Sukses

Joe Biden ke Tel Aviv, Presiden Iran: Tak Bikin Posisi Israel Aman

Perjalanan Biden ke Timur Tengah akan membawanya ke Israel dengan kunjungan ke Otoritas Palestina diikuti dengan penerbangan langsung ke Arab Saudi.

Liputan6.com, Tel Aviv - Iran mengatakan perjalanan Presiden Amerika Serikat Joe Biden ke Timur Tengah, yang dimulai pada Rabu, tidak akan membawa keamanan bagi Israel.

“Jika kunjungan pejabat Amerika ke negara-negara di kawasan itu untuk memperkuat posisi rezim Zionis dan untuk menormalkan hubungan rezim dengan beberapa negara, upaya mereka tidak akan menciptakan keamanan bagi Zionis dengan cara apa pun,” kata Presiden Ebrahim Raisi dalam sebuah pernyataan, dikutip dari laman Times of Israel, Kamis (14/7/2022).

Kelompok teror Palestina Hamas juga mengkritik perjalanan Biden, mengatakan dalam sebuah pernyataan bahwa “kunjungan ke entitas Zionis mewakili bias dan dukungan untuk upaya pendudukan,” tulis kantor berita Al-Mayadeen.

Perjalanan Biden ke Timur Tengah akan membawanya ke Israel dengan kunjungan ke Otoritas Palestina diikuti dengan penerbangan langsung ke Arab Saudi pada hari Jumat, di tengah harapan bahwa kunjungan itu akan menandai baiknya hubungan antara negara Yahudi dan Arab Saudi.

Iran, yang rezimnya berupaya mencari penghapusan nama Israel, telah berulang kali mengkritik normalisasi hubungan antara negara-negara Teluk Arab dan Israel, menyebutnya "tikaman dari belakang" ke Palestina.

Raisi pada Rabu kemarin menekankan bahwa Republik Islam sedang memantau dengan cermat “semua perkembangan” di wilayah tersebut.

Menyambut Biden di landasan pada hari Rabu, Perdana Menteri Yair Lapid mengatakan kedua pemimpin akan “membahas pembangunan arsitektur keamanan dan ekonomi baru dengan negara-negara Timur Tengah, mengikuti Kesepakatan Abraham dan pencapaian KTT Negev.”

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Tiba di Israel Sebelum Kunjungi Arab Saudi

Presiden AS Joe Biden mengunjungi Israel pada awal tur regional yang penting, yang akan mencakup perjalanan kontroversial ke Arab Saudi.

Dilansir BBC, Kamis (14/7/2022), ini adalah perjalanan pertamanya ke Timur Tengah sejak menjabat. 

Biden juga akan bertemu dengan presiden Palestina serta para pemimpin Israel dan Saudi.

Palestina telah menyatakan frustrasi bahwa AS tidak berbuat lebih banyak untuk mereka sejak kepresidenannya dimulai pada tahun 2021. Tetapi fokus utamanya adalah pada perjalanannya ke Saudi karena ketegangan atas hak asasi manusia.

Biden telah menghadapi kritik atas pertemuan yang direncanakan pada hari Sabtu dengan pemimpin de facto kerajaan, Putra Mahkota Mohammed bin Salman, yang dituduh oleh badan-badan intelijen AS menyetujui pembunuhan jurnalis pembangkang Saudi Jamal Khashoggi di Turki pada 2018. 

Pangeran membantah tuduhan itu, dan jaksa Saudi menyalahkan agen Saudi yang "bersalah".

Ketika dia berkampanye untuk kepresidenan pada tahun 2019, Biden bersumpah untuk menjadikan Arab Saudi "pariah seperti mereka" karena membunuh Khashoggi, yang tinggal di AS dan menulis kolom untuk Washington Post.

Biden membela kunjungannya dalam sebuah tulisan di Washington Post pada hari Sabtu, dengan mengatakan "tujuannya adalah untuk mengarahkan kembali - tetapi tidak memutuskan - hubungan" dengan Riyadh.

Kunjungan itu juga dilakukan pada saat harga minyak naik, dan produksi energi diharapkan menjadi agenda diskusi antara Biden dan Pangeran Mohammed, yang negaranya merupakan produsen minyak terbesar di dunia. 

3 dari 4 halaman

Kunjungan ke Israel

Presiden dan Menteri Luar Negerinya, Antony Blinken, akan menghadiri pertemuan puncak regional di Arab Saudi, di tengah laporan bahwa AS sedang mencari kesepakatan tentang kerjasama pertahanan yang lebih erat antara Israel dan beberapa negara Arab - beberapa di antaranya musuh lama - untuk melawan ancaman dari Iran.

Biden akan menjadi presiden AS pertama yang terbang langsung ke Arab Saudi dari Israel, yang dipandang sebagai tanda kecil tapi signifikan dari penerimaan Riyadh yang semakin besar terhadap Israel setelah puluhan tahun boikot dalam solidaritas dengan Palestina.

Perdana Menteri Israel Yair Lapid mengatakan pesawat Biden akan "membawa pesan perdamaian dan harapan dari kami" ke Saudi.

Setelah mendarat di bandara Ben Gurion Tel Aviv pada Rabu sore, presiden menuruni tangga Air Force One untuk disambut oleh pimpinan Israel, termasuk Lapid. 

Saat jabat tangan ditawarkan, Biden malah merangkul Lapid dan Presiden Israel Isaac Herzog. Dia kemudian berjabat tangan dengan pemimpin oposisi Israel Benjamin Netanyahu dan Menteri Pertahanan Benny Gantz.

4 dari 4 halaman

Hubungan Amerika-Israel

Di karpet merah Biden berbicara tentang hubungan mendalam antara Amerika dan Israel, dengan mengatakan: "Anda tidak perlu menjadi seorang Yahudi untuk menjadi seorang Zionis" - sebuah referensi untuk gerakan politik yang mendukung keberadaan Israel.

Dia juga berbicara tentang dukungannya yang berkelanjutan untuk apa yang disebut solusi dua negara untuk konflik Israel-Palestina, yang membayangkan sebuah negara Palestina merdeka bersama Israel, meskipun dia mencatat: "Saya tahu itu tidak dalam waktu dekat."

Presiden AS akan bertemu Lapid lagi pada hari Kamis untuk pembicaraan, di mana kedua pemimpin diharapkan untuk membahas kerjasama keamanan dan krisis nuklir dengan Iran.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.