Sukses

Contoh Dialog Perkenalan Diri dalam Bahasa Inggris yang Bikin Percaya Diri

Berikut ini sejumlah dialog cara perkenalan diri dalam bahasa Inggris yang bikin Anda lebih percaya diri. Bisa dicoba!

Liputan6.com, Jakarta - Berdasarkan laporan program Duolingo, bahasa Inggris menjadi bahasa favorit di dunia, termasuk di Indonesia. Menurut data, banyak sekali negara di Asia, Afrika, dan Amerika Latin yang belajar bahasa Inggris. 

Salah satu pembelajaran dasarnya adalah cara perkenalan diri dalam bahasa Inggris.

Berikut ini sejumlah dialog cara perkenalan diri dalam bahasa Inggris yang bikin Anda makin percaya diri, dikutip dari 7esl.com, Selasa (19/7/2022):

Menurut situs tersebut, memperkenalkan diri lebih dari sekadar menyebut nama Anda. Anda perlu memberi tahu lebih banyak informasi tentang diri Anda dalam bahasa Inggris.

Memperkenalkan diri kepada orang asing bisa jadi rumit karena apa yang Anda katakan tergantung pada konteks, situasi (dalam wawancara kerja, email, atau perkenalan diri di kelas bahasa Inggris).

Bagaimana memperkenalkan diri dengan percaya diri dalam bahasa Inggris?

Tipsnya, nyatakan siapa Anda dengan jelas. Cobalah untuk tidak bergumam atau orang yang Anda perkenalkan mungkin harus bertanya lagi sampai mereka hanya tersenyum dan mengangguk tanpa pernah tahu siapa nama Anda.

Bersikap ramah. Bahkan dalam situasi formal, Anda bisa bersikap ramah.

Cobalah untuk menggunakan dialog cara perkenalan diri dalam bahasa Inggris dengan mengatakan sesuatu seperti "Hi there, I’m…"  ("Hai, saya ...").

Jangan lupa sambil tersenyum dilanjut dengan mengatakan banyak hal tentang Anda. Saat itulah Anda tampak percaya diri dan mudah diajak bicara.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Jika dalam Situasi Formal

Jika Anda berada dalam suasana yang sangat formal coba dialog berikut:

"Hello, I am…" ("Halo, saya ...")

Intinya adalah Anda harus memperkenalkan diri dengan cara yang mudah dimengerti.

Pengaturan yang sangat formal mungkin mengharuskan Anda untuk menggunakan bahasa Inggris yang tepat, tetapi memperpendek kata tidak masalah.

Coba juga untuk mengenali audiens Anda.

Tidak masalah jika Anda berbicara dengan satu atau seribu orang, mengetahui audiens Anda adalah kuncinya. Jelas, jika Anda memperkenalkan diri, Anda tidak mengenal orang itu, tetapi dari konteksnya Anda harus memiliki gagasan tentang bagaimana mereka nantinya.

Contohnya, jika bertemu dengan mertua untuk pertama kalinya mungkin bukan waktu terbaik untuk menceritakan lelucon saat Anda memperkenalkan diri. Tetapi bertemu dengan teman dari teman di bar mungkin bisa.

Jika Anda sedang duduk saat pertama kali bertemu dengan seseorang yang akan Anda perkenalkan, maka selalu yang terbaik adalah berdiri jika Anda mampu. Ini sering dianggap sebagai hal yang sopan untuk dilakukan, jadi ini adalah cara Anda menggunakan bahasa tubuh untuk mengesankan orang yang Anda perkenalkan.

3 dari 4 halaman

Contoh dalam Dialog

Memperkenalkan diri dalam kelas:

“Hi, I’m Jane (bisa diganti nama Anda).

"I’m taking this class because (bisa diganti dengan alasan dan kelas yang diambil) Art History has always been something I’ve been fascinated by, ever since I started taking trips to art galleries as a little girl, and I’m basically just excited to learn a little more."

Jangan lupa tersenyum.

Memperkenalkan diri saat interview:

"Hi, I’m Jane Smith (diganti dengan nama Anda).

I’ve always been passionate about Art (diganti dengan apa yang Anda sukai),

and I actually majored in Art History at college last year (sesuaikan dengan jurusan yang Anda ambil).

Ever since, I’ve been pursuing my dream of becoming an Art handler so I can really work in an area I know a great deal about. (Sesuaikan dengan bidang yang Anda ambil)

So when I saw your job advertisement I couldn’t stop myself from applying."

Dengan cara ini cara Anda memperkenalkan diri sudah sangat jelas.

4 dari 4 halaman

Contoh Kata untuk Perkenalan Diri

- Untuk perkenalan nama dengan pertanyaan: What’s your name?

Anda bisa menjawab dengan pilihan berikut:

My name is …/ I’m …My full/ first/ last name is …You can call me …/ They call me …/ Please call me …/ Everyone calls me …My nickname is …

- Untuk memberitahukan asal negara dengan pertanyaan: Where are you from?/ Where do you come from?/ Where were you born?

Jawabannya Anda bisa memilih: I’m from …/ I hail from …/ I come from …/ My hometown is …/ I’m originally from … (country)I’m … (nationality)I was born in …

- Untuk bertanya alamat, gunakan Where do you live?/ What’s your address?

Jawabannya:

I live in … / My address is … (city)I live on … (name) street.I live at …I spent most of my life in …I have lived in … for/ since …I grew up in …

- Untuk bertanya umur: How old are you?

Jawabannya: I’m … years old.I’m …I’m over/ almost/ nearly …I am around your age.I’m in my early twenties/ late thirties.

- Untuk memberitahu perihal keluarga: How many people are there in your family? Who do you live with?/ With whom do you live?/ Do you have any siblings?

Jawabannya bisa dengan pilihan berikut:

There are … (number) people in my family. They are …There are … (number) of us in my family.My family has … (number) people.I live with my …I am the only child.I don’t have any siblings.I have … brothers and … (number) sister.

- Untuk memberitahu tanggal lahir bisa menggunakan pertanyaan What is your date of birth?/ When is your birthday?

Dengan jawaban diawali My birthday is on

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.