Sukses

Oseng Tempe Menuai Sensasi di Frankfurt Jerman

Oseng tempe menjadi menu yang paling dicari di acara KJRI Frankfurt.

Liputan6.com, Frankfurt - Oseng tempe menjadi menu yang membuat penasaran orang-orang Jerman di acara KJRI Frankfurt. Acara masak itu digelar untuk meningkatkan daya tarik pariwisata ke Indonesia. 

Dilaporkan situs Kemlu RI, Kamis (21/7/2022), acara itu merupakan kolaborasi KJRI Frankfurt dengan Visit Indonesia Tourism Office (VITO) melaksanakan acara promosi kuliner dan pariwisata Indonesia di Wisma Konsul Jenderal RI Frankfurt (19/07/2022). Kegiatan yang bertema "Indonesien Abend mit Kochkurs" dihadiri oleh lebih dari 20 travel agents dan tour operators di wilayah kerja KJRI Frankfurt. 

Acara diawali sesi networking yang dilanjutkan dengan sambutan dari perwakilan VITO oleh. Dorothea Hohn serta welcome remarks oleh Konjen RI Frankfurt, Acep Somantri. Dalam kesempatan tersebut, Konjen RI Frankfurt menyampaikan perkembangan pariwisata Indonesia pada periode 2021-2022 yang cukup signifikan jika dibandingkan dengan negara-negara lainnya di wilayah Asia Pasifik maupun Asia Tenggara, perkembangan vaksinasi di Indonesia, serta penerapan kebijakan relaksasi bagi wisatawan mancanegara.

Lebih lanjut, Konjen RI Frankfurt menyampaikan pula mengenai rencana penyelenggaraan Indonesia Festival Frankfurt (IFF) pada 16 – 18 September 2022 di Titus Forum, Nordwestzentrum dalam rangka 70 tahun hubungan diplomatik Indonesia - Jerman. Salah satu kegiatan IFF adalah Forum Pariwisata yang akan diselenggarakan pada 16 September 2022 dan akan turut mengundang para pelaku pariwisata terkait, termasuk wakil dari beberapa pemerintah daerah di Indonesia.

Presentasi dibawakan oleh dua pembicara dari VITO yaitu Ulrike Hahn dan Eva Henss yang menyampaikan detail teknis mengenai ketentuan terbaru bagi wisatawan asing yang akan masuk ke Indonesia maupun yang berencana untuk melakukan perjalanan domestik selama di Indonesia. Secara umum disampaikan juga bahwa berdasarkan peta zonasi risiko Satgas Penanganan COVID-19, pandemi di Indonesia masih terkendali (risiko rendah/kuning) bahkan di banyak daerah masuk dalam kategori aman (hijau).

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Home Cooking

Acara dilanjutkan dengan demo memasak sajian home cooking Indonesia dengan menu pilihan Oseng Tempe. Tempe dari Indonesia merupakan panganan dengan kandungan nutrisi tinggi yang kiprahnya sudah mendunia.

Sajian otentik Nusantara ini juga dirasa pas dengan suasana musim panas yang sedang berlangsung di Jerman. Selain itu, hidangan yang dibuat juga cocok dengan pola hidup vegetarian yang sekarang semakin banyak diadopsi oleh masyarakat Jerman.

Kegiatan promosi pariwisata Indonesia yang disampaikan dalam bentuk cooking event ini berjalan lancar dan mendapatkan respon positif dari para tamu undangan. Hal ini ditunjukkan oleh antusiasme para pesertanya ketika mengikuti paparan presentasi dengan menyampaikan pertanyaan-pertanyaan maupun ketika mempersiapkan dan mengolah bersama bahan-bahan masakan yang disiapkan.

Diharapkan acara serupa dapat berkontribusi dalam peningkatan awareness masyarakat Jerman terhadap pariwisata, kuliner dan berbagai produk unggulan Indonesia.

3 dari 4 halaman

Pesan Sandiaga Uno ke Para Delegasi W20 Summit: Kabarkan Keindahan Danau Toba

Salah satu andalan destinasi wisata di Indonesia untuk turis asing adalah Danau Toba. 

Sebelumnya dilaporkan, pertemuan Women Twenty (W20) Summit yang dihadiri para delegasi perempuan dari 16 negara resmi berlangsung pada Selasa (19/7/2022) di Hotel Niagara, Parapat, Kabupaten Simalungun, Sumatera Utara (Sumut).

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno mengharapkan para delegasi yang hadir pada acara W20 Summit di Danau Toba bisa mengabarkan ke negaranya masing-masing tentang keindahan danau terluas di Asia Tenggara.

"Saya harapan para delegasi W20 bisa mengabarkan ke negaranya bahwa Danau Toba adalah destinasi yang memiliki keindahan alam dan kerberagaman budaya," kata Sandiaga.

 

Menurut Sandiaga, para delegasi yang datang ke acara W20 di Danau Toba sebagai tamu, dan setelah pulang dianggap sebagai keluarga. Para delegasi ini akan menceritakan keindahan Danau Toba, dan mengajak keluarganya untuk kembali.

"Sesuai dengan target kita, menciptakan pariwisata lebih berkualitas dan berkelanjutan lingkungan," ucapnya.

4 dari 4 halaman

Sampaikan Sejumlah Pesan

Sandiaga juga menyampaikan sejumlah pesan terkait Danau Toba, pertama mengenai pembangunan destinasi super prioritas yang terus ditingkatkan dengan beberapa terobosan, seperti komitmen penerbangan langsung dari beberapa maskapai.

"Seperti Air Asia, sudah berkomitmen menambah penerbangan ke Bandara Kualanamu dan Silangit. Juga beberapa maskapai lainnya yang menyampaikan akan menambah," sebutnya.

Kemudian yang kedua terkait pembangunan dari beberapa akomodasi, seperti hotel yang terus ditingkatkan, dan ada juga komitmen dari beberapa pihak. Dikatakan Sandiaga, pihaknya ingin segera dilakukan, apalagi tahun depan F1 H20 menjadi event berskala iternasional.

"Event ini tentunya juga menarik wisatawan, menciptakan lapangan kerja, khususnya untuk kebangkitan ekonomi di Danau Toba," terangnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.