Sukses

Rusia Bantah Negaranya Jadi Penyebab Krisis Pangan Global

Rusia membantah negaranya menyebabkan krisis pangan global, sementara banyak negara menyatakan hal tersebut terjadi akibat invasi.

Liputan6.com, Moskow - Menteri Luar Negeri Rusia, Sergei Lavrov, dalam serangan diplomatik di Mesir, telah menolak klaim bahwa Moskow menyebabkan krisis pangan global.

Dalam pidatonya kepada duta besar Liga Arab di Kairo, dia mengatakan negara-negara Barat memutarbalikkan kebenaran tentang dampak sanksi terhadap ketahanan pangan global.

Dilansir BBC, Senin (25/7/2022), dia menuduh negara-negara Barat mencoba memaksakan dominasi mereka atas orang lain.

Sebagian besar dunia Arab dan Afrika sangat terpengaruh oleh kekurangan biji-bijian yang disebabkan oleh perang Rusia di Ukraina. Kesepakatan penting yang ditandatangani pada hari Jumat untuk melanjutkan ekspor biji-bijian Ukraina tergantung pada keseimbangan setelah Rusia menyerang sasaran di pelabuhan Odesa pada hari Sabtu.

Lavrov akan mengunjungi tiga negara Afrika untuk menggalang dukungan di tengah kemarahan atas perang.Lavrov mengatakan bahwa "agresivitas" negara-negara Barat dalam menjatuhkan sanksi terhadap Rusia menunjukkan satu kesimpulan sederhana: "Ini bukan tentang Ukraina, ini tentang masa depan tatanan dunia.

"Mereka mengatakan setiap orang harus mendukung tatanan dunia berbasis aturan, dan aturan itu ditulis tergantung pada situasi spesifik apa yang ingin diselesaikan Barat demi kepentingannya sendiri."

Sebelumnya, Lavrov mengadakan pembicaraan dengan rekannya dari Mesir, Sameh Shoukry.

Mesir memiliki hubungan yang signifikan dengan Rusia, yang memasok gandum, senjata dan - sampai invasi Ukraina dimulai - sejumlah besar wisatawan.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Dukungan untuk Afrika

Setelah pembicaraannya dengan Shoukry, Lavrov mengatakan pada konferensi pers bersama bahwa Barat memperpanjang konflik meskipun memahami "apa dan siapa yang akan berakhir". Ini adalah tahap pertama bagi Lavrov dari tur singkat ke Afrika di Ethiopia, Uganda dan Kongo-Brazzaville. 

Dalam sebuah artikel yang diterbitkan oleh surat kabar lokal menjelang kunjungannya, Lavrov mengatakan negaranya selalu "secara tulus mendukung orang Afrika dalam perjuangan mereka untuk kebebasan dari belenggu kolonial".

Dia menambahkan bahwa Rusia menghargai "posisi seimbang" Afrika dalam masalah Ukraina.

Ukraina dan Rusia biasanya memasok lebih dari 40% gandum Afrika, kata Bank Pembangunan Afrika.Mesir biasanya merupakan konsumen besar gandum Ukraina. Pada 2019, negara itu mengimpor 3,62 juta ton, lebih banyak dari negara mana pun. Namun dalam artikelnya, Lavrov menolak tuduhan bahwa Rusia "mengekspor kelaparan" dan menyalahkan propaganda Barat.

Dia menambahkan bahwa sanksi Barat yang dikenakan pada Rusia telah memperburuk "kecenderungan negatif" di pasar makanan internasional yang berasal dari pandemi virus corona.

3 dari 4 halaman

Indonesia Bakal Kumpulkan Menteri Pertanian G20 Bahas Ancaman Krisis Pangan Dunia

Pemerintah Indonesia dan Pemerintah Arab Saudi akan mengumpulkan para menteri pertanian negara anggota G20. Tujuannya, meningkatkan koordinasi dengan para menteri keuangan dalam rangka menjajaki tindakan untuk mengatasi kerawanan pangan yang berkembang dan masalah terkait.

Hal ini seperti yang pernah dilakukan dalam presidensi G20 yang saat itu membahas pandemi dengan memanggil para menteri kesehatan.

"Presidensi G20 Indonesia bekerja sama dengan Arab Saudi, dan didukung oleh beberapa anggota G20, serta organisasi internasional mengusulkan seruan untuk aksi global untuk mengatasi kerawanan pangan yang semakin meningkat," kata Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati dalam Seminar Internasional: Global Collaboration for Tackling Food Insecurity, Nusa Dua, Bali, Jumat (15/7/2022).

Sri Mulyani mengatakan dalam mengatasi masalah ini perlu terus menggunakan instrumen dan perangkat kebijakan. Termasuk pembuatan kebijakan fiskal dan kebijakan sektoral yang mengeksplorasi strategi yang bisa mengatasi situasi kerawanan pangan.

Dia berharap dengan pertemuan tersebut bisa menghasilkan langkah konkret seperti pembentukan Dana Perantara Keuangan atau Financial Intermediary Fund (FIF) ketika mengumpulkan para menteri kesehatan dan menteri keuangan negara anggota G20.

"Kami berharap hal yang sama juga dapat dilakukan dengan memperkuat kemampuan kami untuk memobilisasi, tidak hanya pembiayaan, tetapi yang terpenting, koordinasi kebijakan, lintas negara dan didukung oleh organisasi internasional," tuturnya.

4 dari 4 halaman

Dampak Kenaikan Harga Energi

Mantan Direktur Pelaksana Bank Dunia ini menekankan pentingnya masyarakat global dan forum multilateral membahas ancaman krisis pangan yang sudah ada di depan mata. Terutama terkait dampak kenaikan harga energi dan pangan yang sangat berpotensi mengganggu sektor keuangan.

Menurutnya Presidensi G20 bisa mengambil peran utama dengan mengembangkan tindakan nyata. Semangat gotong royong, dan multikulturalisme yang kuat diyakininya bisa menghasilkan s cara dan mengatasi masalah ini secara efektif.

"Bersama-sama, kita bisa membuat dunia lebih baik, dan kita masih terus memiliki harapan dan optimisme bahwa dunia bisa pulih bersama, pulih lebih kuat, terima kasih banyak," kata dia mengakhiri.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.