Sukses

Putin Bertemu Erdogan dan Pemimpin Iran, Ada Pasokan Drone Baru untuk Perangi Ukraina?

Presiden Rusia Vladimir Putin tiba di Iran pada Selasa 19 Juli 2022 waktu setempat, untuk perjalanan internasional pertamanya di luar perbatasan bekas Uni Soviet sejak meluncurkan invasi ke Ukraina.

Liputan6.com, Teheran - Presiden Rusia Vladimir Putin tiba di Iran pada Selasa 19 Juli 2022 waktu setempat, untuk perjalanan internasional pertamanya di luar perbatasan bekas Uni Soviet sejak meluncurkan invasi ke Ukraina, yang secara efektif memutuskan hubungan dengan Barat.

Putin bertemu dengan Presiden Iran Ebrahim Raisi di Teheran, dan dengan Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan. Dia juga bertemu dengan Pemimpin Tertinggi Iran Ayatollah Khamenei pada hari Selasa itu.

"Saya sangat senang berada di tanah Iran yang ramah ... Kami dapat membanggakan angka rekor dalam hal pertumbuhan perdagangan," kata Putin dalam pertemuan bilateral dengan Raisi seperti dikutip dari CNN, Rabu (20/7/2022).

"Kami memperkuat kerja sama kami dalam masalah keamanan internasional, memberikan kontribusi yang signifikan bagi penyelesaian konflik Suriah," imbuh Putin.

Raisi juga memuji komitmen "signifikan" untuk kerja sama keamanan antara kedua negara, dengan mengatakan kedua negara memiliki "pengalaman yang baik" dalam memerangi terorisme.

Juga pada hari Selasa, perusahaan minyak nasional Iran menandatangani perjanjian $ 40 miliar dengan perusahaan gas milik negara Rusia Gazprom, menurut sebuah pernyataan dari Shana, kantor berita untuk kementerian perminyakan Iran.

Kesepakatan itu mencakup pengembangan ladang gas Iran dan pembangunan jaringan pipa ekspor gas baru.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Iran Puji Kerja Sama dengan Rusia

Sementara itu Pemimpin Tertinggi Iran Ayatollah Khamenei memuji kerja sama timbal balik antara Rusia dan Iran sebagai "sangat menguntungkan."

"Peristiwa dunia menunjukkan kebutuhan Iran dan Rusia untuk meningkatkan kerja sama timbal balik," kata Khamenei dalam sebuah pernyataan.

Mengacu pada perang Putin di Ukraina, Khamenei juga mengatakan perluasan aliansi keamanan barat NATO harus "dihentikan."

"NATO adalah entitas yang berbahaya. Barat benar-benar menentang Rusia yang kuat dan independen. Jika jalan dibuka untuk NATO, ia tidak akan mengenal batas," kata Khamenei. "Jika tidak dihentikan di Ukraina, itu akan memicu perang serupa di Krimea."

Hubungan Rusia dengan Iran telah memperingatkan para pejabat Barat saat Putin bersiap untuk meningkatkan serangan darat di Ukraina timur setelah pasukannya merebut wilayah Luhansk.

Iran Bakal Pasok Rusia Drone untuk Perang dengan Ukraina?

Intelijen AS yang baru-baru ini dideklasifikasi menunjukkan bahwa Iran diperkirakan akan memasok Rusia dengan "ratusan" drone -- termasuk drone berkemampuan senjata -- untuk digunakan dalam perang di Ukraina, dengan Iran bersiap untuk mulai melatih pasukan Rusia tentang cara mengoperasikannya sedini mungkin. pada akhir Juli, menurut pejabat Gedung Putih.

"Rusia yang meminta bantuan kepada Iran berbicara banyak tentang sejauh mana kedua negara, atas tindakan mereka di berbagai wilayah di dunia, semakin terisolasi oleh komunitas internasional," koordinator Dewan Keamanan Nasional untuk komunikasi strategis John Kirby mengatakan kepada CNN minggu lalu.

Pertemuan itu juga terjadi di tengah pembicaraan yang terhenti untuk menghidupkan kembali kesepakatan nuklir Iran, yang penandatangan aslinya termasuk AS, Inggris, Prancis, China, Rusia, dan Jerman.

Robert Malley, Utusan Khusus AS untuk Iran, mengatakan kepada CNN pada hari Senin bahwa kemungkinan menghidupkan kembali kesepakatan 2015 "berkurang dari hari ke hari."

3 dari 4 halaman

Putin Berterima Kasih ke Erdogan Atas Perannya Sebagai Mediator

Di antara topik diskusi antara Putin dan Erdogan adalah masalah ekspor gandum dari Ukraina. Pemerintah Ukraina menuduh Rusia memblokir pengiriman lebih dari 20 juta ton biji-bijian.

Putin berterima kasih kepada Erdogan atas upayanya untuk menengahi antara kedua negara. "Dengan mediasi Anda, kami telah bergerak maju," katanya. "Tidak semua masalah, bagaimanapun, telah diselesaikan. Tapi apa yang sudah baik."

Erdogan mengatakan bahwa percakapan diplomatik antara kedua negara terus berlanjut.

"Ini adalah keuntungan besar bahwa kami dapat melakukannya," kata Erdogan, menambahkan bahwa dalam konteks peran Turki sebagai mediator, dia "yakin bahwa pendekatan Rusia terus menjadi positif."

Kunjungan Putin dilakukan setelah Erdogan - pemimpin anggota NATO Turki - mengulangi ancamannya untuk memblokir kenaikan Swedia dan Finlandia ke aliansi tersebut, setelah secara kondisional menyetujui untuk memberi lampu hijau pada tawaran mereka pada bulan Juni.

"Saya ingin mengingatkan Anda sekali lagi bahwa kami akan membekukan proses jika mereka tidak mengambil langkah-langkah yang diperlukan untuk memenuhi persyaratan kami," kata Erdogan Senin setelah rapat kabinet.

Dia telah mengangkat penentangannya terhadap ekspansi pada pertemuan puncak NATO bulan lalu - sebuah terobosan diplomatik besar yang memberikan pukulan bagi Putin.

 

4 dari 4 halaman

Khamenei Peringatkan Erdogan Soal Kampanye Militer di Suriah

Menjelang KTT, Khamenei Iran memperingatkan Erdogan untuk tidak memulai operasi militer di utara Suriah, kantor berita negara IRNA juga melaporkan.

"Sebuah serangan militer di utara Suriah akan merugikan Turki dan menguntungkan teroris," kata Khamenei kepada Erdogan di Teheran.

Erdogan sebelumnya telah mengancam akan meluncurkan serangan militer baru yang dirancang untuk mendorong mundur para pejuang Kurdi Suriah yang tergabung dalam YPG, yang dipandang Turki sebagai organisasi teroris.

"Langkah ini pasti akan merugikan Suriah, Turki, dan kawasan dan tidak akan menciptakan aksi politik yang diharapkan oleh warga Suriah," Khamenei memperingatkan.

"Masalah Suriah harus diselesaikan melalui negosiasi dan Iran, Turki, Suriah dan Rusia akan melakukan diskusi tentang masalah ini," tambahnya.

Raisi juga disebut agar pasukan asing meninggalkan Suriah dan menyalahkan ketidakstabilan pada "pasukan pendudukan AS."

"Kami percaya hanya negara Suriah yang harus membuat keputusan tentang urusan dalam negeri mereka, tanpa campur tangan negara lain," kata Raisi.

Satu-satunya solusi yang mungkin untuk konflik Suriah adalah solusi politik, katanya, seraya menambahkan bahwa tindakan militer akan memperburuk situasi keamanan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.