Sukses

Rusia dan Ukraina Negosiasi Langsung Pertama Sejak Maret, Apa Hasilnya?

Pertemuan berisiko tinggi antara Ukraina dan Rusia ini melibatkan pejabat PBB dan Turki di Istanbul. Dikabarkan bubar setelah lebih dari tiga jam. Apa hasilnya?

Liputan6.com, Moskow - Rusia dan Ukraina pada Rabu 13 Juli 2022 mengadakan negosiasi langsung pertama mereka sejak Maret, dalam upaya untuk memecahkan kebuntuan atas ekspor biji-bijian yang telah membuat harga pangan melonjak dan jutaan orang menghadapi kelaparan.

Mengutip AFP, Kamis (14/7/2022), pertemuan berisiko tinggi ini melibatkan pejabat PBB dan Turki di Istanbul. Apa hasilnya?

Pertemuan tersebut dikabarkan bubar setelah lebih dari tiga jam tanpa ada tanda-tanda terobosan dicapai.

Kementerian pertahanan Turki mengeluarkan satu pernyataan yang mengatakan pembicaraan telah "berakhir" dan tidak memberikan petunjuk apakah kemajuan telah tercapai.

Saat ini puluhan juta orang menghadapi ancaman kelaparan di Afrika dan negara-negara termiskin lainnya, karena pertempuran yang melanda salah satu daerah penghasil biji-bijian utama di dunia.

Pejabat Ukraina mengatakan sedikitnya lima orang tewas dalam serangan Rusia di wilayah sekitar kota pelabuhan Laut Hitam Mykolaiv.

“Anda tidak pernah terbiasa dengan perang. Ini mengerikan dan menakutkan,” kata Lyubov Mozhayeva yang berusia 60 tahun di kota garis depan Bakhmut yang hancur sebagian.

Ukraina adalah eksportir penting gandum dan biji-bijian seperti barley dan jagung. Negara tersebut juga telah memasok hampir setengah dari semua minyak bunga matahari yang diperdagangkan di pasar global.

Tetapi pengiriman melintasi Laut Hitam telah diblokir oleh kapal perang Rusia dan ranjau yang diletakkan Kiev untuk mencegah serangan amfibi yang ditakuti.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Rusia Ajukan Proposal, Tapi...

Negosiasi Istanbul menjadi rumit dengan meningkatnya kecurigaan bahwa Rusia sedang mencoba untuk mengekspor gandum yang telah dicuri dari petani Ukraina di daerah-daerah di bawah kendalinya.

Pihak berwenang Rusia di wilayah selatan Ukraina Kherson pada Rabu 13 Juli 2022 membalas dengan tuduhan bahwa pasukan Kiev sengaja membakar tanaman dan ladang pertambangan.

Data badan antariksa AS yang dirilis pekan lalu menunjukkan 22% lahan pertanian Ukraina berada di bawah kendali Rusia sejak invasi 24 Februari.

Kedua belah pihak memasuki pembicaraan dengan mengatakan bahwa kesepakatan telah ditutup tetapi beberapa masalah kontroversial tetap ada.

Menteri Luar Negeri Ukraina Dmytro Kuleba mengatakan Kiev "dua langkah dari kesepakatan dengan Rusia."

Juru bicara Kementerian Pertahanan Rusia Igor Konashenkov mengatakan Moskow telah "mengajukan paket proposal untuk solusi praktis tercepat" dari krisis tersebut.

Rusia mengatakan pada hari Selasa bahwa persyaratannya termasuk hak untuk "menggeledah kapal untuk menghindari selundupan senjata" - permintaan yang ditolak oleh Kiev.

 

3 dari 4 halaman

Koridor Gandum

Anggota NATO Turki telah menggunakan hubungan baiknya dengan Kremlin dan Kiev untuk mencoba dan menengahi kesepakatan, tentang cara yang aman untuk mengirimkan gandum.

Turki mengatakan memiliki 20 kapal dagang menunggu di wilayah yang dapat dengan cepat dimuat dan dikirim ke pasar dunia.

Sebuah rencana oleh PBB mengusulkan kapal mengikuti "koridor" aman yang membentang di antara lokasi tambang yang diketahui.

Kiev juga meminta agar kapal-kapalnya didampingi oleh kapal perang dari negara sahabat seperti Turki.

Para ahli mengatakan penghapusan ranjau Laut Hitam adalah operasi kompleks yang bisa memakan waktu berbulan-bulan – terlalu lama untuk mengatasi krisis pangan global yang berkembang.

Kuleba mengatakan dia tidak berpikir Moskow benar-benar ingin mencapai kesepakatan karena hasil dari penjualan biji-bijian akan membantu mendukung pemerintah yang didukung Barat di Kiev yang dicap Kremlin sebagai "Nazi."

"Mereka tahu bahwa jika kita mulai mengekspor, kita akan mendapatkan hasil dari pasar dunia, dan ini akan membuat kita lebih kuat," kata Kuleba.

 

4 dari 4 halaman

Jeda Operasional

Pembicaraan di Istanbul ini mendahului pertemuan di Teheran pada Selasa depan, 26 Juli antara Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan dan Vladimir Putin.

Tujuan utama Erdogan adalah membawa Putin dan Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky ke Istanbul untuk pembicaraan yang bertujuan menghentikan pertempuran dan meluncurkan pembicaraan damai formal.

Tetapi tentara Ukraina memperingatkan minggu ini bahwa Rusia sedang bersiap untuk melancarkan serangan terberatnya di wilayah Donetsk - wilayah yang lebih besar dari dua wilayah yang terdiri dari zona perang Donbas.

Tentara Rusia belum melakukan serangan darat besar-besaran sejak mengambil titik terakhir perlawanan Ukraina di wilayah Luhansk yang lebih kecil di zona perang pada awal bulan.

Analis percaya Rusia mengambil "jeda operasional" di mana mereka mempersenjatai kembali dan menyusun kembali pasukan sebelum meluncurkan serangan ke Sloviansk dan Kramatorsk - pusat administrasi Ukraina di timur.

Ukraina sedang mencoba untuk melawan Rusia dengan melakukan serangan yang semakin kuat dengan sistem roket baru AS dan Eropa yang menargetkan depot senjata.

Para pejabat AS percaya bahwa Rusia berusaha untuk menutup kerugian mereka dengan bernegosiasi untuk memperoleh ratusan drone tempur dari Iran.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.