Sukses

Kunjungan Pangeran Saudi ke Prancis Temui Presiden Macron Dapat Kecaman

Pangeran Saudi Mohammed bin Salmen tengah dalam kunjungannya ke Prancis.

Liputan6.com, Jakarta - Kunjungan Putra Mahkota Saudi Mohammed bin Salman ke Prancis telah membuat marah kelompok-kelompok hak asasi, karena ia berusaha untuk lebih merehabilitasi dirinya sendiri setelah pembunuhan jurnalis Jamal Khashoggi.

Dilansir BBC, Jumat (29/7/2022), makan malam dengan Presiden Emmanuel Macron pada hari Kamis datang di tengah melonjaknya harga energi dan kekhawatiran atas program nuklir Iran.

Pangeran membantah menyetujui pembunuhan di konsulat Saudi di Turki.

Tunangan Khashoggi mengatakan dia marah dengan kunjungannya.

Hatice Cengiz menuduh Presiden Macron menerima "algojo dengan segala kehormatan" dari mendiang rekannya.

Mohammed bin Salman terbang ke bandara Orly, selatan Paris, malam sebelum pembicaraan dan tinggal di château mewah di Louveciennes, barat Paris.

Sepupu jurnalis yang terbunuh, Emad Khashoggi, merancang Château Louis XIV sebagai penghormatan kepada apa yang disebut Raja Matahari yang memerintah Prancis pada abad ke-17.

Beberapa jam sebelum kedua pria itu dijadwalkan bertemu di Istana Elysée, tiga kelompok kampanye mengajukan tuntutan pidana yang menuduh pangeran itu terlibat dalam penyiksaan dan pembunuhan Khashoggi.

Di antara penggugat adalah Demokrasi untuk Dunia Arab Sekarang (Fajar), yang berpendapat bahwa Mohammed Bin Salman (MBS) tidak memiliki kekebalan dari penuntutan, karena dia bukan kepala negara, dan Prancis adalah satu-satunya tempat yang memungkinkan untuk keadilan.

Bénédicte Jeannerod dari Human Rights Watch mengatakan bahwa tanpa mengamankan "komitmen yang kuat dan konkret" pada hak, Macron mengambil risiko merehabilitasi MBS dan "mengapur" citranya.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Bahas Berbagai Isu

Menjelang pertemuan, seorang pembantu presiden Prancis berjanji bahwa hak asasi manusia akan diangkat "secara umum", tetapi mengatakan penting untuk berbicara dengan semua mitra Prancis untuk memecahkan masalah yang dihadapi seluruh Eropa.

Keduanya  telah bertemu sejak pembunuhan Khashoggi, termasuk di kota Jeddah, Saudi, Desember lalu. 

Perdana Menteri Elisabeth Borne mengatakan dia tidak berpikir orang-orang Prancis akan memahaminya jika presiden mereka tidak berbicara dengan produsen energi dunia ketika ketegangan harga tinggi dan "Rusia memotong pasokan gas, mengancam akan memotongnya dan kemudian memotongnya lagi".

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

3 dari 4 halaman

Dampak Invasi Rusia

Invasi Rusia ke Ukraina telah membuat harga energi melonjak dan Presiden Macron telah mendesak Arab Saudi untuk meningkatkan produksi minyak.Kelompok produsen minyak OPEC+, yang mencakup Rusia, bertemu minggu depan dan para anggotanya mendapat tekanan untuk membantu meringankan krisis.

Presiden AS Joe Biden digambarkan memberikan pukulan tinju kepada pangeran selama kunjungan ke Arab Saudi awal bulan ini yang bertujuan untuk membangun kembali hubungan.Pangeran selalu membantah terlibat dalam kematian jurnalis dan jaksa Saudi menyalahkan agen Saudi yang "jahat".

Badan-badan intelijen AS mengatakan dia telah menyetujui operasi itu. Penyelidikan PBB menyimpulkan bahwa Riyadh bertanggung jawab atas pembunuhan di luar proses hukum.

4 dari 4 halaman

Kunjungan ke Uni Eropa

Pangeran Mohammed telah bertemu dengan para pemimpin Prancis dan Yunani "untuk membahas hubungan bilateral dan cara-cara untuk meningkatkannya di berbagai bidang," lapor kantor berita resmi Saudi Press Agency, mengutip pernyataan dari istana kerajaan.

Perjalanan itu dilakukan kurang dari dua minggu setelah Presiden AS Joe Biden mengunjungi kota Saudi Jeddah untuk pertemuan puncak para pemimpin Arab dan bertemu satu lawan satu dengan Pangeran Mohammed, menyapanya dengan tinju.

Langkah itu menyegel mundurnya Biden dari janji kampanye pemilihan presiden untuk mengubah kerajaan menjadi "paria" atas urusan Khashoggi dan kontroversi hak asasi manusia yang lebih luas.

Badan-badan intelijen AS menetapkan bahwa Pangeran Mohammed, penguasa de facto Arab Saudi, telah "menyetujui" operasi yang menyebabkan kematian Khashoggi, meskipun Riyadh menyangkal hal ini, menyalahkan operasi nakal.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.