Sukses

Puing Roket China Jatuh di Samudera Hindia, NASA Beri Komentar

Sebuah roket milik China jatuh kembali ke Bumi, tepatnya di atas Samudra Hindia pada Sabtu (30/7).

Liputan6.com, Jakarta - Sebuah roket China jatuh ke Bumi, tepatnya di atas Samudra Hindia pada Sabtu (30/7).

Menganggapi ini, NASA mengatakan bahwa Beijing tidak membagikan "informasi lintasan spesifik" yang diperlukan untuk mengetahui di mana kemungkinan puing-puing akan jatuh.

Komando Luar Angkasa Amerika Serikat mengatakan bahwa roket Long March 5B jatuh di Samudra Hindia sekitar pukul 12.45 waktu setempat pada hari Sabtu, demikian dikutip dari laman Channel News Asia, Minggu (31/7/2022).

Insiden ini kemudian merujuk pertanyaan tentang bagaimana "aspek teknis masuk kembali ke bumi seperti dan dampak penyebaran puing-puing."

"Semua negara harus mengikuti praktik terbaik yang telah ada dan melakukan bagian mereka untuk membagikan jenis informasi ini sebelumnya untuk memungkinkan prediksi yang andal tentang potensi risiko dampak puing-puing," kata administrator NASA Bill Nelson.

"Sangat penting untuk mematuhi penggunaan ruang yang bertanggung jawab dan untuk memastikan keselamatan orang-orang di Bumi."

Pengguna media sosial di Malaysia memposting video yang tampak seperti puing-puing roket.

Aerospace Corporation, sebuah pusat penelitian nirlaba yang didanai pemerintah di dekat Los Angeles, mengatakan bahwa insiden itu ceroboh.

Lantaran membiarkan seluruh tahap inti utama roket - yang berbobot 22,5 ton - kembali ke Bumi namun tidak dapat dikendalikan.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Ukuran Roket Besar, Tak Hancur Saat Lewati Atmosfer

Awal pekan ini, para analis mengatakan bahwa badan roket akan hancur saat jatuh melalui atmosfer tetapi cukup besar sehingga banyak bongkahan kemungkinan akan bertahan saat masuk kembali ke Bumi.

Kedutaan China di Washington tidak berkomentar. China mengatakan awal pekan ini bahwa mereka akan melacak puing-puing itu dengan cermat tetapi mengatakan, insiden ini mampu menimbulkan sedikit risiko bagi siapa pun di lapangan.

Long March 5B diluncurkan pada 24 Juli untuk mengirimkan modul laboratorium ke stasiun ruang angkasa baru China yang sedang dibangun di orbit, menandai penerbangan ketiga roket paling kuat China sejak peluncuran perdananya pada tahun 2020.

Fragmen Long March 5B China lainnya mendarat di Pantai Gading pada tahun 2020, merusak beberapa bangunan di negara Afrika Barat tersebut, meskipun tidak ada korban yang dilaporkan.

Sebaliknya, kata Nelson, AS dan sebagian besar negara penjelajah ruang angkasa lainnya umumnya mengeluarkan biaya tambahan untuk merancang roket mereka sedemikian rupa.

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

3 dari 4 halaman

Tak Ada Cidera, Tapi...

Tak satu pun dari insiden ini menyebabkan cedera. Namun potensi cedera dan kerusakan infrastruktur di lapangan telah mendorong para ahli eksplorasi untuk menegur China karena membiarkan jatuhnya sampah antariksa seperti itu.

"Negara-negara penjelajah luar angkasa harus meminimalkan risiko terhadap orang dan properti di Bumi dari masuknya kembali objek-objek luar angkasa dan memaksimalkan transparansi mengenai operasi tersebut," Administrator NASA Bill Nelson menulis dalam sebuah pernyataan (buka di tab baru) yang diposting sesaat sebelum tubuh Long March 5B Tianhe turun. tahun lalu.

"Jelas bahwa China gagal memenuhi standar yang bertanggung jawab terkait sampah antariksa mereka," tambah Nelson. "Sangat penting bahwa China dan semua negara antariksa dan entitas komersial bertindak secara bertanggung jawab dan transparan di ruang angkasa untuk memastikan keselamatan, stabilitas, keamanan, dan keberlanjutan jangka panjang dari kegiatan luar angkasa."

Stasiun luar angkasa Tiangong pada akhirnya akan terdiri dari tiga modul. China diperkirakan akan meluncurkan modul ketiga dan terakhir pada Long March 5B musim gugur ini.

4 dari 4 halaman

China Bantah Tuduhan Abai terhadap Puing Roket-nya yang Akan Jatuh ke Bumi

Segmen utama dari kendaraan Long March-5b digunakan untuk meluncurkan modul pertama stasiun luar angkasa baru China April 2021.

Puing roket yang akan jatuh diperkirakan berbobot 18 ton, dan menjadi salah satu benda penjelajahan antariksa terbesar yang jatuh kembali ke Bumi dalam beberapa dekade.

Badan Antariksa China menyebut puing roket Long March-5b yang membawa modul utama telah jatuh ke Samudra Hindia. Sebagian besar roket itu hancur saat masuk kembali ke atmosfer, tetapi media pemerintah melaporkan bahwa puing-puing itu mendarat tepat di sebelah barat Maladewa pada Minggu, 9 Mei 2021.

Dikutip dari laman BBC, Senin (10/5/2021), sebelumnya muncul sejumlah spekulasi berhari-hari mengenai di mana roket itu mendarat. Para pejabat Amerika Serikat serta pakar lainnya memperingatkan kembalinya roket itu berisiko menimbulkan korban. Tetapi China bersikeras bahwa risikonya rendah.

Long March-5b kembali memasuki atmosfer pada pukul 10:24 waktu Beijing (02:24 GMT) pada Minggu, 9 Mei 2021, lapor media pemerintah melaporkan.

Dikatakan puing-puing dari roket seberat 18 ton itu, salah satu barang terbesar dalam beberapa dekade yang jatuh tanpa arah ke atmosfer, mendarat di Samudra Hindia pada titik 72,47 ° BT dan 2,65 ° Utara. Komando Ruang Angkasa AS sempat mengatakan bahwa roket itu "masuk kembali ke Semenanjung Arab".

Layanan pemantauan Space-Track, yang menggunakan data militer AS, mengatakan roket itu tercatat di atas Arab Saudi sebelum jatuh ke Samudra Hindia dekat Maladewa.

Jatuhnya puing roket yang tidak terkendali menyebabkan kecaman tajam dari AS di tengah kekhawatiran bahwa roket itu bisa mendarat di daerah berpenghuni. Situs web AS dan Eropa melacak ada banyak spekulasi di media sosial tentang di mana puing-puing itu mungkin mendarat.

"Negara antariksa harus meminimalkan risiko terhadap manusia dan properti di Bumi," kata Menteri Pertahanan AS Lloyd Austin dalam sebuah pernyataan.

"Jelas bahwa China gagal memenuhi standar yang bertanggung jawab terkait puing-puing ruang angkasa mereka."

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.