Sukses

Media China: Ketua DPR AS Nancy Pelosi Aneh dan Egois

China terus mengkritik rencana kunjungan Ketua DPR AS Nancy Pelosi ke Taiwan.

Liputan6.com, Beijing - Media pemerintah China terus melancaran serangan kepada Ketua DPR AS Nancy Pelosi yang berencana mengunjungi Taiwan. China menganggap kunjungan Pelosi sebagai hal sensitif secara politik. 

Global Times menyebut Nancy Pelosi sebagai sosok yang eksentrik hingga egois. Pelosi disebut tidak mau mendengar saran orang lain, termasuk Presiden Joe Biden yang menurut pihak China akan mencoba menasihati Pelosi. 

"Pelosi adalah orang yang eksentrik dan bigot dalam bertindak, dan dia tidak peduli tentang pemikiran-pemikiran orang lain. Ia juga punya kemauan kuat untuk mengubah kebijakan lama Gedung Putih terkait China, terutama dalam pertanyaan Taiwan," ujar seorang pakar hubungan internasional yang dikutip Global Times secara anonim, Sabtu (30/7/2022).

Lebih lanjut, Nancy Pelosi dianggap sedang berusaha menggenjot suara untuk Partai Demokrat pada pemilihan legislatif AS pada akhir tahun ini.

Presiden Joe Biden dan Nancy Pelosi sama-sama berasal dari Partai Demokrat. Gedung Putih telah berkata Nancy Pelosi memiliki keputusan sendiri untuk pergi ke Taiwan, namun pakar dari China tidak percaya. 

"Perjalanan Pelosi tidak akan mungkin tanpa bantuan otoritas administrasi," ujar Lu Xiang, pakar studi AS di Chinese Academy of Social Sciences.

Sebagai ketua DPR AS, status Nancy Pelosi berada di nomor dua di lini penerus kepresidenan di AS pada situasi darurat jika presiden tak bisa melangsungkan kekuasaan.

 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Joe Biden dan Xi Jinping Sepakat Bakal Lakukan Pertemuan Tatap Muka untuk Bahas Isu Taiwan

Presiden Joe Biden dan Presiden China Xi Jinping setuju untuk menjadwalkan pertemuan tatap muka pertama mereka selama panggilan telepon yang terkadang menegangkan pada Kamis (28 Juli) di mana Xi memperingatkan Amerika Serikat untuk tidak "bermain api" di Taiwan.

Meskipun ini adalah panggilan telepon atau video kelima mereka sejak Biden menjabat satu setengah tahun yang lalu, pertemuan puncak itu akan menjadi pertemuan langsung pertama mereka sebagai pemimpin. Tidak ada detail yang diberikan tentang waktu atau lokasi. 

Seperti dikutip dari laman Channel News Asia, Jumat (29/7), Biden dan Xi "membahas nilai pertemuan tatap muka dan setuju agar tim mereka menindaklanjuti untuk menemukan waktu yang disepakati bersama untuk melakukannya," kata seorang pejabat AS, yang berbicara dengan syarat anonim.

Kedua belah pihak menggambarkan pembicaraan itu, yang berlangsung selama dua jam 17 menit, sebagai pertukaran yang kuat atas banyak perselisihan antara dua kekuatan ekonomi terbesar dunia itu.

Badan pemerintah China Xinhua mengatakan Xi menyampaikan kata-kata kasar tentang kebijakan AS terhadap Taiwan, sebuah pulau demokratis yang memiliki hubungan dekat dengan Amerika Serikat tetapi yang dianggap China sebagai bagian dari wilayahnya.

"Mereka yang bermain api pada akhirnya akan terbakar," kata Xi seperti dikutip Biden, mengulangi bahasa yang dia gunakan ketika mereka berbicara November lalu. "Saya harap pihak AS sepenuhnya memahami itu."

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

3 dari 4 halaman

Panas Soal Taiwan

Ketegangan di sekitar Taiwan terus meningkat di tengah kekhawatiran bahwa Xi pada akhirnya dapat memerintahkan invasi untuk memaksakan aturan Beijing.

Dalam titik nyala terbaru, pihak berwenang China sangat marah dengan rencana yang belum dikonfirmasi oleh sekutu Biden dan ketua DPR, Nancy Pelosi, untuk mengunjungi pulau itu.

Meskipun pejabat AS sering mengunjungi Taiwan, yang dipisahkan oleh perairan sempit dari daratan China, Beijing menganggap perjalanan Pelosi sebagai provokasi besar . Dia berada di urutan kedua kepresidenan AS dan mengingat posisinya dapat bepergian dengan transportasi militer.

Washington akan "menanggung konsekuensinya" jika perjalanan itu dilanjutkan, China memperingatkan Rabu.

Selama panggilan itu, Xi dikutip mengatakan kepada Biden "posisi pemerintah dan rakyat China dalam masalah Taiwan konsisten."

"Adalah keinginan kuat dari lebih dari 1,4 miliar orang China untuk secara tegas menjaga kedaulatan nasional dan integritas teritorial China," katanya.

4 dari 4 halaman

Ambiguitas

Sebagai tanggapan, Biden meyakinkan Xi bahwa kebijakan AS, yang dikenal sebagai "ambiguitas strategis," tidak berubah - pada dasarnya mendukung status quo di Taiwan, dengan Washington mengakui kedaulatan China tetapi menentang penegakan apa pun, memungkinkan Taiwan untuk mempertahankan aturan mereka yang berbeda.

"Di Taiwan, Presiden Biden menggarisbawahi bahwa kebijakan Amerika Serikat tidak berubah dan bahwa Amerika Serikat sangat menentang upaya sepihak untuk mengubah status quo atau merusak perdamaian dan stabilitas di Selat Taiwan," kata Gedung Putih dalam sebuah pernyataan.

Biden membanggakan hubungan dekat dengan Xi selama bertahun-tahun, tetapi semakin sulit untuk menutupi ketidakpercayaan yang semakin dalam antara kedua negara.

Para pejabat AS mengatakan Biden menyentuh sejumlah masalah sensitif, termasuk "genosida dan praktik kerja paksa" China dan postur militernya yang semakin agresif di seluruh Asia.

Gedung Putih menggambarkan penjangkauan Biden sebagai bagian dari "upaya untuk mempertahankan dan memperdalam jalur komunikasi" dan untuk "secara bertanggung jawab mengelola perbedaan kita dan bekerja sama di mana kepentingan kita selaras."

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.