Sukses

Populasi Harimau Nepal Meningkat 3 Kali Lipat, Kabar Baik Tapi Bikin Takut Warga

Meningkatnya populasi harimau Nepal membawa kabar baik sekaligus ketakutan.

Liputan6.com, Jakarta - Populasi harimau Nepal meningkat hampir tiga kali lipat dalam 12 tahun, perdana menteri negara itu mengumumkan. Tetapi kekhawatiran tentang biaya manusia dari pemulihan kucing besar itu meningkat setelah meningkatnya serangan fatal.

Dikutip dari laman The Guardian, Selasa (2/8/2022), dari 121 ekor pada tahun 2010, populasi harimau Bengal di Nepal telah meningkat menjadi 355, menurut survei terbaru, yang diungkapkan oleh perdana menteri, Sher Bahadur Deuba, untuk memperingati Hari Harimau Internasional pada hari Jumat.

Konservasionis telah memberikan penghormatan atas keberhasilan Nepal dalam membantu kucing besar untuk pulih melalui tindakan keras terhadap perburuan, perluasan taman nasional dan penciptaan koridor satwa liar dengan negara tetangga India.

Nepal adalah negara pertama dari 13 negara yang memiliki habitat harimau yang memperbarui angkanya sebelum pertemuan puncak yang akan diadakan di Vladivostok, Rusia timur, pada bulan September untuk mengevaluasi upaya konservasi global untuk melindungi kucing besar.

Pada tahun 2010, pemerintah berkomitmen untuk menggandakan populasi harimau liar dunia pada tahun harimau China berikutnya, yaitu tahun ini. Angka mencapai titik terendah sepanjang masa yaitu 3.200 pada tahun 2010, sekitar 100.000 pada abad sebelumnya.

Tetapi di Nepal, lusinan serangan harimau baru-baru ini terhadap manusia telah membuat beberapa orang mengatakan bahwa masyarakat yang tinggal di dekat kawasan lindung membayar mahal untuk pemulihan hewan tersebut.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Serangan Harimau Meningkat

Selama tiga tahun terakhir telah terjadi 104 serangan harimau di dalam kawasan lindung dan 62 orang telah tewas, menurut Kathmandu Post . Para korban sering diserang saat mengumpulkan kayu bakar, menggembalakan ternak atau mencari makan di hutan.

Shiv Raj Bhatta, direktur program konservasi di WWF Nepal, mengatakan peningkatan jumlah harimau adalah kabar baik tetapi memperingatkan bahwa negara itu memasuki tahap baru pemulihan kucing besar di mana manusia harus belajar hidup berdampingan dengan harimau.

“Orang-orang sekarang melihat dan bertemu harimau di mana-mana, sehingga kasus konflik harimau-manusia meningkat. Hal ini menunjukkan bahwa populasi harimau hampir mencapai tingkat maksimum di Nepal. Kami adalah negara kecil. Peningkatan ini menjadi tantangan baru bagi pemerintah. Sekarang kita perlu menunjukkan bahwa harimau dan manusia bisa hidup berdampingan,” katanya.

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

3 dari 4 halaman

Capai Kapasitas Maksimum

Jumlah 355 harimau yang diumumkan pada hari Jumat mendekati perkiraan kapasitas Nepal hingga 400 di sepanjang kompleks Chitwan-Parsa, sebuah lanskap di kaki pegunungan Himalaya di India dan Nepal yang kaya akan satwa liar, termasuk gajah dan badak. Karena krisis iklim, populasi harimau Nepal juga berkembang lebih jauh ke utara ke ketinggian yang lebih tinggi.

Mayukh Chatterjee, anggota kelompok spesialis konflik manusia-satwa liar dan koeksistensi IUCN, mengatakan masalah yang terkait dengan meningkatnya populasi harimau tidak terbatas pada Nepal, dan pemerintah daerah jelajah harimau harus mengelola situasi dengan hati-hati.

“Kami melihat efek buruk dari peningkatan jumlah harimau di India dan meningkatnya konflik dengan manusia. Saya pikir itu akan menjadi malapetaka bagi harimau jika pemerintah tidak menyingsingkan lengan baju mereka dan mulai bekerja dengan komunitas yang tinggal di dekatnya. Dalam tiga sampai lima tahun terakhir, kita telah melihat peningkatan yang sangat tinggi dalam penyetruman harimau, penangkapan harimau, serta hukuman mati tanpa pengadilan oleh orang-orang. Sepuluh tahun yang lalu Anda tidak akan melihat itu," katanya.

4 dari 4 halaman

Penyebab Serangan Harimau

Chatterjee sedang mempelajari alasan di balik serangan harimau terhadap manusia di taman nasional di India yang terkait dengan yang ada di Nepal. Dia telah menemukan bahwa kasus predator jarang terjadi, dengan sebagian besar insiden disebabkan oleh pertemuan yang tidak disengaja.

“Orang-orang akhirnya lebih sering menabrak harimau, sehingga menghasilkan pertemuan yang tidak disengaja di mana harimau terkejut ketika mereka beristirahat dan mereka merespons dengan menyerang. Data kami menunjukkan bahwa sekitar 80% serangan adalah pertemuan yang tidak disengaja di mana harimau telah diganggu atau hewan yang lebih muda salah mengira manusia sebagai mangsa. Kasus pemakan manusia sekitar 1%,” katanya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.