Sukses

Mengenal Lulo Rose, Berlian Pink 170 Karat yang Diklaim Terbesar dalam 300 Tahun

Penambang menemukan batu permata berwarna merah muda yang mungkin merupakan permata terbesar dari jenisnya yang ditemukan dalam 300 tahun terakhir.

Liputan6.com, Jakarta - Penambang di Angola telah menemukan berlian merah muda besar yang mungkin merupakan permata terbesar dari jenisnya yang ditemukan dalam 300 tahun terakhir.

Dilansir dari laman Live Science, Jumat (29/7/2022), berlian merah muda diperkirakan memiliki berat 170 karat, membuatnya hanya sedikit lebih kecil dari berlian Daria-i-Noor 182 karat — berlian merah muda terbesar di dunia, yang saat ini merupakan bagian dari Permata Nasional Iran.

Berlian baru itu dijuluki "Lulo Rose," setelah tambang Lulo di timur laut Angola tempat berlian itu ditemukan, menurut pernyataan dari Lucapa Diamond Company, yang memiliki Lulo dan satu tambang berlian lainnya di Angola. 

Sejak 2015, proyek penambangan Lulo telah menemukan 27 berlian dengan berat lebih dari 100 karat, termasuk berlian terbesar yang pernah ditemukan di Angola: "Batu 4 Februari" 404 karat, yang dijual seharga $16 juta pada 2016.

Lulo Rose, berlian terbesar kelima yang ditemukan di Lulo, diperkirakan akan dijual dengan harga yang lebih tinggi.

Berlian merah muda relatif langka, dan para ilmuwan masih belum yakin tentang fenomena yang memberi warna merah pada batu-batu ini. Pada tahun 1999, penambang di Afrika Selatan menemukan berlian merah muda kasar 132 karat yang kemudian diberi nama The Pink Star. 

Selama hampir dua tahun, para ahli perlahan-lahan memotong dan menggiling batu itu menjadi permata 59 karat, dan pada tahun 2013, The Pink Star terjual sekitar $83 juta di lelang, menjadi satu-satunya batu permata termahal yang pernah dijual.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Temuan Berlian

Lulo Rose juga harus dipotong dari bentuknya yang kasar, yang dapat mengakibatkan beratnya turun hingga setengahnya, menurut pernyataan itu. Tetapi bahkan jika Lulu Rose dikurangi menjadi 85 karat, batu merah muda cerah itu terlihat siap untuk mencetak rekor penjualan barunya sendiri.

Manusia telah mengumpulkan dan memperdagangkan berlian sejak 2500 SM, Live Science sebelumnya melaporkan. 

Selama ribuan tahun, penampilan mereka yang mempesona dan kelangkaan yang ekstrim membuat mereka menjadi simbol status yang dicari yang hanya mampu dimiliki oleh orang-orang terkaya di dunia.

Berlian terbentuk jauh di bawah tanah — biasanya 100 mil (160 kilometer) atau lebih di bawah permukaan bumi — ketika endapan karbon terkena panas dan suhu ekstrem di bagian dalam Bumi.

Beberapa berlian mungkin meledak ke permukaan selama letusan gunung berapi, tetapi saat ini sebagian besar ditemukan melalui upaya penambangan di seluruh dunia.

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

3 dari 3 halaman

Tambang Berlian

Sekitar 90 juta karat berlian kasar ditambang untuk perhiasan setiap tahun, menghasilkan lebih dari $300 miliar pendapatan di seluruh dunia; namun, kondisi untuk menambang berlian sering kali berbahaya, dan industri ini telah dikaitkan dengan pemindahan penduduk asli, eksploitasi pekerja, polusi, dan pelanggaran hak asasi manusia, menurut laporan yang dirilis pada tahun 2018 oleh lembaga nirlaba Human Rights Watch.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.