Sukses

Penembakan Picu Mal Terbesar di Amerika Serikat Lockdown, Pelaku Diburu

Seseorang melepaskan tembakan di Mall of America yang terbesar di AS. Penembakan membuat pengunjung panik.

Liputan6.com, Minnesota - Seseorang melepaskan tembakan pada Kamis 4 Agustus 2022 di Mall of America yang berada di pinggiran kota Minneapolis. Peristiwa penembakan itu membuat pembeli berlarian mencari perlindungan, tetapi polisi mengatakan tampaknya tidak ada yang terluka.

Polisi Bloomington juga mengatakan mereka masih mencari tersangka setelah mengamankan tempat kejadian, Mall of America, sesaat sebelum pukul 06.00 sore waktu setempat. Mereka mengatakan lockdown yang memaksa beberapa pembeli untuk berlindung di tempat itu, sementara yang lain melarikan diri, sedang dalam proses dicabut, tetapi mal itu tidak akan dibuka kembali pada hari Kamis.

Video yang diposting ke media sosial menunjukkan apa yang tampak seperti seorang pria berteriak ketika dia berjalan di dekat toko Nike di kompleks mal itu, dengan setidaknya melepaskan tiga tembakan.

Kepala Polisi Bloomington Booker T. Hodges selama konferensi pers Kamis malam di mal mengatakan dua kelompok terlibat pertengkaran di sebuah toko, satu kelompok pergi, tetapi seseorang dalam kelompok itu memutuskan untuk menembakkan tiga peluru ke sebuah toko dengan orang-orang di sekitarnya.

"Untungnya, saat ini tampaknya tidak ada yang terluka," kata Hodges seperti dikutip dari AP, Jumat (5/8/2022)

Polisi sedang mencari dua orang tetapi hanya satu yang membawa senjata, kata Hodges. Dia mengatakan seorang petugas polisi Bloomington berada di tempat kejadian dalam waktu 30 detik.

Hodges berkata jika seseorang memutuskan mereka tidak menghargai kehidupan manusia, "Saya tidak tahu apa yang bisa kita lakukan tentang itu."

Juru bicara mal Dan Jasper mengatakan mal akan dibuka kembali hari Jumat ini, dengan lebih banyak keamanan mal dan polisi di lokasi.

"Senjata tidak diperbolehkan di properti Mall of America," kata Jasper.

Mal, yang dibuka pada tahun 1992, adalah yang terbesar di AS dan merupakan tujuan wisata dan tempat berkumpulnya komunitas.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Pengunjung Berlarian Menyelamatkan Diri

Gubernur Tim Walz mentweet: “Kekerasan malam ini di Mall of America tidak dapat diterima. Insiden kurang ajar ini tidak akan ditoleransi.”

Video yang diposting online menunjukkan pembeli melarikan diri dari taman hiburan di interior di lantai dasar mal raksasa, memegang tangan anak-anak mereka dan mencengkeram tas mereka. Video lain menunjukkan sepasang petugas polisi, termasuk satu dengan senapan, bergerak melalui mal, dan orang-orang berjalan cepat menjauh dari area atrium interior mal yang besar.

Trent Turner, seorang penjual di toko sepatu DSW satu tingkat di bawah toko Nike, mengatakan dia berada di dekat bagian belakang ketika dia mendengar suara tembakan. "Kemudian saya melihat semua orang menginjak ke belakang," katanya.

Seorang wanita mentweet bahwa dia sedang berbelanja pakaian untuk foto sekolah menengah atas dengan putrinya yang berusia 17 tahun ketika manajer toko mengatakan kepada mereka untuk "mundur sejauh mungkin." Wanita itu mengatakan dia berada di kamar pas dengan putrinya. Orang lain memposting video lusinan orang yang dikatakan berkumpul di ruang bawah tanah sebagai peringatan untuk "tolong segera berlindung" diulangi melalui pengeras suara mal.

Seorang wanita yang hanya menyebut namanya sebagai Tara mengatakan kepada The Associated Press bahwa dia dan seorang temannya termasuk di antara puluhan orang yang berlari di lorong untuk keluar dari mal.

"Kami berada di toko Lululemon dan saya hanya melihat orang-orang berlarian dan dia berada di ruang ganti dan saya mulai menggedor pintu untuk membuatnya keluar dan dia tidak mengenakan baju jadi kami berlari keluar dari sana, " dia berkata.

Mall of America melarang penggunaan senjata di lokasinya, menurut situs webnya. Mal tidak memiliki detektor logam dan pembeli tidak digeledah saat masuk.

Peristiwa serupa penembakan pernah terjadi pada Malam Tahun Baru, ketika dua orang terluka dalam pertengkaran.

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

3 dari 4 halaman

Pelaku Diburu

Mengutip CNN dari keterangan pihak berwenang, polisi dikabarkan sedang mencari tersangka yang melepaskan tembakan ke sebuah toko yang ramai di Mall of America pada hari Kamis.

"Untungnya, saat ini, tampaknya tidak ada yang terluka," kata Kepala Departemen Kepolisian Bloomington Booker Hodges pada konferensi pers. Toko itu "penuh dengan orang," katanya.

"Setelah meninjau video, kami mengamati dua kelompok terlibat pertengkaran di kasir di toko Nike," kata Hodges. "Salah satu kelompok pergi setelah pertengkaran itu, tetapi alih-alih pergi, mereka memutuskan untuk menunjukkan kurangnya rasa hormat terhadap kehidupan manusia.

Mereka memutuskan untuk menembakkan beberapa peluru ke toko yang penuh pengunjung."Para tersangka, yang digambarkan sebagai orang dewasa muda, melarikan diri dari tempat kejadian, menurut Hodges, dan informasi awal menunjukkan hanya satu orang yang melepaskan tiga tembakan.

"Silakan menyerahkan diri," katanya. "Tetapi jika Anda memilih untuk tidak melakukannya, petugas kami, mitra kami, detektif kami tidak akan berhenti sampai kami menangkap Anda," katanya.

 

4 dari 4 halaman

Polisi Meyakini Insiden Terisolasi

Polisi meyakini ini adalah insiden yang terisolasi dan tidak ada bahaya bagi publik saat ini, menurut Hodges.

Mal, terbesar di Amerika, dikunci setelah insiden itu, dan kemudian ditutup untuk hari itu tetapi akan dibuka kembali pada hari Jumat, menurut juru bicara Mall of America Dan Jasper.

Mal yang merayakan hari jadinya yang ke-30 bulan ini, menawarkan lebih dari 500 toko, Nickelodeon Universe, lebih dari 50 pilihan tempat makan, puluhan atraksi dan dua hotel, menurut pemiliknya.

Kompleks perbelanjaan dan hiburan besar terletak di Bloomington, sekitar 10 mil selatan pusat kota Minneapolis.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.