Sukses

Rishi Sunak Janji Bakal Keras Terhadap China Jika Terpilih Jadi Perdana Menteri Inggris

Rishi Sunak mengungkapkan janjinya jika terpilih jadi perdana menteri.

Liputan6.com, London - Rishi Sunak pada Minggu (24 Juli) berjanji untuk bersikap keras terhadap China jika ia menjadi perdana menteri Inggris berikutnya, menyebut negara adidaya Asia itu sebagai "ancaman nomor satu" bagi keamanan domestik dan global.

Dilansir laman Channel News Asia, Senin (25/7/2022), janji mantan menteri keuangan itu muncul setelah saingannya di dua partai terakhir untuk memimpin partai Konservatif yang berkuasa, Liz Truss, menuduhnya lemah di China dan Rusia.

Global Times yang dikelola pemerintah China sebelumnya mengatakan Sunak adalah satu-satunya kandidat dalam kontes dengan "pandangan yang jelas dan pragmatis tentang mengembangkan hubungan Inggris-China".

Usulan Sunak termasuk penutupan semua 30 Institut Konfusius di Inggris, mencegah penyebaran kekuatan lunak pengaruh China melalui program budaya dan bahasa.

Dia juga berjanji untuk "mengusir PKC (Partai Komunis China) dari universitas kami" dengan memaksa lembaga pendidikan tinggi untuk mengungkapkan dana asing lebih dari £50.000 (US$60.000) dan meninjau kemitraan penelitian.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Ancaman China

Agen mata-mata domestik Inggris MI5 akan digunakan untuk membantu memerangi spionase China, dan dia akan berupaya membangun kerja sama internasional "gaya NATO" untuk mengatasi ancaman China di dunia maya.

Dia juga akan mempelajari kasus pelarangan akuisisi aset utama Inggris oleh China, termasuk perusahaan teknologi yang sensitif secara strategis.

Sunak mengklaim bahwa China "mencuri teknologi kami dan menyusup ke universitas kami" di dalam negeri, "menopang" Vladimir Putin di luar negeri dengan membeli minyak Rusia, serta mencoba menggertak tetangga termasuk Taiwan.

Dia mengecam skema "belt and road" global China untuk "membebani negara-negara berkembang dengan utang yang tidak dapat diatasi".

“Mereka menyiksa, menahan, dan mengindoktrinasi rakyat mereka sendiri, termasuk di Xinjiang dan Hong Kong, yang bertentangan dengan hak asasi mereka. Dan mereka terus-menerus mencurangi ekonomi global demi keuntungan mereka dengan menekan mata uang mereka,” tambahnya.

"Cukup sudah. ​​Sudah terlalu lama, politisi di Inggris dan di seluruh Barat telah menggelar karpet merah dan menutup mata terhadap aktivitas dan ambisi jahat China.

3 dari 4 halaman

Rishi Sunak dan Liz Truss Jadi 2 Kandidat Terakhir Sebagai PM Inggris

Mantan Menteri Keuangan Inggris Rishi Sunak dan Menteri Luar Negeri Liz Truss menjadi dua kandidat terakhir untuk memperebutkan posisi sebagai perdana menteri di negara tersebut.

Menteri Perdagangan Internasional Penny Mordaunt tersingkir dalam putaran terakhir pemungutan suara di antara anggota parlemen Konservatif.

Sunak memenangkan 137 suara, Truss 113.

'Kontes' untuk menggantikan Boris Johnson sebagai perdana menteri akan berlangsung di hadapan 200.000 anggota Partai Konservatif yang membayar iuran, yang akan memilih pemenang akhir musim panas ini melalui surat suara. Pemenangnya, yang akan diumumkan pada 5 September, secara otomatis akan menjadi penerus Johnson.

Meskipun Sunak telah memenangkan masing-masing dari lima putaran pemungutan suara oleh anggota parlemen, jajak pendapat YouGov yang diterbitkan pada hari Selasa menunjukkan bahwa ia kurang populer di kalangan akar rumput partai.

Ia diprediksi akan kalah dari Truss, favorit sayap kanan partai tersebut, dalam pertarungan head-to-head.

4 dari 4 halaman

Janji Kandidat

Kedua kandidat telah membuat janji tentang pemotongan pajak karena krisis biaya hidup terus menekan rakyat.

Namun, Sunak menolak janji para pesaingnya tentang pemotongan pajak segera, dengan alasan bahwa inflasi harus dikendalikan terlebih dahulu.

Inflasi di Inggris naik 9,4 persen di bulan Juni, mencapai level tertinggi baru dalam 40 tahun, statistik resmi menunjukkan pada hari Rabu.

Truss, di sisi lain, berjanji untuk mulai memotong pajak sejak hari pertama.

Boris Johnson dipaksa mundur pada 7 Juli usai pejabat pemerintah, yang memprotes kepemimpinannya dilanda skandal. Johnson terus menjabat sebagai perdana menteri sementara sampai ada pemimpin baru menggantikannya.

Johnson, yang meraih kemenangan telak dalam pemilihan umum pada 2019, kehilangan dukungan setelah dia terjebak dalam serangkaian skandal, termasuk skandal Partygate dan skandal Chris Pincher.

Tetapi Johnson mempertahankan rekornya dalam penampilan terakhirnya di Pertanyaan Perdana Menteri di House of Commons pada Rabu sore, tak lama sebelum hasil pemungutan suara diumumkan. Anggota parlemen akan memulai reses musim panas mereka pada Kamis.

Johnson menandatangani pidato perpisahannya dengan mengatakan "Hasta la vista, baby" (Sampai jumpa), sebuah ungkapan terkenal yang digunakan oleh legenda Hollywood Arnold Schwarzenegger dalam film Terminator, memicu spekulasi bahwa ia bertujuan untuk membuat comeback politik.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.