Sukses

AS Darurat Kesehatan Publik Cacar Monyet, Kasus Tembus 6.600

Deklarasi darurat kesehatan cacar monyet, yang awalnya efektif selama 90 hari tetapi dapat diperpanjang, mengemuka ketika kasus nasional mencapai 6.600 pada hari Kamis.

Liputan6.com, New York - Amerika Serikat pada Kamis 4 Agustus 2022 menyatakan Monkeypox atau cacar monyet sebagai darurat kesehatan publik, sebuah langkah yang harus membebaskan dana baru, membantu pengumpulan data dan memungkinkan pengerahan personel tambahan dalam perang melawan penyakit itu.

"Kami siap untuk melakukan tanggapan kami ke tingkat berikutnya dalam mengatasi virus ini, dan kami mendesak setiap orang Amerika untuk menganggap cacar monyet dengan serius dan bertanggung jawab untuk membantu kami mengatasi virus ini," kata sekretaris Layanan Kesehatan dan Kemanusiaan Xavier Becerra dalam sebuah panggilan telepon seperti dikutip dari AFP, Jumat (5/8/2022).

Deklarasi darurat kesehatan cacar monyet tersebut, yang awalnya efektif selama 90 hari tetapi dapat diperpanjang, mengemuka ketika kasus nasional mencapai 6.600 pada hari Kamis, sekitar seperempatnya berasal dari negara bagian New York.

Para ahli percaya jumlah sebenarnya bisa jauh lebih tinggi dalam wabah saat ini karena gejalanya bisa tidak kentara, termasuk lesi tunggal.

AS sejauh ini telah mengirimkan sekitar 600.000 vaksin JYNNEOS -- awalnya dikembangkan untuk melawan virus terkait monkeypox, cacar -- tetapi angka ini masih jauh dari sekitar 1,6 juta orang yang dianggap berisiko tinggi dan paling membutuhkan vaksin.

Sekitar 99 persen kasus AS sejauh ini terjadi di antara laki-laki yang berhubungan seks dengan laki-laki, departemen Kesehatan dan Layanan Kemanusiaan mengatakan pekan lalu, dan ini adalah target otoritas populasi dalam strategi vaksinasi nasional.

Berbeda dengan wabah sebelumnya di Afrika, virus ini sekarang sebagian besar menyebar melalui aktivitas seksual - tetapi Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit mengatakan rute lain juga mungkin, termasuk berbagi tempat tidur, pakaian, dan kontak tatap muka yang berkepanjangan.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

AS Tetapkan Status Darurat Setelah WHO

Deklarasi AS muncul setelah Organisasi Kesehatan Dunia juga menetapkan wabah itu sebagai keadaan darurat bulan lalu - sesuatu yang digunakan untuk penyakit yang menjadi perhatian tertinggi.

Juga Kamis, komisaris Administrasi Makanan dan Obat-obatan AS Robert Califf mengatakan lembaganya sedang mempertimbangkan langkah yang akan memungkinkan dokter untuk mengelola lima dosis vaksin berdasarkan satu dosis botol yang ada.

Vaksin saat ini diberikan secara subkutan, tetapi pendekatan baru akan melibatkan pemberian secara intradermal, pada sudut yang lebih dangkal.

Ini "pada dasarnya berarti menusukkan jarum ke dalam kulit dan membuat kantong kecil di mana vaksin masuk, jadi ini benar-benar bukan hal yang luar biasa," kata Califf.

3 dari 4 halaman

Wabah Cacar Monyet di AS Terbanyak Sedunia

Pemerintahan Joe Biden mendeklarasikan cacar monyet sebagai darurat kesehatan publik karena wabah di AS telah berkembang menjadi yang terbesar di dunia, kata pejabat tinggi kesehatan negara itu, Kamis seperti dikutip dari CNBC.

Deklarasi darurat Menteri Kesehatan dan Layanan Kemanusiaan Xavier Becerra akan membantu memobilisasi lebih banyak sumber daya untuk memerangi wabah, yang telah menyebar dengan cepat sejak otoritas kesehatan di Boston mengkonfirmasi kasus pertama di AS pada Mei.

Terakhir kali AS menyatakan darurat kesehatan masyarakat adalah sebagai tanggapan terhadap COVID-19 pada Januari 2020.

Gejala Cacar Monyet yang Berbeda

Cacar monyet biasanya dimulai dengan gejala yang mirip dengan flu dan kemudian berkembang menjadi ruam yang menyakitkan yang dapat menyebar ke seluruh tubuh. Tetapi gejala dalam wabah saat ini tidak biasa. Beberapa orang mengalami ruam terlebih dahulu, sementara yang lain mengalami ruam tanpa gejala seperti flu sama sekali. Banyak orang memiliki lesi lokal pada alat kelamin atau anus, menurut pejabat kesehatan masyarakat.

Pasien biasanya pulih dalam dua hingga empat minggu tanpa perawatan medis tambahan, menurut CDC. Tetapi beberapa orang dirawat di rumah sakit karena ruamnya sangat menyakitkan.

Pada tahun 2003, AS mengalami wabah cacar monyet kecil dengan lusinan kasus yang dikonfirmasi dan kemungkinan di enam negara bagian. Orang-orang jatuh sakit setelah kontak dengan anjing padang rumput peliharaan. Hewan peliharaan itu terinfeksi setelah mereka ditempatkan di dekat mamalia kecil yang diimpor dari Ghana.

Wabah AS pada tahun 2003 adalah pertama kalinya cacar monyet dilaporkan di luar Afrika, menurut CDC.

Otoritas kesehatan masyarakat juga khawatir bahwa ketika cacar monyet menyebar di AS, virus itu dapat berkembang biak pada populasi hewan yang akan membuat virus semakin sulit untuk dihilangkan dari negara tersebut.

4 dari 4 halaman

Keadaan Darurat Negara Bagian dan Lokal

Anggota parlemen di Kongres dan komunitas lokal telah mengkritik kecepatan tanggapan pemerintah federal, tetapi Becerra mengatakan pekan lalu bahwa HHS telah melakukan segala yang dapat dilakukan untuk meningkatkan sumber daya untuk memerangi wabah tersebut.

Sekretaris kesehatan mengatakan negara bagian perlu berbuat lebih banyak untuk mencegah penularan, dan Kongres perlu meloloskan dana untuk mendukung tanggapan terhadap wabah tersebut.

Wabah terbesar di AS berada di New York, California, Illinois, Florida, Georgia, Texas, dan D.C. New York, Illinois, dan California menyatakan keadaan darurat negara bagian sebelum deklarasi federal.

Sebelumnya, San Fransisco dan New York juga mendeklarasikan status darurat cacar monyet.

Virus Mudah Menular di Lingkungan Keluarga

Pejabat kesehatan masyarakat khawatir bahwa virus dapat mulai menyebar lebih banyak di dalam rumah tangga di seluruh populasi yang lebih luas ketika infeksi meningkat. Meskipun kontak fisik saat berhubungan seks adalah cara penularan utama saat ini, orang juga dapat tertular cacar monyet melalui pelukan, ciuman, dan handuk serta seprai yang terkontaminasi.

CDC bulan lalu mengkonfirmasi kasus cacar monyet pertama di AS pada anak-anak, balita di California dan bayi yang keluarganya bepergian di D.C. Keluarga bayi itu bukan penduduk AS.

Anak-anak memiliki gejala tetapi dalam kesehatan yang baik dan menerima pengobatan antivirus tecovirimat, menurut CDC.

Anak-anak kecil kemungkinan tertular virus melalui penularan dalam keluarga mereka, menurut CDC.

Cacar monyet juga dapat menyebar melalui tetesan pernapasan ketika orang memiliki lesi di mulut mereka, tetapi ini membutuhkan interaksi tatap muka yang berkepanjangan, menurut CDC.

Pejabat kesehatan tidak percaya bahwa cacar monyet menyebar melalui partikel aerosol kecil seperti COVID. Tetesan pernapasan lebih berat sehingga tidak bertahan lama di udara, sedangkan COVID-19 adalah virus yang ditularkan melalui udara, yang merupakan salah satu alasannya sangat menular.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.