Sukses

China Kecam AS, Kunjungan Nancy Pelosi ke Taiwan Dinilai Berbahaya

China menilai bahwa kunjungan Nancy Pelosi ke Taiwan sangatlah berbahaya.

Liputan6.com, Taipei - China pada Selasa (2 Agustus) mengecam tindakan Amerika Serikat di Taiwan sebagai "sangat berbahaya", setelah Ketua DPR AS Nancy Pelosi tiba di pulau itu untuk kunjungan yang telah mengobarkan ketegangan antara negara adidaya.

"Amerika Serikat, pada bagiannya, telah berusaha menggunakan Taiwan untuk menahan China," kata kementerian luar negeri Beijing dalam sebuah pernyataan. 

"Ini terus-menerus mendistorsi, mengaburkan, dan melubangi prinsip 'Satu China', meningkatkan pertukaran resminya dengan Taiwan, dan mendorong kegiatan separatis 'kemerdekaan Taiwan'. Gerakan ini, seperti bermain api, sangat berbahaya. Mereka yang bermain api akan binasa karenanya."

Dilansir laman Channel News Asia, Rabu (3/8/2022), pernyataan itu menyebut Taiwan sebagai "bagian tak terpisahkan dari wilayah China".

China mengatakan bahwa Amerika Serikat "harus menghentikan tindakannya mengatakan satu hal tetapi melakukan yang sebaliknya pada pertanyaan Taiwan".

Kunjungan Pelosi adalah kunjungan profil tertinggi oleh seorang pejabat AS ke pulau itu dalam 25 tahun. Dia terbang dengan pesawat militer AS ke Bandara Songshan Taipei dan disambut oleh menteri luar negeri Taiwan Joseph Wu.

Dia mengatakan kunjungan delegasi AS ke Taiwan "menghormati komitmen teguh Amerika untuk mendukung demokrasi Taiwan yang semarak".

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Kunjungan Pelosi ke Taiwan

Kementerian luar negeri China mengatakan kunjungan Pelosi adalah "pelanggaran serius terhadap prinsip satu-China dan ketentuan dari tiga komunike bersama China-AS".

"Ini memiliki dampak yang parah pada landasan politik hubungan China-AS, dan secara serius melanggar kedaulatan dan integritas teritorial China," tambahnya.

"Ini sangat merusak perdamaian dan stabilitas di Selat Taiwan, dan mengirimkan sinyal yang sangat salah kepada pasukan separatis untuk 'kemerdekaan Taiwan'. China dengan tegas menentang dan mengutuk keras ini, dan telah membuat demarche serius dan protes keras ke Amerika Serikat."

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

3 dari 3 halaman

Kebijakan AS di Taiwan

Pelosi mengatakan kunjungannya ke Taiwan sepenuhnya sejalan dengan kebijakan lama AS di Taiwan. 

Kunjungan tersebut merupakan bagian dari perjalanan yang lebih luas ke kawasan Indo-Pasifik termasuk Singapura, Malaysia, Korea Selatan dan Jepang, katanya dalam sebuah pernyataan tak lama setelah mendarat.

"Diskusi kami dengan kepemimpinan Taiwan akan fokus pada penegasan kembali dukungan kami untuk mitra kami dan untuk mempromosikan kepentingan bersama kami, termasuk memajukan kawasan Indo-Pasifik yang bebas dan terbuka.

"Solidaritas Amerika dengan 23 juta orang Taiwan lebih penting hari ini daripada sebelumnya, karena dunia menghadapi pilihan antara otokrasi dan demokrasi," katanya. 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.