Sukses

Berlian Merah Muda Terbesar dalam 300 Tahun Ditemukan di Angola

Ditemukan berlian merah muda langka seberat 34 gram, dianggap sebagai yang terbesar yang pernah ditemukan dalam 300 tahun terakhir.

Liputan6.com, Luanda - Ditemukan berlian merah muda langka seberat 34 gram, dianggap sebagai yang terbesar yang pernah ditemukan dalam 300 tahun terakhir.

Mengutip BBC, Kamis (28/7/2022), permata 170 karat itu dinamai "Lulo Rose", dari nama tambang di Angola tempat batu berharga itu ditemukan.

Temuan ini diyakini sebagai berlian merah muda terbesar yang ditambang sejak Daria-i-Noor 185 karat, yang dipotong dari batu yang lebih besar dan sekarang berada di antara permata mahkota Iran.

Lulo Rose adalah berlian tipe 2a, yang berarti memiliki sedikit atau tanpa kotoran.

"Rekor ini dan berlian merah muda spektakuler yang ditemukan dari Lulo ini terus menunjukkan Angola sebagai pemain penting di panggung dunia," kata Diamantino Azevedo selaku Menteri Sumber Daya Mineral Angola.

Ini adalah berlian terbesar kelima yang ditemukan dari tambang Lulo - perusahaan patungan antara Lucapa Diamond Company Australia dan pemerintah Angola.

Berlian serupa telah dibeli seharga puluhan juta dolar di masa lalu, dengan satu - yang dikenal sebagai Pink Star - dijual di lelang Hong Kong seharga $ 71,2 juta atau sekitar Rp 1 tiriliun  pada tahun 2017.

Tetapi tidak mungkin untuk berspekulasi tentang berapa harga Lulo Rose sampai dipotong, kata Joanna Hardy, spesialis perhiasan independen. 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Berlian Merah Muda Langka

Berlian merah muda sangat langka - tetapi atribut fisik yang sama dengan berlian lain membuat batu langka ini juga sangat keras, dan tidak mudah untuk dibentuk.

Hardy mengatakan batu itu tidak mungkin untuk dilihat publik - atau bahkan dibawa ke pelelangan - karena pengecer memiliki klien yang menunggu untuk mengambil temuan langka tersebut.

Berlian merah muda terbesar yang diketahui adalah Daria-i-Noor, ditemukan di India, yang diyakini para ahli dipotong dari batu yang lebih besar.

Berlian kasar terbesar dari semua warna yang pernah tercatat adalah berlian Cullinan, ditemukan di Afrika Selatan pada tahun 1905. Beratnya 3.107 karat - lebih dari setengah kilogram - dan dipotong menjadi 105 batu yang berbeda.

Yang terbesar - Cullinan I - adalah berlian terbesar di dunia dan merupakan bagian dari Permata Mahkota Inggris.

3 dari 5 halaman

Cantiknya Cincin dengan 24.697 Berlian yang Pecahkan Rekor Dunia, Dibanderol Rp 1,4 M

Bicara soal berlian, sebuah perusahaan perhiasan India memecahkan rekor dunia dari Guinness World Record ketika menetapkan jumlah luar biasa berlian dalam sebuah cincin.

Tak tanggung-tanggung, jumlahnya mencapai 24.679 berlian yang disematkan dalam sebuah cincin.

Pihak Guinness World Record, seperti dikutip dari situs UPI.com, Minggu (17/7/2022), mengumumkan SWA Diamonds mendapatkan rekor dunia atas cincin besar, yang dijuluki "The Touch ofAmi".

Desain cincin didasarkan pada jamur tiram merah muda.

"Jamur melambangkan keabadian dan umur panjang," kata Abdul Gafur Anadiyan, direktur pelaksana di SWA Diamonds, kepada Guinness World Records.

Berlian alami yang dipasang di cincin disertifikasi sebagai bebas konflik oleh Kimberley Process Certification Scheme.

Cincin berlian itu, yang beratnya sekitar 12 ons, dihargai oleh SWA Diamonds dengan harga USD$95.243 atau sekitar Rp 1,4 miliar.

Rekor Sebelumnya

Mengutip situs Indian Express, cincin tersebut mengalahkan rekor terbaik sebelumnya yaitu cincin tunggal dengan 12.638 berlian yang dibuat oleh pembuat perhiasan Harshit Bansal yang berbasis di Meerut pada tahun 2020.

Renani Jewels milik Bansal meraih gelar untuk cincin bernama ‘The Marigold – The ring of prosperity’, yang bentuknya terinspirasi dari bunga marigold.

Selanjutnya di sini...

 

4 dari 5 halaman

Berlian 1.098,30 Karat, Satu dari Lima Permata Terbesar Sedunia Ditemukan

1 Juni 2021 lalu berlian 1.098,30 karat ditemukan dari pipa Kimberlite selatan di tambang Jwaneng yang terletak di wilayah selatan Botswana. Temuan tersebut merupakan kualitas batu mulia terbesar dalam sejarah Debswana, perusahaan joint venture antara pemerintah Botswana dan raksasa berlian global De Beers, sejak berlian ditemukan di Botswana pada 1967 silam.

Kemudian, seperti dikutip dari Xinhua, Kamis (17/6/2021), Debswana Diamond Company pada Rabu 16 Juni 2021 mempersembahkan berlian 1.098,30 karat itu kepada Presiden Botswana Mokgweetsi Masisi dan kabinet di Gaborone, ibu kota Botswana.

Menurut perusahaan Debswana, batu itu dianggap sebagai satu dari lima permata terbesar yang ditemukan di dunia, dan memberikan harapan bagi negara yang sedang berjuang saat ini.

"Penemuan tersebut pada saat ini benar-benar menandakan perjalanan baru bagi kami sebagai sebuah negara," kata Plt. Direktur Pelaksana Debswana Lynette Armstrong.

Presiden Mokgweetsi Masisi memuji dua pekerja yang menemukan berlian tersebut dan menyatakan bahwa keuntungan dari berlian itu akan membantu memenuhi kebutuhan pembangunan negara.

Selengkapnya di sini...

5 dari 5 halaman

The Enigma, Berlian Hitam yang Diyakini dari Angkasa Luar Dipamerkan di Dubai

Sementara itu, berlian yang disebut-sebut bukan berasal dari Bumi dilaporkan tengah dipamerkan oleh Rumah lelang Sotheby's di Dubai.

Mengutip VOA Indonesia, Selasa (18/1/2022), rumah lelang Sotheby's menyebut berlian hitam 555,55 karat yang diyakini berasal dari angkasa luar itu sebagai "The Enigma."

Batu permata langka itu pada Senin 17 Januari 2022 dipamerkan kepada wartawan, sebagai bagian dari tur di Dubai dan Los Angeles, sebelum dilelang di London pada Februari nanti.

Sotheby's berharap berlian hitam itu akan dijual dengan harga sedikitnya lima juta poundsterling atau sekitar Rp 97,7 miliar. Sotheby's berencana menerima pembayaran tidak saja dengan cara biasa, tetapi juga dengan mata uang kripto.

Pakar perhiasan di Sotheby's Dubai, Sophie Stevens, mengatakan pada Associated Press bahwa angka lima memiliki arti penting bagi berlian yang juga memiliki 55 segi itu.

"Bentuk berlian seperti sekarang ini, dengan 55 sisi, didasarkan pada simbol telapak tangan – khamsa – di Timur Tengah, yang berarti kekuatan dan perlindungan," ujarnya. Khamsa dalam bahasa Arab berarti lima.

Ia menambahkan bahwa "terdapat tema bagus dari angka lima yang ada di seluruh berlian ini."

Lanjutannya di sini...

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.