Sukses

Setop Kuasai Istana, Demonstran Sri Lanka Tetap Kawal Upaya Pelengseran Presiden dan PM

Demonstran Sri Lanka akan mengawal upaya untuk menjatuhkan presiden dan PM.

Liputan6.com, Kolombo - Demonstran anti-pemerintah Sri Lanka mengatakan pada Kamis (14 Juli) bahwa mereka mengakhiri pendudukan gedung-gedung resmi, ketika mereka bersumpah untuk melanjutkan upaya mereka untuk menjatuhkan presiden dan perdana menteri dalam menghadapi krisis ekonomi yang mengerikan.

Dilansir Channel News Asia, Kamis (14/7/2022), para pengunjuk rasa menyerbu istana Presiden Gotabaya Rajapaksa pada akhir pekan, memaksanya melarikan diri ke Maladewa pada hari Rabu, ketika para aktivis juga menyerbu kantor Perdana Menteri Ranil Wickremesinghe.

Rajapaksa telah berjanji untuk mengundurkan diri pada hari Rabu, tetapi tidak ada pengumuman resmi bahwa dia telah melakukannya.

Perdana menteri, yang ditunjuk Rajapaksa sebagai penjabat presiden dalam ketidakhadirannya, telah menuntut evakuasi gedung-gedung negara dan menginstruksikan pasukan keamanan untuk melakukan "apa yang diperlukan untuk memulihkan ketertiban".

"Kami secara damai menarik diri dari Istana Kepresidenan, Sekretariat Presiden dan Kantor Perdana Menteri dengan segera, tetapi akan melanjutkan perjuangan kami," kata juru bicara para pengunjuk rasa.

Seorang biksu Buddha terkemuka yang mendukung kampanye tersebut menyerukan agar istana kepresidenan yang berusia lebih dari 200 tahun itu diserahkan kembali kepada pihak berwenang dan memastikan seni dan artefaknya yang berharga dilestarikan.

"Bangunan ini adalah harta nasional dan harus dilindungi," kata Biksu Omalpe Sobitha kepada wartawan. 

"Harus ada audit yang tepat dan properti dikembalikan ke negara."

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Istana Digeruduk Massa

Ratusan ribu orang telah mengunjungi kompleks itu sejak dibuka untuk umum setelah Rajapaksa melarikan diri dan penjaga keamanannya mundur.

Dalam pidato yang disiarkan televisi setelah ribuan orang merebut kantornya di Kolombo, Wickremesinghe menyatakan: "Mereka yang pergi ke kantor saya ingin menghentikan saya dari melaksanakan tanggung jawab saya sebagai penjabat presiden."

Dia menambahkan: "Kami tidak bisa membiarkan fasis mengambil alih. Itulah mengapa saya mengumumkan keadaan darurat nasional dan jam malam."

Jam malam dicabut pada Kamis dini hari, tetapi polisi mengatakan seorang tentara dan seorang polisi terluka dalam bentrokan semalam dengan pengunjuk rasa di luar parlemen nasional.

Rumah sakit utama di Kolombo mengatakan sekitar 85 orang dirawat dengan luka-luka pada hari Rabu, dengan satu orang meninggal setelah serangan gas air mata di kantor perdana menteri.

3 dari 4 halaman

Belum Ada Pernyataan Resmi

Rajapaksa telah berulang kali meyakinkan ketua parlemen bahwa dia akan mengundurkan diri pada Rabu 13 Juli, tetapi surat pengunduran dirinya belum tiba pada Kamis pagi, kata seorang pembantu Ketua Mahinda Yapa Abeywardena.

Sebuah sumber pemerintah mengatakan kepada Reuters sebelumnya bahwa Rajapaksa diperkirakan akan menuju ke Singapura meskipun tujuan akhirnya tidak jelas. Namun, media Sri Lanka melaporkan bahwa dia tidak menaiki penerbangan Singapore Airlines yang dijadwalkan ke Singapura.

Dia tetap berada di Maladewa, dilaporkan menunggu jet pribadi untuk membawanya, istrinya Ioma, dan dua pengawalnya ke Singapura.

Sumber-sumber diplomatik mengatakan upaya Rajapaksa untuk mendapatkan visa ke Amerika Serikat telah ditolak karena ia telah melepaskan kewarganegaraan AS-nya pada 2019 sebelum mencalonkan diri sebagai presiden.

4 dari 4 halaman

Posisi Presiden

Parlemen Sri Lanka diperkirakan akan menunjuk presiden penuh waktu yang baru pada 20 Juli, dan sumber partai yang berkuasa mengatakan kepada Reuters bahwa Wickremesinghe adalah pilihan pertama partai tersebut, meskipun tidak ada keputusan yang diambil.

Pilihan oposisi adalah pemimpin utama mereka Sajith Premadasa, putra seorang mantan presiden.

Protes di Sri Lanka Akibatkan 1 Orang Tewas dan 84 Lainnya Terluka

Sementara itu, satu orang tewas dan 84 lainnya cedera setelah protes mengguncang ibu kota Sri Lanka, Kolombo, pada Rabu 13 Juli 2022, kata pejabat rumah sakit.

Dilansir BBC, Kamis (14/7/2022), pria berusia 26 tahun itu meninggal karena kesulitan bernapas setelah pasukan polisi melontarkan gas air mata ke arah pengunjuk rasa.

Pejabat rumah sakit di Rumah Sakit Nasional Kolombo mengatakan, cedera itu berasal dari pengunjuk rasa yang berada di luar kantor perdana menteri serta mereka yang berada di luar parlemen pada malam hari.

Polisi menembakkan gas air mata ke arah pengunjuk rasa yang berusaha mendobrak gerbang kantor perdana menteri di Kolombo, sebelum akhirnya berhasil masuk. Mereka kemudian berjalan menuju parlemen.

Seorang juru bicara militer mengatakan kepada BBC bahwa seorang tentara dan polisi termasuk di antara yang terluka, dan menuduh bahwa senapan serbu dengan amunisi telah dicuri oleh seorang pengunjuk rasa dan tidak belum pulih.

Sejak Kamis pagi, Sri Lanka memberlakukan jam malam baru, yang akan diberlakukan mulai pukul 12.00 pada hari Kamis hingga pukul 05.00 pada hari Jumat, kata pemerintah dalam sebuah pernyataan.

Protes pecah ketika Sri Lanka telah menderita krisis ekonomi terburuk dalam beberapa dekade.

Banyak yang menyalahkan pemerintahan Rajapaksa atas krisis tersebut dan melihat Wickremesinghe, yang menjadi perdana menteri pada Mei, sebagai bagian dari masalah.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.