Sukses

Suhu Gelombang Panas Tembus 47 Derajat Celcius, 1.000 Orang di Portugal dan Spanyol Meninggal

Gelombang panas yang membakar sebagian besar Semenanjung Iberia sejak pekan lalu telah menewaskan sedikitnya 1.000 orang di Portugal dan Spanyol.

Liputan6.com, Iberia - Gelombang panas yang membakar sebagian besar Semenanjung Iberia sejak pekan lalu telah menewaskan sedikitnya 1.000 orang di Portugal dan Spanyol, menurut BNO News yang dikutip Rabu (20/7/2022).

Mayoritas kematian ini terjadi di Portugal, di mana 659 kematian tercatat pekan lalu, menurut Direktorat Jenderal Kesehatan. Setidaknya 368 kematian terjadi di negara tetangga Spanyol dalam periode waktu yang sama.

Pada 10 Juli, hari pertama gelombang panas, 15 kematian terkait panas tercatat di Spanyol. Sejak itu, jumlah kematian harian meningkat setiap hari di Spanyol dan Portugal karena suhu melebihi 100 derajat Fahrenheit (38 derajat Celcius) setiap hari.

Bandara Adolfo Suárez Madrid-Barajas mencapai 108 derajat Fahrenheit (42,2 derajat Celcius) pada hari Kamis lalu, yang memecahkan rekor suhu tertinggi yang pernah tercatat di bulan Juli.

Suhu 116,6 derajat Fahrenheit (47 derajat Celcius) yang tercatat di Pinhão, Portugal, pada Kamis, 14 Juli, memecahkan rekor suhu tertinggi yang pernah tercatat di negara itu pada bulan Juli, menurut badan meteorologi Portugal, Instituto Português do Mar e da Atmosfera. Rekor Juli sebelumnya di negara itu mencapai 115,7 derajat Fahrenheit (46,5 derajat Celcius) yang ditetapkan di Amareleja pada tahun 1995.

Pada hari Minggu, Kota Bilbao, yang terletak di utara Spanyol, mencatat rekor sepanjang masa saat negara itu terus mendesis. Merkuri tertinggi yang pernah naik untuk kota adalah 108 derajat Fahrenheit (42 derajat Celcius) pada 26 Juli 1947. Pada Minggu sore waktu setempat, suhu sudah naik ke 108 derajat Fahrenheit (42 derajat Celcius) dan jadi rekor sepanjang masa.

Gelombang panas ini diperkirakan akan meluas ke seluruh Eropa hingga minggu ini dan berpotensi hingga akhir bulan untuk beberapa daerah.

"Ada kekhawatiran bahwa panas ini bisa menjadi gelombang panas berdurasi panjang (20 hari atau lebih) untuk banyak lokasi dari Portugal ke Prancis tengah dan bagian dalam Eropa tenggara karena bisa berlangsung selama sisa Juli dan berlanjut hingga Agustus," Ahli Meteorologi Senior AccuWeather Tyler Roys mengatakan.

Kondisi ini termasuk lembah Hongaria, Kroasia timur, Bosnia timur, Serbia, Rumania selatan, dan Bulgaria utara.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Dikhawatirkan Jadi Gelombang Panas Terburuk di Eropa Sejak 1757

Tingkat keparahan panas bisa menyaingi gelombang panas 2003 ketika lebih dari 30.000 orang kehilangan nyawa, baik secara langsung maupun tidak langsung, karena panas, menurut Roys. Dia menambahkan bahwa ini bisa menjadi salah satu gelombang panas terburuk di Eropa sejak 1757.

Sumber udara yang sangat hangat adalah Gurun Sahara Afrika dengan panas yang diproyeksikan meluas lebih jauh ke utara dan timur setiap hari, mencapai Belgia, Belanda, Jerman, dan Inggris awal pekan ini.

"Rekor sepanjang masa Juli berisiko didekati, sama, atau bahkan dipecahkan di seluruh Irlandia dan Inggris," kata Roys. "Ini termasuk kota-kota individu seperti Birmingham, Dublin, Manchester dan York."

Pada hari Jumat, 15 Juli, Met Office Inggris mengeluarkan peringatan panas ekstrem level merah pertama untuk hari Senin dan Selasa, ketika panas luar biasa diperkirakan akan terjadi dan membawa "dampak luas pada manusia dan infrastruktur."

Para pejabat mengatakan bahwa selama darurat gelombang panas nasional yang pertama kali digunakan ini, "penyakit dan kematian dapat terjadi di antara yang sehat dan bugar - dan tidak hanya pada kelompok berisiko tinggi."

Rekor tertinggi baru sepanjang masa dapat terjadi di Inggris selama puncak panas yang belum pernah terjadi sebelumnya. Rekor saat ini di negara ini adalah 102 derajat Fahrenheit (38,7 derajat Celcius), yang ditetapkan di Cambridge Botanica Garden pada 25 Juli 2019. Warga London dapat mengalami suhu mendekati capaian itu selama puncak panas di awal minggu.

 

3 dari 4 halaman

Suhu di Death Valley Salah Satu Tempat Terpanas Bumi Bakal Landa Spanyol-Portugal?

Di Paris, suhu awal minggu ini bisa mencapai lebih tinggi satu atau dua derajat dari 104 derajat Fahrenheit (40 derajat Celcius). Ketika suhu mencapai wilayah ini selama gelombang panas pada 2019, para pejabat mengizinkan warga Paris untuk mendinginkan diri di Air Mancur Trocadero dekat Menara Eiffel. Langkah ini juga bisa dilakukan lagi dalam beberapa hari mendatang.

Peserta dan penonton Tour de France juga harus bersiap menghadapi suhu tinggi yang tidak normal saat tur melintasi Prancis selatan setelah meninggalkan Pegunungan Alpen. Penonton yang berbaris di jalan harus mengambil tindakan pencegahan yang tepat untuk menghindari penyakit yang berhubungan dengan panas, terutama ketika jalan ditutup untuk pengendara sepeda karena penutupan sementara dapat membatasi akses ke beberapa fasilitas kesehatan, kata para ahli.

Temperatur ekstrem membuat ribuan petugas pemadam kebakaran bekerja untuk memperlambat amukan api di Portugal, Spanyol, dan Prancis menjadi lebih menantang.

Pada hari Jumat sebelumnya, pilot pesawat pemadam kebakaran meninggal ketika pesawatnya jatuh selama operasi pemadam kebakaran di timur laut Portugal, dekat perbatasan negara itu dengan Spanyol, menurut Associated Press (AP).

Pada hari Sabtu, lebih dari 12.000 orang telah dievakuasi di barat daya Prancis dekat kota Landiras dan La Teste-de-Buch di wilayah Gironde karena kebakaran hutan yang tidak terkendali, Reuters melaporkan.

Suhu yang lebih umum terjadi di Death Valley, California -- yang disebut-sebut sebagai salah satu tempat terpanas di Bumi -- akan mungkin terjadi di Portugal timur dan Spanyol barat dan selatan selama puncak musim panas. Suhu biasanya mendekati 118 derajat Fahrenheit (48 derajat Celcius) di Death Valley.

4 dari 4 halaman

Suhu Akan Tetap Tinggi Hingga Akhir Pekan Ini

Sedikit lokasi yang mendapatkan pendinginan alaminya saat malam.

"Banyak tempat yang suhunya tidak turun terlalu banyak di malam hari," kata Ahli Meteorologi Senior AccuWeather, Tony Zartman. "Suhu yang meningkat di malam hari mencegah tubuh pulih dari stres akibat panas di siang hari. Tanpa pemulihan ini, risiko sengatan panas menjadi jauh lebih besar."

Gelombang panas yang meluas diperkirakan tidak akan mereda dalam waktu dekat dengan suhu tetap di atas rata-rata sepanjang minggu ini di sebagian besar Eropa, meskipun bagian utara benua akan mendingin pada pertengahan hingga akhir minggu ini.

Gelombang panas jangka panjang jarang terjadi di Eropa, tetapi tidak pernah terdengar.

"Selama 25 tahun terakhir, hanya ada tiga gelombang panas berdurasi panjang yang berdampak pada sebagian Eropa: 2003 (Eropa barat dan tengah, 32 hari), 2006 (Eropa barat dan utara-tengah, 35 hari) dan 2021 (Italia dan Eropa Tenggara, 21 hari)," jelas Roys. Musim panas lalu juga merupakan rekor terpanas di Eropa.

Musim panas yang berkepanjangan juga dapat berdampak pada ekonomi lokal, termasuk pertanian.

"Tanah di seluruh Portugal hingga Jerman sedang dalam proses cepat kehilangan kelembapan apa pun yang dikandungnya," kata Roys. "Pengeringan ini diperkirakan tidak akan berhenti tetapi hanya meningkat selama durasi gelombang panas karena sedikit atau tidak ada curah hujan yang diharapkan di sebagian besar wilayah."

Konsekuensi dari ini mungkin tidak sepenuhnya terwujud sampai panen musim gugur.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.