Sukses

Drone Diduga Berkeliaran di Taiwan hingga Serangan Dunia Maya Usai Kunjungan Nancy Pelosi

Serangan dunia maya mulai terjadi usai kunjungan Nancy Pelosi ke Taiwan.

Liputan6.com, Taipei - China meluncurkan latihan militer tembakan langsung yang belum pernah terjadi sebelumnya di enam wilayah yang mengelilingi Taiwan pada hari Kamis, sehari setelah kunjungan Ketua Dewan Perwakilan Rakyat AS Nancy Pelosi ke pulau yang memiliki pemerintahan sendiri yang dianggap Beijing sebagai wilayah China.

Segera setelah dimulainya jadwal pada 04.00 GMT, penyiar CCTV negara China mengatakan latihan telah dimulai dan akan berakhir pada 04.00 GMT pada hari Minggu. Kegiatannyaakan termasuk tembakan langsung di perairan dan di wilayah udara sekitar Taiwan, katanya.

Dikutip dari Channel News Asia, Kamis (4/8/2022), para pejabat Taiwan mengatakan latihan itu melanggar aturan Perserikatan Bangsa-Bangsa, menginvasi ruang teritorial Taiwan dan merupakan tantangan langsung terhadap navigasi udara dan laut yang bebas.

China sedang melakukan latihan di jalur air dan rute penerbangan internasional tersibuk dan itu adalah "perilaku yang tidak bertanggung jawab dan tidak sah," kata Partai Progresif Demokratik (DPP) yang berkuasa di Taiwan.

Juru bicara kabinet Taiwan, yang menyatakan kecaman serius atas latihan tersebut, juga mengatakan bahwa situs web kementerian pertahanan, kementerian luar negeri dan kantor kepresidenan diserang oleh peretas.

Pada Rabu malam, hanya beberapa jam setelah Pelosi berangkat ke Korea Selatan, pesawat tak dikenal, mungkin drone, terbang di atas wilayah Pulau Kinmen di dekat pantai daratan Taiwan, kata kementerian pertahanan Taiwan.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Serangan Drone

Mayor Jenderal Chang Zone-sung dari Komando Pertahanan Kinmen tentara mengatakan kepada Reuters bahwa drone datang berpasangan dan terbang ke daerah Kinmen dua kali pada Rabu malam, sekitar pukul 9 malam (13.00 GMT) dan jam 10 malam.

"Kami langsung menembakkan suar untuk memberi peringatan dan mengusir mereka. Setelah itu, mereka berbalik. Mereka masuk ke area terlarang kami dan itu sebabnya kami membubarkan mereka," katanya.

China, yang mengklaim Taiwan sebagai wilayahnya sendiri dan berhak mengambilnya dengan paksa, mengatakan pada hari Kamis bahwa perbedaannya dengan pulau yang memiliki pemerintahan sendiri itu adalah urusan internal.

"Hukuman kami terhadap orang-orang yang pro-kemerdekaan Taiwan, kekuatan eksternal masuk akal, sah," kata Kantor Urusan Taiwan yang berbasis di Beijing.

 

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

3 dari 4 halaman

Kunjungan Pelosi

Tidak seperti biasanya, latihan di enam wilayah di sekitar Taiwan diumumkan dengan peta pelacak yang diedarkan oleh kantor berita resmi Xinhua - sebuah faktor yang bagi beberapa analis dan cendekiawan menunjukkan kebutuhan untuk dimainkan baik bagi penonton domestik maupun asing.

Pada hari Kamis, delapan item trending teratas di layanan Weibo seperti Twitter China terkait dengan Taiwan, dengan sebagian besar menyatakan dukungan untuk latihan atau kemarahan di Pelosi.

"Mari kita bersatu kembali tanah air," tulis beberapa pengguna.

Di Beijing, keamanan di area sekitar Kedutaan Besar AS tetap sangat ketat pada hari Kamis seperti yang telah terjadi sepanjang minggu ini. Tidak ada tanda-tanda protes signifikan atau seruan untuk memboikot produk AS.

"Saya pikir ini (kunjungan Pelosi) adalah hal yang baik," kata seorang pria bermarga Zhao di kawasan pusat bisnis ibu kota. 

"Ini memberi kita kesempatan untuk mengepung Taiwan, kemudian menggunakan kesempatan ini untuk mengambil Taiwan dengan paksa. Saya pikir kita harus berterima kasih kepada Kamerad Pelosi."

4 dari 4 halaman

Solidaritas

Pelosi, pengunjung AS tingkat tertinggi ke Taiwan dalam 25 tahun, memuji demokrasinya dan menjanjikan solidaritas Amerika selama persinggahannya yang singkat, menambahkan bahwa kemarahan China tidak dapat menghentikan para pemimpin dunia untuk bepergian ke sana.

China memanggil duta besar AS di Beijing sebagai protes atas kunjungannya dan menghentikan beberapa impor pertanian dari Taiwan.

"Delegasi kami datang ke Taiwan untuk memperjelas bahwa kami tidak akan meninggalkan Taiwan," kata Pelosi kepada Presiden Taiwan Tsai Ing-wen, yang dicurigai Beijing mendorong kemerdekaan formal - garis merah untuk China.

"Sekarang, lebih dari sebelumnya, solidaritas Amerika dengan Taiwan sangat penting, dan itulah pesan yang kami bawa ke sini hari ini."

Amerika Serikat dan para menteri luar negeri dari negara-negara Kelompok Tujuh memperingatkan China agar tidak menggunakan kunjungan Pelosi sebagai dalih untuk melakukan aksi militer terhadap Taiwan.

“Sayangnya, Taiwan telah dicegah untuk berpartisipasi dalam pertemuan global, yang terbaru Organisasi Kesehatan Dunia, karena keberatan oleh Partai Komunis China,” kata Pelosi dalam pernyataan yang dikeluarkan setelah kepergiannya.

"Meskipun mereka dapat mencegah Taiwan mengirim para pemimpinnya ke forum global, mereka tidak dapat mencegah para pemimpin dunia atau siapa pun dari bepergian ke Taiwan untuk menghormati demokrasi yang berkembang, untuk menyoroti banyak keberhasilannya dan untuk menegaskan kembali komitmen kami untuk melanjutkan kolaborasi," tambah Pelosi.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.