Sukses

Ribuan Ubur-Ubur Penuhi Laut di Israel, Warga Diimbau Tak Berenang Cegah Tersengat

Laut dengan ribuan ubur-ubur itu "dibedakan dengan ribuan titik putih," menurut The Jerusalem Post yang juga melaporkan bahwa kawanan itu meluas di bawah permukaan hingga kedalaman beberapa ratus meter.

Liputan6.com, Haifa - Ubur-ubur berkerumun dalam jumlah besar di Laut Mediterania, dekat dengan kota pelabuhan Haifa di Israel utara.

Laut itu "dibedakan dengan ribuan titik putih," menurut The Jerusalem Post yang juga melaporkan bahwa kawanan itu meluas di bawah permukaan hingga kedalaman beberapa ratus meter.

Pejabat Nature and Parks Authority (NPA) Israel menangkap rekaman ubur-ubur Nomad atau pengembara yang berkerumun (Rhopilema nomadica) di Teluk Haifa pada 20 Juli menggunakan drone udara, dan mereka membagikan rekaman itu di situs web agensi.

NPA juga menyarankan orang-orang untuk tidak berenang di daerah tersebut, karena risiko sengatan ubur-ubur yang menyakitkan.

Konsentrasi individu ubur-ubur yang luar biasa tinggi ini, juga dikenal sebagai fenomena bloom, didefinisikan sebagai peningkatan substansial dalam populasi ubur-ubur dalam waktu singkat; hasil dari tingkat reproduksi yang lebih tinggi.

Hal ini kemungkinan berasal dari aktivitas manusia yang mungkin termasuk polusi dan perubahan iklim, perwakilan NPA mengatakan dalam sebuah pernyataan seperti dikutip dari Live Science, Kamis (4/8/2022).

Ledakan jumlah ubur-ubur musim panas ini dapat memiliki konsekuensi bencana bagi ekosistem laut di dekat pesisir Haifa, dan bahkan dapat mempengaruhi industri dan pariwisata, kata Ruthy Yahel, seorang ahli ekologi kelautan NPA, dalam pernyataannya.

“Kami melihat kerusakan besar darinya di banyak bidang, seperti persaingan ekologis dengan ikan untuk mendapatkan makanan, kerusakan ekonomi, penyumbatan pompa pabrik desalinasi, pendinginan pembangkit listrik, membahayakan nelayan, dan masyarakat yang menjauh dari pantai karena sengatan[dari sengatan ubur-ubur]," kata Yahel. 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Ubur-Ubur Pemandangan Umum di Laut Israel

Ubur-ubur adalah pemandangan umum di lepas pantai Israel selama musim panas, dan penambahan populasi besar dilaporkan pada tahun 2015 dan 2017, The Jerusalem Post melaporkan.

University of Haifa mengelola situs web yang melacak kawanan ubur-ubur menggunakan laporan dari perenang, penyelam, pelaut, nelayan, peselancar, pendayung, dan pendayung kayak perairan terbuka. Peta interaktifnya membantu kapal penangkap ikan dan pengunjung pantai menghindari area laut dan pantai tempat kawanan ubur-ubur terlihat.

Nomad jellyfish atau ubur-ubur pengembara, saat ini merupakan spesies ubur-ubur yang paling umum di perairan dekat Haifa. Mereka adalah spesies invasif yang berasal dari perairan tropis Samudra Hindia dan Pasifik.

Para ilmuwan menduga bahwa ubur-ubur menginvasi Mediterania dari Samudra Hindia dengan menggunakan Terusan Suez — jalur air buatan di Mesir yang menghubungkan Mediterania ke Laut Merah melalui Ismus Suez — CNN melaporkan pada tahun 2015.

3 dari 4 halaman

Apa Penyebabnya?

Salah satu kemungkinan penyebab meledaknya populasi ubur-ubur seperti peristiwa yang baru-baru ini diamati, bisa jadi adalah polusi; ubur-ubur mungkin telah berbondong-bondong ke wilayah ini dalam jumlah rekor untuk menghindari limbah dan menyebarkan limbah padat yang dipompa ke laut, menurut pernyataan NPA.

Penangkapan ikan yang berlebihan dan pengurangan populasi hewan laut yang bersaing dengan ubur-ubur, seperti mola-mola, atau yang memangsa mereka, seperti penyu, juga bisa menjelaskan mengapa ubur-ubur sangat banyak tahun ini, kata perwakilan NPA.

Perubahan iklim juga dapat berperan dalam mendorong keuntungan ubur-ubur Haifa, kata Dror Angel, ahli ekologi laut di Departemen Peradaban Maritim Universitas Haifa, kepada The Jerusalem Post.

"Musim dingin yang lalu terkadang sangat deras dan dingin. Ini mungkin mempengaruhi intensitas populasi dan siklus hidup mereka," kata Angel. "Kami tahu pasti jika ada hujan lebat, maka banyak nutrisi yang terbawa ke laut. Jadi ada lebih banyak ganggang, plankton, dan lebih banyak makanan untuk dimakan ubur-ubur."

 

4 dari 4 halaman

Ubur-Ubur Jumbo Selebar 1,2 Meter di Pantai Ini Bikin Kaget Pria Joging

Ditemukan ubur-ubur raksasa selebar 4 kaki (1,2 meter) di Pantai Vanderbilt, Florida, Amerika Serikat. Penemuan ini ditemukan oleh seorang pria Florida yang sedang berada di pantai dan penemuan ini sangat jarang.

Dilansir dari UPI, Jumat (30/10/2020), Anatoli Smirnov dari Napoli mengatakan bahwa dirinya sedang joging di sepanjang Pantai Vanderbilt di Collier County. Kemudian ia memoto sesuatu yang menyerupai ubur-ubur jumbo dengan lebar sekitar 1,2 meter di garis pantai tersebut.

Smirnov mengaku sering joging di pantai, tetapi belum pernah melihat ubur-ubur sebesar itu, yang kemudian disebut ahli sebagai pink meanie.

"Hampir saja dimakan ubur-ubur raksasa," kata Smirnov bercanda.

Seorang ahli biologi kelautan di Florida Gulf Coast University, James Douglass mengatakan bahwa foto itu menggambarkan ubur-ubur yang dikenal sebagai pink meanie atau si makhluk merah jambu. Tetapi jenis yang satu ini tidak lebih berbahaya dari sepupunya yang berrukuran lebih kecil.

"Sengatannya akan terasa seperti gigitan nyamuk," kata Douglass.

Spesies ubur-ubur ini langka dan besar, hal ini dikarenakan ia adalah pemangsa, tentakelnya dapat memanjang hingga 70 kaki (21,3 meter).

Ahli tersebut mengatakan bahwa makhluk merah muda itu datang ke pantai dikarenakan adanya keberadaan spesies ubur-ubur lainnya.

"Mangsa ubur-ubur, ubur-ubur bulan, cukup banyak sepanjang tahun ini".

"Jadi mungkin ada beberapa spesies lagi di sekitar sini dikarenakan mangsa mereka yang sangat banyak," jelas ahli biologi kelautan itu.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.