Sukses

Suhu Tembus 40 Derajat Celcius 5 Hari, Shanghai Keluarkan Peringatan Cuaca Ekstrem

Shanghai merilis peringatan terkait cuaca ekstrem.

Liputan6.com, Shanghai - Untuk ketiga kalinya musim panas ini, Shanghai mengeluarkan peringatan tertinggi untuk panas ekstrem, karena suhu tampaknya akan menguji rekor di kota terpadat di China pada Kamis (14 Juli).

Dilansir laman Channel News Asia, Kamis (14/7/2022), kota berpenduduk 25 juta itu mengumumkan peringatan level merah, yang menunjukkan suhu diperkirakan akan naik setidaknya 40 derajat Celcius selama 24 jam ke depan.

Kota ini telah mengeluarkan tiga peringatan level merah dalam lima hari terakhir, meskipun itu adalah kejadian yang relatif jarang karena Shanghai telah mengeluarkan 17 peringatan seperti itu sejak pencatatan dimulai pada tahun 1873.

Pada hari Rabu, kota itu terik karena suhu naik setinggi 40,9 derajat Celcius, menyamai rekor yang dibuat pada akhir Juli 2017.

Separuh dari wilayah China telah terkena dampak luar biasa panas selama sebulan terakhir. Lembah Sungai Yangtze - meliputi kota-kota besar dari Shanghai ke Chongqing di jantung - telah mengalami gelombang panas selama seminggu terakhir.

Dengan permintaan yang lebih tinggi untuk AC, beban pada jaringan listrik dari tujuh provinsi dan wilayah telah mencapai rekor tertinggi, menurut media pemerintah.

Beban daya listrik maksimum China mencapai tertinggi sepanjang masa 1,22 miliar kilowatt pada hari Selasa, Komisi Pembangunan dan Reformasi Nasional mengatakan pada hari Kamis.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Gelombang Panas di China

Perencana negara bagian itu mengatakan sedang melakukan segala upaya untuk memastikan pasokan energi selama periode permintaan puncak musim panas.

Shanghai, termasuk di antara lusinan kota yang terbakar dalam suhu terik karena cuaca panas yang tidak biasa membuat jalan melengkung, genteng pecah, dan mendorong orang untuk mencari kesejukan di tempat perlindungan serangan bawah tanah.

Pada pukul 3 sore hari Selasa (12 Juli), 86 kota termasuk Shanghai telah mengeluarkan peringatan merah, yang tertinggi dalam sistem peringatan tiga tingkat.

Tingkat itu menandakan perkiraan suhu lebih dari 40 derajat Celcius dalam 24 jam ke depan. Konstruksi dan pekerjaan luar ruangan lainnya harus dihentikan.

Shanghai, yang masih memerangi wabah COVID-19 sporadis, memperingatkan 25 juta penduduknya untuk bersiap menghadapi cuaca panas minggu ini. Sejak pencatatan dimulai pada tahun 1873, Shanghai hanya memiliki waktu 15 hari dengan suhu di atas 40 derajat Celcius.

3 dari 4 halaman

Menjaga Tetap Sejuk

Sebuah foto yang dibagikan secara luas di media sosial menunjukkan seorang penguji COVID-19 dalam setelan hazmat seluruh tubuh memeluk balok es setinggi 1 meter di tepi jalan.

Staf di taman margasatwa Shanghai seluas 152 ha menggunakan delapan ton es setiap hari hanya untuk menjaga agar singa, panda, dan hewan lainnya tetap sejuk.

“Tahun ini, cuaca panas datang sedikit lebih awal dari sebelumnya,” kata Zhu Daren, seorang warga Shanghai, saat putranya yang berusia lima tahun bermain di air mancur.

"Meskipun baru Juli, saya merasa (cuaca hangat) sudah mencapai titik tertinggi. Pada dasarnya, Anda perlu menyalakan AC ketika Anda pulang dan memakai tabir surya ketika Anda keluar." 

4 dari 4 halaman

Musim Panas

Musim panas yang kontras di China tahun ini telah membawa malapetaka dari gelombang panas dan hujan lebat pada gilirannya. Pihak berwenang yang mengutip perubahan iklim telah memperingatkan potensi bencana cuaca mulai pertengahan Juli, biasanya waktu terpanas dan terbasah tahun ini.

Di sebuah kota di provinsi Jiangxi selatan, bagian jalan melengkung setidaknya 15 cm karena panas, televisi pemerintah menunjukkan.

Nanjing, yang terkenal karena musim panasnya yang membakar, telah membuka tempat perlindungan serangan udara bawah tanah untuk penduduk sejak Minggu, dengan bunker masa perangnya yang dilengkapi dengan Wi-Fi, buku, dispenser air, dan bahkan oven microwave. Kota itu mengeluarkan peringatan merah pada hari Selasa.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.