Sukses

Tabur Garam di Siput, Ini yang Akan Terjadi

Jadi, apakah garam juga memiliki efek yang sama pada siput? Jika ya, bagaimana hal ini terjadi?

Liputan6.com, Jakarta - Sudah jadi rahasia umum garam begitu dimuliakan dalam film, terutama genre horor. Saat pendeta membacakan mantra, kemudian menggunakan garam yang diberkati untuk melakukan eksorsisme alias pengusiran roh jahat dalam tubuh.

Tidak hanya di film, tapi garam juga bisa melakukan eksorsisme dengan mengeluarkan jiwa (dalam hal ini, air) dari sebagian besar organisme. Akibatnya, tanaman atau makhluk itu menghilang alias mati.

Jadi, apakah garam juga memiliki efek yang sama pada siput? Jika ya, bagaimana hal ini terjadi?

Garam adalah pembunuh alami untuk siput. Mengapa demikian? Coba saja taruh sejumlah garam dan perhatikan apa yang terjadi.

Mengutip urbanfishkeeping.com, Kamis (21/7/2022), garam akan mengeringkan tubuh siput dan mengalirkan air dari kulitnya melalui proses yang biasa dikenal sebagai efek osmosis.

Siput sangat bergantung pada air. Inilah sebabnya mengapa mereka tampaknya muncul entah dari mana selama musim hujan.

Ketergantungan mereka yang berlebihan pada air adalah alasan di balik kerentanan mereka terhadap unsur-unsur dehidrasi, seperti garam natrium klorida.

Namun, penjelasan di balik kematian siput dengan menaburkan garam jauh lebih dalam dari itu.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Penjelasan Lebih Lanjut

Meskipun tidak ada keraguan bahwa osmosis karena paparan garam membuat tubuh siput dehidrasi, butuh waktu untuk bereaksi. Tapi, ketika kita menaburkan garam ke tubuh siput, kok bisa langsung meleleh?

Ada keseimbangan internal di setiap sel antara ion natrium (Na+) dan klorida (Cl-) di setiap organisme. Kedua ion ini memiliki peran unggulan dalam cara kerja sistem siput juga.

Ini mungkin mengejutkan Anda, tetapi ada pompa khusus di dalam membran sel untuk memindahkan ion natrium dan klorida masuk dan keluar untuk mempertahankan aliran stasis.

Dan ketika kelebihan garam (NaCl) dibuang ke siput, keseimbangan ion langsung terganggu.

Dengan paparan berlebihan terhadap NaCl sebanyak itu, efektivitas pompa unik itu goyah. Jadi sekarang, ada gelombang tinggi konsentrasi racun di dalam sel siput.

Untuk mengatasi toksisitas ini, tubuh siput tanpa sadar akan menghasilkan lendir dalam jumlah banyak untuk menjebak garam dan membuangnya dari tubuhnya.

Namun untuk menghasilkan lendir dalam jumlah yang banyak, bekicot akan menggunakan semua air yang ada di dalam tubuhnya, sehingga terjadi dehidrasi yang cepat.

Untuk menambahkan garam ke lukanya, garam ionik mudah larut dalam lendir dan memperpanjang efeknya.

Akhirnya, tidak akan ada air yang tersisa di tubuhnya, dan siput yang mengalami dehidrasi akan menyusut dan langsung mati.

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

3 dari 4 halaman

13 Hal Tak Terduga dari Penggunaan Garam, Pembersih Noda hingga Anti-Kutu

Umat ​​manusia telah menggunakan garam selama berabad-abad, dalam perjalanannya kita telah mengumpulkan banyak kegunaan (beberapa berspekulasi ribuan) untuk zat yang menakjubkan ini—penggunaan yang jauh lebih dari sekadar bumbu.

Berikut adalah beberapa kegunaan garam yang lebih praktis dan tak terduga, dikutip dari situs Today.com, Rabu (20/7/2022):

1. Membersihkan Telur Pecah

Jika telur pecah di lantai dapur, taburkan garam di atasnya dan biarkan selama 20 menit. Anda akan dapat membersihkannya dengan mudah.

2. Menenangkan Sengatan Lebah

Basahi sengatan segera, lalu tutupi dengan garam. Anda akan merasa lebih baik setelahnya.

3. Bersihkan Tumpahan Makanan di Oven

Jika makanan mendidih di bagian atas oven, taburkan garam di atasnya untuk menghentikan pembentukan asap dan bau. Saat oven dingin, noda akan mudah dibersihkan.

4. Tes Telur Busuk

Masukkan telur ke dalam secangkir air yang telah Anda tambahkan dua sendok teh garam. Telur segar akan tenggelam, tetapi telur yang rapuh akan mengapung.

5. Mengusir Kutu

Cuci rumah anjing dengan larutan air dan garam agar bebas kutu.

6. Bunuh Rumput Liar di Celah Semen atau Batu Teras

Taburkan garam di rumput dan tuangkan air yang sangat panas di atasnya. Atau taburkan garam kasar pada rerumputan, diamkan sepanjang hari atau semalaman, lalu tuangkan air keran panas di atasnya.

Selengkapnya di sini...

4 dari 4 halaman

3 Hal yang Akan Terjadi Jika Anda Menaruh Garam di Setiap Pojok Rumah

Bagi sebagian besar ibu rumah tangga, garam adalah salah satu bumbu dapur penting yang harus ada di dapur. Ketidakhadiran senyawa kristalin NaCl dalam masakan yang dibuat bisa menjadikan rasa makanan hambar.

Kini, ada banyak varian garam di dunia, tergantung dari bentuk, warna dan kandungannya. Contoh, garam dapur, garam kosher, garam laut, garam Himalaya, garam Celtic, kala namak, dan crystalline sea salt.

Namun, yang paling umum dimanfaatkan adalah garam laut. Garam laut dihasilkan dari penguapan air laut. Jenis garam ini memiliki banyak kegunaan, di antaranya sebagai bumbu masak dan kosmetika. 

Dikutip dari laman Fengshuidana.com, Jumat (11/11/2019), untuk membersihkan ruangan Anda dari energi-energi negatif, konon bisa didapat dengan meletakkan garam laut di setiap sudut rumah.

Semangkuk kecil garam laut dipercaya mampu menyedot energi negatif yang tak dibutuhkan tubuh. Semakin banyak Anda menabur garam laut di tiap pojok ruangan rumah, maka semakin besar pula pusaran energi positif di sekitar tempat tinggal Anda.

Salah satu cara sederhana yaitu cukup taburi garam laut di atas karpet, setelah sekitar satu jam, bersihkan dengan vacuum cleaner atau penyedot debu. Sebagai alternatif lain, Anda bisa menaruh semangkuk garam laut di sudut ruangan, diamkan beberapa jam, lalu angkat.

Kristal garam diyakini punya kemampuan alami yang luar biasa untuk menyerap energi negatif di dalam rumah. Tak hanya itu, khasiat garam laut juga bisa didapatkan dengan tiga cara ini:

Selengkapnya klik di sini...

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.