Film Horor Inang Tayang di Bucheon International Fantastic Film Festival

Oleh Tommy Kurnia pada 17 Jul 2022, 18:00 WIB
Diperbarui 10 Agu 2022, 18:51 WIB
Poster film Inang.
Perbesar
Poster film Inang di festival Bucheon. Dok: Situs Kemlu RI

Liputan6.com, Bucheon - Film horor Inang tayang di Festival Film Internasional Bucheon 2022 di Korea Selatan. Sutradara film itu adalah Fajar Nugros.

Dilaporkan situs resmi Kemlu RI, Minggu (17/7/2022), Duta Besar RI untuk Korea Selatan Gandi Sulistyanto menyambut gembira penayangan film ini.

“Penayangan perdana Film Inang berskala internasional di Festival Film Internasional Bucheon adalah sinyal positif bahwa industri perfilman Tanah Air terus produktif meski di masa pandemi. Hal ini tidak hanya membanggakan bagi insan perfilman di Tanah Air tetapi juga seluruh masyarakat Indonesia khususnya diaspora Indonesia di Korea Selatan," ujar Dubes RI untuk Korea Selatan Gandi Sulistiyanto saat menerima audiensi seluruh pendukung film Inang, termasuk produser, sutradara dan pemain Kamis (14/7).

Dubes Sulis, demikian beliau dipanggil, menyampaikan bahwa film merupakan salah satu sektor kreatif yang digarap dengan baik oleh Korsel melalui strategi Korean Wave.

“Untuk itu, gali potensi ekonomi kreatif Korea, kenali teknik sinematografinya, pelajari seni perannya tetapi buatlah film yang sepenuhnya bercerita mengenai kebhinekaan Indonesia dari Sabang sampai Merauke" pesan Dubes RI di Seoul yang menyampaikan harapan untuk penguatan kolaborasi antara pelaku industri film Indonesia-Korsel.

“Suatu kehormatan untuk film Inang dapat ditayangkan perdana di Bucheon International Fantastic Film Festival/BIFAN. Film ini khusus dibuat untuk menampilkan keragaman budaya di Indonesia, serta pentingnya keluarga sebagai perekat seluruh elemen masyarakat di Indonesia" disampaikan Winston Utomo, CEO IDN Media yang merupakan pemilik perusahaan IDN Media dan IDN Pictures produser Film Inang.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

**Gempa Cianjur telah meluluhlantakkan Bumi Pasundan, mari bersama-sama meringankan penderitaan saudara-saudara kita di Cianjur dengan berdonasi melalui: rekening BCA No: 500 557 2000 A.N Yayasan Pundi Amal Peduli Kasih. Bantuan akan disampaikan dalam bentuk sembako, layanan kesehatan, tenda, dll. Kepedulian kita harapan mereka.


Bioskop CGV Sopung

Menikmati Pesona Bunga Azalea di Taman Wonmi Seoul
Perbesar
Pengunjung berjalan melewati semak bunga azalea di Taman Wonmi di Bucheon, sebuah kota di pinggiran Seoul (19/4/2022). Pada bulan April, saat musim semi mencapai puncaknya, bunga azalea berwarna merah muda dan putih akan memenuhi Taman Wonmi di Bucheon, Seoul. (AFP/ANTHONY WALLACE)

Pemutaran perdana (World Premiere) film Inang dilakukan dua kali di Bioskop CGV Sopung, pada tanggal 8  dan 13 Juli 2022. Penayangan kedua dihadiri oleh hampir seluruh pemain film, termasuk aktris muda berbakat, Naysilla Mirdad, dan ibundanya, artis senior Tanah Air, Lydia Kandou, serta Dimas Anggara. Tidak hanya masyarakat Indonesia yang tampak hadir mendukung pemutaran perdana film, tetapi juga generasi muda.

"Ini pertama kalinya saya membuat film dengan genre horor. Alhamdulillah. Kejutan yang manis bagi kami semua bahwa film ini dapat tembus BIFAN. Terima kasih kepada masyarakat Indonesia di Korea Selatan dan KBRI Seoul atas dukungan total yang tampak dari membludaknya penonton saat film Inang tayang perdana," diungkapkan Fajar Nugros, sutradara film Inang.

Film horor Indonesia dengan judul "Inang/The Womb" karya Fajar Nugros merupakan salah satu dari sepuluh film terpilih yang bersaing dengan film-film negara lain yang berasal dari Spanyol, Jepang, Australia, Denmark, dan banyak negara lainnya dalam International Bucheon Choice Awards.

Kini menginjak tahun ke-26, BIFAN merupakan salah satu festival film internasional di Korsel yang sangat dihargai masyarakat Korea dan asing. Bertema “Stay Strange", BIFAN secara khusus ingin menayangkan film dengan genre non konvensional, karya sineas yang tidak termasuk aliran mainstream. Pada tahun 2021 BIFAN menayangkan 268 film dari 49 negara, termasuk Indonesia. Selama lebih dari 11 hari film ditayangkan secara luring di bioskop CGV Sopung dan balai kota Bucheon serta daring melalui media https://www.wavve.com/.

Upacara pembukaan tahun ini diadakan secara luring di alun-alun Balai Kota Bucheon untuk kali pertama sejak dua tahun dilakukan secara hybrid akibat pandemi COVID-19. KBRI Seoul turut mendukung serta memfasilitasi pelaku industri kreatif termasuk subsektor film untuk mengedepankan karya mereka guna menembus pasar Korsel yang potensial.


Heboh Film Ivanna Teror 200 Ribuan Penonton di Hari Pertama Penayangan

Poster film Ivanna. (Foto: Dok. Instagram @mdpictures_official)
Perbesar
Poster film Ivanna. (Foto: Dok. Instagram @mdpictures_official)

Di dalam negeri, film Ivanna karya sineas Kimo Stamboel menorehkan prestasi enggak kaleng-kaleng pada hari pertama penayangan, Kamis (14/7). Hari itu, Ivanna meneror 205.899 penonton.

Melansir data dari akun Twitter pemerhati film @bicaraboxoffice, Jumat (15/7), jumlah ini merupakan tertinggi ke-11 sepanjang masa. Angak 1 juta penonton agaknya tak mustahil. 

Ivanna yang dibintangi Caitlin Halderman, Jovarel Callum, dan Junior Roberts adalah spin-off alias sempalan dari jagat sinema Danur yang diadaptasi dari novel laris Risa Saraswati.

 

Merespons pencapaian ini, produser MD Pictures, Manoj Punjabi mengenang proses panjang Ivanna menuju layar lebar. Sebelum syuting, ada kesepatan antara Kimo dan tim MD.

“Di Ivanna ini, Kimo mau ikut. Dia tahu, dia lihat sesuatu yang besar juga (dalam proyek ini),” kata Manoj Punjabi kepada Showbiz Liputan6.com di Jakarta Selatan, pekan ini.

“Kalau kami selalu punya pengertian sama sutradara bahwa di skrip, saya dan tim sangat berperan, maunya ke mana. Dari segi direction, ya sudah itu sutradra yang jadi kaptennya di lapangan,” imbuhnya.

 


Tertinggi Kedua Tahun 2022

Salah satu adegan film Ivanna. (Foto: Dok. MD Pictures)
Perbesar
Salah satu adegan film Ivanna. (Foto: Dok. MD Pictures)

Tampaknya kompromi di depan melahirkan win-win solution yang menjadikan Ivanna disambut hangat penonton. Angka 205.889 menempatkan Ivanna sebagai film dengan jumlah penonton hari pertama terbanyak kedua tahun 2022.

Akun Twitter @bicaraboxoffice mengabarkan, tahun ini, posisi pertama diduduki KKN di Desa Penari dengan 315.486 penonton. Posisi tiga besar dibuka film horor lainnya yakni The Doll 3 bersama 125.872 penonton. 

Kimo Stamboel dikenal lewat film Rumah Dara dan Ratu Ilmu Hitam. Horor slasher adalah salah satu ciri khasnya. Saat bergabung dengan waralaba Danur, porsi slasher ini yang dibahas cukup detail. 

“Jadi skripnya tuh kita punya visi maunya kayak apa. Di sana buat, habis itu ya sudah jalan. Kalau skripnya kita sepakat mau bentuknya begini. Contohnya Kimo dengan slasher-nya mau berapa persen, kita sudah sepakat di depan,” urai Manoj Punjabi.

 

Infografis Gejala dan Pencegahan Covid-19 Subvarian Omicron BA.4 dan BA.5. (Liputan6.com/Abdillah)
Perbesar
Infografis Gejala dan Pencegahan Covid-19 Subvarian Omicron BA.4 dan BA.5. (Liputan6.com/Abdillah)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya