Sukses

Kemungkinan Badai Matahari Menghantam Bumi dalam Waktu Dekat

Badai matahari disebut akan menghantam Bumi.

Liputan6.com, Jakarta - Pengamat matahari pertama kali melihat filamen surya sebagai garis gelap seperti benang dengan latar belakang cerah matahari pada 12 Juli, menurut SpaceWeather.com. 

Kemudian, pada 15 Juli, sebuah filamen yang meliuk-liuk di belahan utara bintang meletus, mengukir "ngarai api" sepanjang 238.880 mil (384.400 kilometer) dan kedalaman 12.400 mil (20.000 km) di permukaan matahari dan menyemburkan material matahari tepat ke arah Bumi. 

Dilansir dari laman Live Science, Senin (25/7/2022), filamen surya adalah busur besar gas listrik (atau plasma) yang menyebar melalui atmosfer matahari sesuai dengan keinginan medan magnet bintang yang kuat. 

Tabung magnet raksasa ini dapat menampung massa plasma yang sangat besar di atas permukaan matahari, tetapi juga sangat tidak stabil — dan begitu runtuh, mereka dapat meluncurkan semburan angin surya yang disebut coronal mass ejections (CME) yang meluncur ke arah Bumi.

"Filamen panjang seperti ular berguling-guling dari Matahari dalam balet yang menakjubkan," Tamitha Skov, seorang fisikawan cuaca luar angkasa, menulis di Twitter.

"Orientasi magnetik badai matahari yang diarahkan ke Bumi ini akan sulit diprediksi. Kondisi tingkat G2 (mungkin G3) dapat terjadi jika medan magnet badai ini berorientasi ke selatan!"

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Medan Magnet

CME yang dikeluarkan oleh keruntuhan filamen menghantam Bumi dalam waktu dekat.

Di planet yang memiliki medan magnet yang kuat, seperti planet Bumi, medan magnet menyerap rentetan puing-puing matahari dari CME, memicu badai geomagnetik yang kuat.

Selama badai ini, medan magnet bumi dikompresi sedikit oleh gelombang partikel yang sangat energik, yang menetes ke bawah garis medan magnet di dekat kutub dan mengaduk molekul di atmosfer, melepaskan energi dalam bentuk cahaya untuk menciptakan aurora berwarna-warni, mirip dengan aurora yang membentuk Cahaya Utara

3 dari 4 halaman

Bikin Ilmuwan Bingung

Badai matahari yang tak terduga bertepatan dengan puncak penyelarasan lima planet yang sangat langka, di mana Merkurius, Venus, Mars, Jupiter dan Saturnus berbaris di langit dalam urutan kedekatannya dengan matahari (yang belum pernah terjadi sejak 1864).

Astronom amatir di belahan bumi utara mampu menangkap gambar aurora kejutan saat mereka melakukan photobomb pada planet-planet yang tersusun rapi.

Fotografer Harlan Thomas mengambil gambar aurora terang di Calgary, Kanada, yang melintas di langit fajar di depan penyelarasan planet pada 26 Juni. "Wow, bicara tentang kejutan," kata Thomas kepada Spaceweather.com. 

"Aurora menjadi [terlihat oleh] mata telanjang dengan pilar-pilar yang indah," dan berlangsung selama sekitar 5 menit, imbuh Thomas.

4 dari 4 halaman

Dugaan Ilmuwan

Para ilmuwan awalnya menduga coronal mass ejection (CME) menyebabkan badai aneh - sendawa plasma besar dengan medan magnet tertanam yang dikeluarkan dari bintik matahari - tetapi mereka tidak tahu apakah itu terjadi di sisi Bumi atau sisi jauh Bumi.

Namun, para ahli sekarang menyalahkan wilayah interaksi rotasi bersama (CIR) matahari yang jauh lebih jarang; ini adalah "zona transisi antara aliran angin matahari yang bergerak lambat dan cepat."

Zona ini menciptakan penumpukan plasma yang tiba-tiba dapat melepaskan gelombang kejut yang mirip dengan CME tetapi tidak menyebabkan bintik matahari — yang membuatnya lebih sulit untuk dideteksi di permukaan matahari.

Angin matahari yang meledakkan Bumi pada 25 dan 26 Juni mencapai puncaknya sekitar 1,57 juta mil per jam (2,52 juta kilometer per jam), yang konsisten dengan CIR lain di masa lalu.

Badai matahari yang mengejutkan menghantam Bumi kurang dari seminggu setelah bintik matahari raksasa, yang dikenal sebagai AR3038, berukuran dua kali lipat selama periode 24 jam dan mencapai diameter maksimum lebih dari 2,5 kali ukuran Bumi.

Bintik matahari raksasa memicu kekhawatiran CME yang berpotensi merusak menghantam planet kita, tetapi titik itu akhirnya menjauh dari Bumi saat matahari berotasi. Para ilmuwan tidak tahu apakah bintik matahari raksasa dan badai matahari terhubung.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.