Sukses

5 Percobaan Sains Paling Gila oleh Ilmuwan dalam Sejarah, Ada yang Makan Hati Raja

Ini daftar sejumlah percobaan sains paling gila yang dilakukan para ilmuwan dalam sejarah.

Liputan6.com, Jakarta - Perbedaan antara gila dan jenius itu tipis, dan dalam sains, banyak contoh orang yang tidak bisa membedakannya.

Sementara para ilmuwan memulai eksperimen mereka dengan harapan dapat membuat penemuan-penemuan yang mengejutkan, mereka bisa benar-benar marah ketika mereka tidak berhasil membuat penemuan.

Beberapa mengorbankan orang lain sementara yang lain menyiksa sukarelawan mereka.

Dilansir List Verse, Minggu (17/7/2022), berikut adalah percobaan ilmuwan gila dalam sejarah, merinci pengejaran ambisius yang menyebabkan ketenaran atau keburukan mereka.

1. Perkawinan Manusia dan Kera

Ilya Ivanovich Ivanov menciptakan hibrida paling aneh dan paling menakutkan sebagai spesialis Rusia dalam hibridisasi interspesifik dan inseminasi buatan. Untuk melakukan eksperimennya yang tidak suci, Ivanov bahkan melakukan perjalanan ke Guinea, Afrika Barat, di mana ia berharap untuk mengawinkan manusia dan kera.

Ketika Rusia mencari kekuasaan di seluruh dunia, negara melihat eksperimen Ivanov sebagai kunci untuk menemukan prajurit berbulu super kuat. 

Didukung dengan dukungan keuangan dan politik, Ivanov memulai misi rahasia yang runtuh segera setelahnya. Untungnya, Ivanov merasa mustahil untuk membuat hibrida antara manusia dan kerabat kera kita.

Namun, terlepas dari kegagalan proyek manusia keranya, Ivanov berhasil dalam usaha lain. Dia menciptakan zeedonk (hibrida zebra-keledai), zubron (hibrida banteng-sapi), kelinci percobaan, sapi kijang, dan bahkan tikus-tikus. Inkarnasi aneh ini membuatnya menjadi legenda di kalangan ilmiah, tetapi dia tidak pernah bisa mengatasi publisitas negatif dari percobaan kera-manusia. 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

2. Percobaan Anatomi

Anatomi adalah salah satu percobaan sains paling bergengsi bagi para ilmuwan abad ke-19. Di pasar ini, Robert Knox adalah seorang legenda, pelopor sejati anatomi komparatif yang juga merangkap sebagai dosen. Sayangnya, seperti semua ilmuwan gila, Knox pergi ke kedalaman yang menghancurkan reputasinya.

Karena anatomi membutuhkan satu komponen utama, tubuh, Knox mengandalkan dua pemasok. Pada saat itu, permintaan melebihi pasokan, dan kedua pria itu, Burke dan Hare, terpaksa membunuh orang dan memasok mereka ke Knox. 

Lambat laun, hukum menangkap tuan-tuan setelah eksploitasi mereka terlalu sukses. Investigasi mengungkapkan bahwa mereka bertanggung jawab atas pembunuhan 16 orang di mana Knox secara tidak langsung terlibat terkait permintaan tubuh kepada penjual ilegal.

3 dari 5 halaman

3. Percobaan Soal Otak

Jose Manuel Delgado adalah salah satu ilmuwan paling brilian dalam sejarah baru-baru ini. Sebelum Delgado, banyak orang sebelum dia bermain-main dengan gagasan bahwa listrik dapat memanipulasi otak.

Mengidentifikasi janji dalam ide, Delgado membawanya ke tingkat berikutnya, berhasil mengendalikan hewan dan manusia dengan elektroda.

Dalam apa yang tampak seperti produk pikiran fiksi ilmiah, Delgado berhasil mengembangkan teknologi yang memanipulasi pikiran secara elektrik menggunakan chip otak. Seperti film, Delgado merangsang jaringan saraf monyet, mengendalikan mereka hanya dengan remote control.

Secara bertahap, ilmuwan gila itu menyempurnakan teknologi dan menggunakannya pada banteng. Eksperimennya luar biasa karena dia bisa menghentikan banteng itu tepat sebelum banteng itu langsung menyerangnya!

Eksperimennya sangat canggih sehingga setidaknya 20 manusia terlibat dalam eksperimennya. Membayangkan keberhasilan teknologinya, Delgado bahkan sesumbar bahwa para jenderal dan tentara mereka akan segera dikendalikan dari jarak jauh melalui stimulasi otak listrik. Dia benar-benar maju, atau mungkin itu hanya implan elektroda yang berbicara.

4 dari 5 halaman

4. Percobaan Soal Emosi Manusia

Carney Landis adalah lulusan psikologi di University of Minnesota yang memutuskan untuk mempelajari emosi manusia. Dalam eksperimennya, Landis berharap dapat menemukan kesamaan antara reaksi manusia terhadap berbagai pemicu.

Apa yang membuat Landis menjadi ilmuwan gila, dan apa yang membuat banyak orang menyebutnya sebagai psikolog yang tidak etis, adalah bagaimana dia melakukan eksperimennya.

Dalam eksperimennya, Landis memotret teman-temannya yang sedang melakukan berbagai aksi; semakin aneh, semakin baik. 

Beberapa kegiatan termasuk mencium bau amonia dan memasukkan tangan ke ember berisi katak paling berlendir dan kabel kejut listrik. Meskipun contoh ini aneh, mereka masih dapat ditoleransi.

5 dari 5 halaman

5. Makan Berbagai Jenis Hewan

William Buckland sama gilanya dengan ilmuwan lain saat mereka datang. 

Di satu sisi, dia adalah ilmuwan brilian yang berjalan di samping Charles Darwin dan merupakan orang pertama yang menggambarkan fosil dinosaurus, Megalosaurus. Untuk intelli-vore Inggris, sains memiliki begitu banyak untuk diajarkan, dan dia bersedia untuk belajar dan di lain waktu mencicipinya.

Ya, dia juga terkenal sebagai orang yang bisa makan apa saja.

Selain pengejaran aktifnya terhadap sains, Buckland meraih penghargaan untuk pria dengan selera yang beragam, melahap apa pun mulai dari anak anjing, macan kumbang, dan kanguru, hingga siput laut. 

Menurut catatannya, hal yang paling tidak enak yang pernah dia rasakan adalah tahi lalat dan lalat bluebottle yang tidak akan cocok dengan seleranya. Tapi, meski memakan setiap makhluk yang berjalan di Bumi itu mengesankan, Buckland tidak berhenti di situ.

Salah satu cerita terkenal tentang Buckland adalah bahwa dia pernah menjadi tamu di makan malam mewah di mana mumi jantung Louis XI dipamerkan. 

Ketika sepotong peninggalan berharga itu diberikan kepada para tamu untuk diamati, Buckland memutuskan untuk menambahkannya ke daftar panjang pencapaian kulinernya. Dia menjadi ilmuwan gila yang memakan hati seorang raja.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.