Sukses

Kunjungan Nancy Pelosi ke Taiwan Usai, China Siap Gelar Latihan Militer Besar

Taiwan menghadapi "ancaman militer yang sengaja ditingkatkan", kata Presiden Tsai seperti dikutip dari BBC, Kamis (4/8/2022).

Liputan6.com, Taipei - China bersiap untuk latihan militer besar-besaran di laut sekitar Taiwan setelah perjalanan politikus top AS Nancy Pelosi ke pulau itu.

Latihan dimulai pada Rabu 3 Agustus 2022 pukul 12.00 waktu setempat (04:00 GMT) dan di beberapa daerah akan berlangsung dalam jarak 12 mil dari Taiwan.

Taiwan menghadapi "ancaman militer yang sengaja ditingkatkan", kata Presiden Tsai seperti dikutip dari BBC, Kamis (4/8/2022).

Nancy Pelosi melakukan kunjungan singkat namun kontroversial ke Taiwan, yang dianggap China sebagai provinsi yang memisahkan diri.

Latihan - yang terbesar di China di sekitar Taiwan - adalah tanggapan utama Beijing terhadap kunjungan tersebut, meskipun juga telah memblokir beberapa perdagangan dengan pulau itu.

Latihan akan berlangsung di perairan yang sibuk dan akan mencakup long-range live ammunition shooting (penembakan peluru tajam jarak jauh)," kata Beijing.

Taiwan mengatakan pihaknya mengerahkan jet untuk memperingatkan pesawat tempur China pada hari Rabu.

Militernya juga telah menembakkan suar untuk mengusir pesawat tak dikenal, mungkin drone, yang terbang di atas Pulau Kinmen, yang terletak dekat dengan daratan.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Taiwan juga Alami Serangan Dunia Maya

Kementerian pertahanan Taiwan juga mengatakan telah mengalami serangan dunia maya, menyusul serangan serupa di situs web pemerintah lainnya awal pekan ini.

Taiwan telah meminta kapal untuk mencari rute alternatif untuk menghindari latihan dan sedang bernegosiasi dengan negara tetangga Jepang dan Filipina untuk menemukan rute penerbangan alternatif.

Penasihat Keamanan Nasional AS Jake Sullivan mengatakan latihan militer itu tidak bertanggung jawab dan memperingatkan mereka bisa lepas kendali.

AS berharap Beijing akan menghindari "eskalasi yang dapat menyebabkan kesalahan atau salah perhitungan" di udara atau di laut, katanya dalam sebuah wawancara dengan National Public Radio, Rabu.

Jepang juga telah menyatakan keprihatinannya kepada China atas wilayah yang digunakan pada latihan militer, yang dikatakan tumpang tindih dengan zona ekonomi eksklusif (ZEE).

Tokyo mengharapkan masalah seputar Taiwan akan "diselesaikan secara damai melalui dialog", kata kepala sekretaris kabinet Hirokazu Matsuno pada hari Rabu.

Batas-batas ZEE Jepang telah diperdebatkan di antara tetangganya, dan termasuk beberapa pulau yang juga diklaim oleh Beijing.

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

3 dari 4 halaman

China Sudah Memperingatkan

Sebagai tanggapan, juru bicara pemerintah China Hua Chunying mengatakan perairan di daerah ini belum dibatasi dan Beijing tidak menerima "yang disebut" ZEE Jepang.

Nancy Pelosi, politikus AS paling senior yang mengunjungi Taiwan dalam 25 tahun, melakukan perjalanan itu sebagai bagian dari tur Asia yang lebih luas.

China telah memperingatkannya untuk tidak melakukan perjalanan ke pulau itu.

Menuduh AS "melanggar kedaulatan China dengan kedok apa yang disebut demokrasi", Menteri Luar Negeri China Wang Yi mengatakan: "Mereka yang bermain api tidak akan berakhir dengan baik dan mereka yang menyinggung China akan dihukum."

Dalam sebuah pernyataan setelah kunjungan itu, Pelosi mengatakan China tidak dapat "mencegah para pemimpin dunia atau siapa pun dari bepergian ke Taiwan untuk menghormati demokrasinya yang berkembang, untuk menyoroti banyak keberhasilannya dan untuk menegaskan kembali komitmen kami untuk melanjutkan kolaborasi".

4 dari 4 halaman

Nancy Pelosi Lanjut ke Korea Selatan

Setelah meninggalkan Taiwan, Pelosi melakukan perjalanan ke Korea Selatan, di mana dia akan bertemu dengan ketua Majelis Nasional, Kim Jin-pyo.

Mereka diharapkan untuk membahas keamanan regional, kerja sama ekonomi, dan perubahan iklim.

AS mendukung hubungan diplomatik dengan kebijakan Taiwan. Di satu sisi, juga mematuhi kebijakan One China policy yang hanya mengakui satu pemerintah China, memberikannya hubungan formal dengan Beijing dan bukan Taiwan.

Di sisi lain, AS mempertahankan hubungan "tidak resmi yang kuat" dengan pulau itu, termasuk menjual senjata untuk Taiwan untuk mempertahankan diri.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.