Sukses

6 Pertanda Bahwa Tubuh Anda Kekurangan Vitamin D

Tanda yang menunjukkan bahwa tubuh Anda kekurangan vitamin D.

Liputan6.com, Jakarta - Sekitar 1 miliar orang di seluruh dunia diperkirakan mengalami kekurangan vitamin D.

Kekurangan ini dapat menyebabkan banyak masalah kesehatan yang biasanya membutuhkan perhatian segera.

Tentu saja, gejala-gejala ini tidak hanya disebabkan oleh kekurangan vitamin D, tetapi juga bisa menjadi salah satu dari banyak alasan.

Apapun masalahnya, Anda harus selalu berkonsultasi dengan dokter Anda jika Anda merasa memiliki salah satu gejala berikut:

1. Rambut rontok atau menipis

Vitamin D sangat penting untuk sel-sel kulit yang memproses keratin, protein yang dibutuhkan untuk pertumbuhan rambut dan kuku kita. Jadi, ketika jumlahnya tidak cukup, keratin tidak diproduksi pada tingkat yang dibutuhkan dan rambut kita menderita.

Faktanya, kekurangan vitamin D sering dikaitkan dengan alopecia dan penipisan rambut pada pria dan wanita.

Ada banyak penelitian yang menyimpulkan dengan hasil yang sama, yang berarti bahwa perubahan dalam pola makan kita diperlukan.

2. Susah tidur

Vitamin ini memainkan peran yang sangat penting dalam memiliki pola tidur yang baik.

Penelitian telah menunjukkan bahwa memiliki kekurangan di dalamnya dapat menyebabkan insomnia, gangguan tidur, kurang tidur restoratif, dan lebih sedikit jam tidur.

Pada beberapa orang, bahkan dapat menyebabkan sleep apnea, di mana pernapasan seseorang tidak diatur dan mengganggu tidur mereka sepanjang malam.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

3. Lebih sering sakit

Salah satu pelindung yang dapat dimiliki tubuh dan sistem kekebalan Anda sebagai pertahanan terhadap penyakit dan virus adalah vitamin D.

Jadi, ketika tubuh Anda kekurangan vitamin ini, Anda akan lebih mudah tertular virus dan sering sakit. Pilek, bronkitis, dan pneumonia dapat terjadi jauh lebih mudah jika vitamin D tidak ada.

Dengan kata lain, vitamin ini sangat penting untuk sistem pernapasan dan menjaga kesehatannya.

4. Nyeri tulang dan sendi

Penelitian telah menunjukkan bagaimana kekurangan vitamin D meningkatkan kemungkinan terkena rheumatoid arthritis di kemudian hari.

Hal ini karena membantu menjaga massa tulang dalam tubuh kita dengan membantu penyerapan kalsium.

Tinjauan ilmiah lain menunjukkan bahwa orang yang menderita nyeri otot kronis dan masalah terkait tulang lainnya cenderung memiliki kadar vitamin D yang lebih rendah.

3 dari 4 halaman

5. Merasa lelah sepanjang waktu

Kelelahan dapat memiliki banyak penyebab, termasuk stres, kecemasan, depresi, dan kekurangan vitamin D.

Satu studi, yang diikuti oleh 480 orang dengan defisiensi ini, menunjukkan bahwa mereka semua mengalami kelelahan. Ini karena tulang dan otot yang lebih lemah dapat menyebabkan seluruh tubuh Anda merasa lebih lelah. Memperbaiki pola makan dan mulai mengonsumsi suplemen dapat berhasil mengembalikan energi yang hilang.

4 dari 4 halaman

6. Penyembuhan luka lebih lama

Diketahui bahwa penderita diabetes mengalami kesulitan dalam menyembuhkan lukanya, tetapi jika Anda tidak mengalaminya, maka mungkin Anda mengalami kekurangan vitamin D. Telah terbukti bahwa vitamin ini dapat mengatur faktor pertumbuhan jaringan baru.

Juga, dalam satu penelitian, ditunjukkan bahwa orang dengan borok kaki lebih mungkin menderita kekurangan vitamin.

Dalam kasus yang lebih sederhana, Anda mungkin memperhatikan bahwa luka ringan membutuhkan waktu lama untuk sembuh, yang bisa berarti Anda kekurangan vitamin.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.