Sukses

Dugaan Kasus Pebinor: Elon Musk Dituduh Rebut Istri Sergey Brin

Padahal Sergey Brin pernah membantu Elon Musk di masa-masa sulit.

Liputan6.com, Jakarta - Bos Tesla Elon Musk dituduh selingkuh dengan istri sah dari Sergey Brin, co-founder Google. Cinta terlarang itu berujung pada perceraian Sergey Brin dan istrinya bernama Nicole Shanahan.

Ironisnya, Elon Musk dan Sergey Brin sebetulnya ada hubungan bisnis. Sebelum kaya raya seperti sekarang, Elon Musk sempat kesulitan akibat resesi 2008. 

Dilaporkan New York Post, Senin (25/7/2022), Sergey Brin pernah memberikan dana bantuan sebesar US$ 500 ribu kepada Elon Musk ketika resesi. Dana itu diberikan untuk membantu Tesla dalam hal produksi. 

Elon Musk telah menolak tuduhan merebut bini orang, tetapi Sergey Brin telah mantap mengajukan perceraian kepada Nicole yang ia nikahi pada 2018. Brin juga meminta agar investasi-investasinya di aset Elon Musk agar dijual. 

Berdasarkan data Forbes, kekayaan Elon Musk adalah US$ 253,4 miliar (Rp 3.797 triliun). Sementara, Sergey Brin memiliki US$ 89,9 miliar (Rp 1.347 triliun).

Sergey Brin memang sudah melepas possinya sebagia presiden dari Alphabet, induk dari Google, namun ia tetap anggota direksi. Saat ini, ia disebut fokus mendanai proyek kapal udara berteknologi tinggi.

Elon Musk telah membantah tuduhan selingkuh tersebut dan menyebutnya: "total bs". 

Saat ini, Elon Musk sedang lajang usai berpisah dari musisi Kanada bernama Grimes.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Sosok Sergey Brin

Nama Sergey Brin tengah jadi sorotan media dan publik. Pasalnya, Nicole Shanahan, istri dari salah satu pendiri Google ini diklaim terlibat perselingkuhan dengan bos SpaceX, Elon Musk.

Kabarnya, skandal ini membuat hubungan pertemanan antara Elon Musk dan Sergey Brin retak. Meski begitu, Musk melalui cuitan di Twitter, sudah membantah isu ini. 

Bos Tesla itu dengan tegas mengatakan, pemberitaan tersebut adalah kebohongan besar. Selain itu, ia dan Sergey baru saja berada dalam sebuah pesta.

"Sergey dan saya adalah teman dan kami bersama dalam pesta tadi malam," kata Elon Musk. "Saya hanya ketemu Nicole dua kali dalam tiga tahun, dua-duanya di tengah banyak orang. Tak ada yang romantis."

Tweet Musk itu sendiri menjadi sebuah respon dari cuitan yang berisi artikel tentang isu perselingkuhan Elon Musk dengan istri Sergey Brin, yang ditulis oleh WSJ.

Musk juga kemudian setuju atas sebuah tweet yang berisi cuitannya, tentang datangnya serangan politik yang bertubi-tubi atas dirinya.

"Ya, serangan pembunuhan karakter sudah mencapai level baru tahun ini, tapi artikel ini tidak ada apa-apanya," ujar CEO SpaceX tersebut seraya menambahkan, dia tidak punya waktu untuk mengurus hal-hal semacam itu.

"Tidak satu pun dari orang-orang kunci yang terlibat dalam dugaan pelanggaran ini diwawancara," Musk melanjutkan cuitannya.

Sebagai pendiri Google, nama Sergey Brin tentu tidak asing di dunia industri teknologi. Pria kelahiran Moskow, Rusia, 21 Agustus 1973 ini, sama-sama mendirikan mesin pencari terbesar di dunia bersama Larry Page.

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

3 dari 4 halaman

Mendirikan Google Bersama Larry Page

Mengutip Britannica, Brin dan keluarganya pindah ke Amerika Serikat di 1979. Setelah menerima gelar ilmu komputer dan matematika di University of Maryland pada 1993, ia lalu masuk program pascasarjana di Stanford University.

Di sana, dia bertemu Page. Keduanya sama-sama tertarik dengan gagasan untuk meningkatkan kemampuan mengekstraksi makna dari kumpulan data, yang terkumpul di internet.

Di kamar asrama Page, mereka lalu mulai bekerja untuk merancang jenis teknologi pencarian baru, yang memanfaatkan kemampuan peringkat pengguna Web itu sendiri, dengan melacak "tautan pendukung" setiap situs.

Brin menerima gelar master pada tahun 1995, tetapi ia cuti dari program doktor Stanford untuk terus bekerja di mesin pencarinya.

Di pertengahan 1998, Brin dan Page mulai menerima pembiayaan dari luar dan sukses mengumpulkan sekitar USD 1 juta dari investor, serta dari keluarga dan teman-teman mereka.

Singkat cerita, Google pun mulai berjalan dan pada tahun 2004, Google Inc. secara resmi melakukan initial public offering (IPO) yang menghasilkan lebih dari USD 3,8 miliar dolar untuk Brin.

Di April 2011, Brin melepaskan tugasnya sebagai President of Technology untuk menjadi Director of Special Projects. Pada re-organisasi tahun 2015, perusahaan induk Google, Alphabet dibentuk, dengan Brin sebagai presidennya.

Bulan Desember 2019, Sergey Brin meninggalkan jabatannya di Alphabet. Namun, ia masih terus menjabat sebagai dewan direksi. 

4 dari 4 halaman

Dua Kali Menikah

Di luar urusan Google, Sergey Brin menikah dengan Anne Wojcicki pada tahun 2007, namun bercerai di 2015. Dia lalu menikah dengan Nicole Shanahan, namun memutuskan bercerai pada tahun 2021 lalu.

Bersama Anne, Brin memiliki dua orang anak. Sementara dengan Nicole, Brin memiliki seorang putri yang lahir pada tahun 2018 lalu.

Bloomberg Billionaires Index, hingga artikel ini ditulis, memasukkan Brin di nomor delapan orang terkaya di dunia, di bawah Larry Page dengan kekayaan USD 94,6 triliun.

Sementara Elon Musk, yang kabarnya menjadi penyebab keretakan hubungan Brin dengan Shanahan, masih bertengger di peringkat pertama orang terkaya di dunia.

Mengutip The Verge, seperti Elon Musk, Brin juga dikabarkan sempat tersandung beberapa kasus.

Ia pernah dijuluki sebagai "playboy Google" karena keterlibatan seksualnya dengan karyawan, di mana manajer SDM Heather Cairns menyebut perilakunya sebagai "klaim pelecehan seksual yang menunggu untuk terjadi." 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.