Tinggalkan Juventus, Matthijs de Ligt Resmi Pindah ke Bayern Munchen

Oleh Benedikta Miranti T.V pada 21 Jul 2022, 11:08 WIB
Diperbarui 21 Jul 2022, 11:48 WIB
Matthijs de Ligt
Perbesar
Matthijs de Ligt beraksi dalam laga pramusim Bayern Munchen melawan DC United, Kamis (21/7/2022). (AP/Nick Wass)

Liputan6.com, Munchen - FC Bayern telah menandatangani bek Matthijs de Ligt dari juara rekor Italia Juventus. Pemain internasional Belanda berusia 22 tahun itu telah menyepakati kontrak hingga 30 Juni 2027.

Presiden FC Bayern juga memiliki harapan besar terhadap de Ligt di timnya.

"Matthijs de Ligt adalah target utama kami. Dengan pemain seperti ini, tujuan besar yang kami miliki dapat tercapai. Wajah masa depan tim kami semakin terbentuk, dan transfer ini merupakan bangunan penting menghalangi konsep keseluruhan yang kami terapkan secara bertahap. De Ligt harus menjadi andalan di FC Bayern," ujar Herbert Hainer, selaku presiden FC Bayern.

De Ligt bergabung dengan akademi Ajax pada usia sembilan tahun dan melakukan debut profesionalnya untuk juara rekor Belanda pada tahun 2016 pada usia 17 tahun, mencetak gol pertamanya di pertandingan yang sama.

Secara umum de Ligt telah menjadi starter awal: antara lain dia kapten termuda dalam sejarah Ajax hingga saat ini dan debutan termuda untuk tim nasional Belanda sejak 1945. Pada 2019, setelah total 117 penampilan kompetitif (13 gol), dia merayakan gelar ganda liga dan piala bersama Ajax sebelum bergabung dengan Juventus di Serie A.

Dia mengangkat satu gelar liga, satu piala dan satu Piala Super Italia bersama Juve.

Dia pindah ke Bayern setelah 117 penampilan dan delapan gol di semua kompetisi. Di level internasional, de Ligt memiliki 38 caps senior untuk Belanda dan dua gol.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.


Disambut Baik

Foto: Debut Manis Sadio Mane dan Matthijs de Ligt, Bayern Munchen Pesta Gol ke Gawang DC United
Perbesar
De Ligt tak ketinggalan mencatatkan namanya di papan skor di awal babak kedua. Pemain asal Belanda itu melepaskan sepakan voli kaki kiri ke pojok atas gawang DC United. (Tim Nwachukwu/Getty Images/AFP)

Kepindahan de Ligt juga disambut baik oleh banyak pihak, termasuk CEO dan anggota dewan FC Bayern.

"Matthijs de Ligt telah mengesankan di level internasional tertinggi, tidak hanya dengan kualitas teknisnya tetapi juga sebagai karakter yang memimpin di semua timnya. Di usianya yang masih muda dia sudah belajar tentang mengambil tanggung jawab. Seorang yang kuat tim tidak hanya membutuhkan serangan yang kuat, dan dengan penandatanganan ini kami benar-benar meningkatkan pertahanan kami ke level teratas," ujar Oliver Kahn, CEO FC Bayern.

Sementara itu, anggota dewan FC Bayern mengaku sudah ingin melibatkan de Ligt sejak lama.

"Saya sangat senang bahwa Matthijs de Ligt akan bermain untuk FC Bayern di masa depan. Kami ingin membawa Matthijs ke Munich tiga tahun lalu; kami sudah yakin dengan kualitasnya sebagai seorang bek saat itu, dan hari ini kami bahkan lebih. Dengan profesionalismenya, rasa laparnya, dan karakternya yang luar biasa, Matthijs cocok dengan tim kami dan ambisi kami. Dia akan mengambil peran penting di FC Bayern di dalam dan di luar lapangan . Dia sudah menjadi pemimpin sebagai pemain muda di Ajax, dan pada usia 22 dia masih mampu berkembang di level tinggi saat ini," ujar Hasan Salihamidzic, anggota dewan FC Bayern untuk olahraga.


Nilai Transfer

Foto: Debut Manis Sadio Mane dan Matthijs de Ligt, Bayern Munchen Pesta Gol ke Gawang DC United
Perbesar
Bayern Munchen selanjutnya akan menghadapi Manchester City pada 23 Juli dalam ajang Audi Summer Tour. (Tim Nwachukwu/Getty Images/AFP)

Tidak mudah mendapatkan tanda tangan De Ligt. Sebab Juventus awalnya ngotot meminta 90 sampai 100  100 juta euro sebagai mahar transfer mantan pemain Ajax Amsterdam itu.

Munchen tentu keberatan memenuhi permintaan Juve. Apalagi Die Rotten begitu yakin bisa mendapatkan jasa De Ligt lebih murah karena sang pemain sudah sepakat bergabung. Sebelumnya, De Ligt telah menolak pinangan klub Liga Inggris, Chelsea demi ambisinya memperkuat FC Hollywood musim depan. 

Negosiasi kembali bergulir setelah Juventus mulai melunak. Seperti dilansir dari Sky Sports, Munchen pun menebusnya dengan harga 70 juta euro atau setara Rp 1 Triliun, plus tambahan lain sebesar 10 juta euro.

Kepindahan Robert Lewandowski belakangan ikut membantu Bayern Munchen dalam perburuan ini. Seperti diketahui, pemain asal Polandia itu telah resmi bergabung dengan Barcelona. Penjualan Lewandowski yang diperkirakan mencapai 42,5 juta pound sterling memberi tambahan amunisi dalam memboyong De Ligt.  

Kesepakatan dengan Bayern Munchen sekaligus menutup ambisi Chelsea. Padahal The Blues sempat menjadikannya prioritas untuk menggantikan posisi Antonio Rudiger dan Andreas Christensen yang baru saja pergi dengan status bebas transfer. Sebagai gantinya, Chelsea pun memboyong Kalidou Koulibaly.


Kiprah di Juventus

Foto: Debut Manis Sadio Mane dan Matthijs de Ligt, Bayern Munchen Pesta Gol ke Gawang DC United
Perbesar
Kedua pemain yang baru diboyong musim ini berhasil menyumbang gol dalam kemenangan telak Die Roten dengan skor 6-2. (AP/Nick Wass)

De Ligt sebenarnya terbilang pemain vital di Juventus. Dia menghabiskan tiga musim di Turin usai diboyong dari Ajax Amsterdam dan memenangkan satu gelar Serie A serta satu Coppa Italia.

Kepergian De Ligt akan membuat Juventus mengandalkan mantan kuli bangunan Federico Gatti yang direkrut dari Frosinone. Gatti akan mendampingi trio Leonardo Bonucci, Danilo dan Daniele Rugani.  

Sementara itu, Bayern Munchen akhirnya melepas striker andalannya, Robert Lewandowski ke Barcelona. Pemain asal Polandia itu telah bergabung dengan Blaugrana yang saat ini tur pramusim di Miami, AS. 

Lewandowski yang sudah tidak kerasan di Bayern Munchen sangat antusias menyambut kesepakatan tersebut. Dalam wawancara dengan media resmi Barcelona, mantan pemain Borussia Dortmund itu mengaku siap mengembalikan kejayaan Barcelona yang memudar beberapa tahun belakangan. 

"Saya akhirnya di sini. Sangat senang telah menandatangani kontrak dengan Barcelona dan berada di sini. Beberapa hari terakhir sangat lama bagi saya, tetapi pada akhirnya kesepakatan ditutup," katanya.

"Sekarang saya bisa fokus pada babak baru dalam hidup saya dan tantangan baru. Saya datang ke klub yang tepat tidak hanya untuk memenangkan pertandingan tetapi juga gelar," beber Lewandowski.   

Infografis Negara Pertama Suntik Vaksin Covid-19, Inggris atau China? (Liputan6.com/Trieyasni)
Perbesar
Infografis Negara Pertama Suntik Vaksin Covid-19, Inggris atau China? (Liputan6.com/Trieyasni)
Lanjutkan Membaca ↓

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya