasut plot separatis di China dihentikan!" imbuhnya.

Saat ditanya apakah China bakal terus melanjutkan latihan militernya, Dubes Kang menegaskan telah melakukan hal yang sesuai.

"Saya sudah mengatakan bahwa sebenarnya, sebelum kunjungan Pelosi ke Taiwan, kami telah berulang kali mengeluarkan peringatan kami kepada pemerintah Amerika dan kepada pihak berwenang di Taiwan, jangan main-main api," tegasnya.

"Karena mereka hanya melakukan plot mereka sendiri, kegiatan semacam ini, meskipun telah diperingatkan berulang-ulang, seperti yang baru saja saya sebutkan, tindakan China tidak akan berhenti sampai gerakan separatis mereka dihentikan."

Upaya Diplomasi

Apakah ada kesempatan untuk melakukan dialog diplomasi atau solusi antara pihak-pihak yang terlibat? Dubes Kang hanya menjawab, "Bukan China yang mengambil tindakan provokatif. China dibenarkan untuk mengambil tindakan yang sah, untuk menanggapi tindakan provokatif terhadap China."

"Kami sudah menjelaskannya. Selama masih ada yang menganjurkan, gerakan separatis di pulau Taiwan China, dan selama masih ada yang mendorong kegiatan semacam ini, selama masih ada tindakan yang tidak bertanggung jawab dan berisiko ini, tidak akan ada peluang untuk stabilitas di wilayah ini."

Perihal tanggapan apakah ada upaya semacam pembicaraan diplomatik, "saya pikir sudah jelas. Bola ada di lapangan orang yang mengambil, yang memprakarsai tindakan provokatif," ucapnya dengan perumpamaan.

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

3 dari 5 halaman

Pentingnya Perdamaian dan Stabilitas di Kawasan Indo-Pasifik

Sementara itu, Menlu Retno Marsudi menegaskan kembali bahwa perdamaian dan stabilitas di kawasan Indo-Pasifik adalah kuncinya. Indo-Pasifik, adalah masa depan dunia.

Perihal menjaga stabilitas di kawasan itu, Dubes Lu Kang mengatakan "sebenarnya Tiongkok sama seperti semua negara lain di kawasan ini, kami lebih peduli daripada siapa pun di luar kawasan ini tentang perdamaian, stabilitas, dan kemakmuran di sini."

"Jadi itulah mengapa hari ini di hampir semua arena multilateral, Anda dapat melihat bahwa China akan menjadi salah satu dari mereka yang menganjurkan fokus pada kerjasama ekonomi internasional, berbeda dengan beberapa kekuatan lain, yang akan selalu mencoba untuk menyoroti ketegangan keamanan, politik blok, konfrontasi militer, terutama di wilayah ini."

Jadi saya pikir kunjungan Ketua Pelosi ke pulau Taiwan China, adalah bukti lain bahwa negara-negara di seluruh dunia, terutama di kawasan ini, harus bersatu untuk menghentikan, mencegah upaya lebih lanjut oleh kekuatan apa pun untuk menghasut kegiatan separatis di negara lain.

"Untuk menghentikan setiap upaya melanggar urusan dalam negeri negara lain. Itu akan membawa stabilitas dan pembangunan berkelanjutan di kawasan," pungkasnya.

4 dari 5 halaman

Apakah Berdampak pada Indonesia?

Presiden Indonesia Joko Widodo (Jokowi) baru-baru ini mengunjungi China dan ikatan itu semakin menguat. Hasil lawatan tersebut terciptanya lebih banyak komitmen perdagangan, terutama dalam hal CPO.

Melihat ketegangan China saat ini dengan Taiwan, dikhawatirkan akan berdampak pada perdagangan Indonesia-China. Namun Duta Besar Lu Kang meyakinkan bahwa hal tersebut tak akan berimbas kepada RI.

"China dan Indonesia keduanya negara berkembang. Kami berdua sekarang menempatkan agenda pembangunan kami pada prioritas yang sangat tinggi. Kami memiliki banyak kepentingan bersama. Itu sebabnya China dan Indonesia dapat segera mencapai kesepakatan untuk bekerja lebih erat dalam kerjasama ekonomi dan pembangunan ekonomi," tuturnya.

"Dari sudut pandang kepentingan kita masing-masing dan bersama, saya tidak berpikir ini akan terpengaruh oleh upaya apa pun dari luar."

Dubes Lu Kang pun  menegaskan bahwa hubungan Indonesia-China akan tetap kuat terlepas dari ketegangan ini.  "Saya sangat percaya begitu. Saya harap itu juga yang akan ditekankan oleh rekan-rekan saya di Indonesia."

 

5 dari 5 halaman

Produksi Semikonduktor Taiwan Bakal Terganggu?

Kondisi ekonomi global saat ini tengah tidak stabil.

Kabarnya saat ini dunia tengah terjadi kekurangan chip semikonduktor global. Sementara Taiwan yang merupakan produsen utama semikonduktor tengah terkepung oleh latihan militer China yang berdampak pada terhambatnya lalu lintas udara dan laut.

Bagaimana China memastikan bahwa industri utama ini tidak akan terpengaruh oleh ketegangan saat ini?

"Sebenarnya, kita harus melihat gambaran yang lebih besar. Seperti yang saya katakan, China akan menjadi yang terakhir yang sangat mudah dengan semakin memburuknya situasi ekonomi internasional. Itu sebabnya, seperti yang saya jelaskan sedikit sebelumnya, China selalu menjadi salah satu pendukung kerja sama ekonomi di semua arena multilateral."

"Sekarang masalahnya ada kekuatan, terutama ada kekuatan di luar wilayah ini, mereka ingin melihat intensifikasi situasi. Mereka akan mengutamakan politik blok daripada kerja sama ekonomi di kawasan ini. Jadi, alih-alih hanya melihat industri tertentu dan area tertentu, kita harus memastikan bahwa upaya, terutama oleh negara-negara di kawasan ini, harus difokuskan untuk menciptakan lingkungan yang stabil dan lebih damai, lebih berkelanjutan untuk situasi tersebut."

Menurut Dubes Kang, saat ini fokus utamanya adalah menghentikan upaya provokatif dari luar.

"Kita harus bekerja sama untuk mencegah tindakan provokatif oleh kekuatan mana pun, terutama kekuatan yang mencoba mendorong kegiatan separatis di wilayah ini. Indonesia juga merupakan negara yang pernah menjadi korban dan masih terancam oleh aktivitas separatis. Tidak sulit bagi masyarakat Indonesia untuk mengapresiasinya."

Dari sudut pandang China, ekonomi, ekonomi global, kesehatan ekonomi global merupakan faktor yang sangat penting untuk membuat langkah lebih lanjut.

"Kami selalu menempatkan prioritas utama dalam pembangunan ekonomi, tetapi jujur, seperti semua negara lain, ketika menyangkut kepentingan inti mengenai kedaulatan dan integritas teritorial satu negara, semua negara dibenarkan untuk mengambil setiap tindakan yang diperlukan untuk mempertahankan kepentingan intinya. Itulah yang terjadi di China, begitu pula di semua negara lain."

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.