Sukses

Maher al-Agal, Pemimpin ISIS di Suriah Tewas dalam Serangan Drone AS

AS melakukan serangan pesawat tak berawak di barat laut Suriah pada Selasa 12 Juli 2022 yang menewaskan Maher al-Agal, pemimpin ISIS di Suriah, kata US Central Command.

Liputan6.com, Jindayris - AS melakukan serangan pesawat tak berawak di barat laut Suriah pada Selasa 12 Juli 2022 yang menewaskan Maher al-Agal, pemimpin ISIS di Suriah, kata US Central Command (Komando Pusat AS).

Seorang pejabat senior ISIS yang terkait erat dengan Maher terluka parah selama serangan itu, kata US Central Command dalam sebuah pernyataan. Tinjauan awal menunjukkan bahwa tidak ada korban sipil.

"Serangan terhadap para pemimpin ISIS ini akan mengganggu kemampuan organisasi teroris untuk merencanakan dan melakukan serangan lebih lanjut," kata Kolonel Joe Buccino, juru bicara Komando Pusat seperti dikutip dari CNN, Rabu (13/7/2022).

Serangan itu terjadi di luar Jindires di barat laut Suriah, sambung pernyataan US Central Command.

Serangan yang menewaskan Maher al-Agal pada hari Selasa itu adalah bagian dari upaya berkelanjutan untuk memerangi ISIS, karena berbagai bagian Suriah dan Irak telah melihat kebangkitan kelompok teroris itu dalam beberapa bulan terakhir.

Presiden AS Joe Biden mengatakan pembunuhan itu "menghilangkan teroris kunci dari lapangan dan secara signifikan menurunkan kemampuan ISIS untuk merencanakan, sumber daya, dan melakukan operasi mereka di wilayah tersebut."

"Seperti operasi AS pada Februari yang melenyapkan pemimpin keseluruhan ISIS, itu mengirimkan pesan yang kuat kepada semua teroris yang mengancam tanah air kami dan kepentingan kami di seluruh dunia," tulis Biden dalam sebuah pernyataan pada hari Selasa. "Amerika Serikat akan tanpa henti dalam upayanya untuk membawa Anda ke pengadilan."

Joe Biden kemudian berterima kasih kepada anggota angkatan bersenjata dan mengatakan serangan itu "menunjukkan bahwa Amerika Serikat tidak memerlukan ribuan tentara dalam misi tempur untuk mengidentifikasi dan menghilangkan ancaman terhadap negara kita."

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Penangkap Lain Pemimpin ISIS

Pada bulan Juni, satuan tugas gabungan pimpinan AS yang memerangi ISIS menahan seorang pemimpin senior ISIS di Suriah.

"Hani Ahmed al-Kurdi, yang dikenal sebagai Salim, bertanggung jawab untuk mengoordinasikan kegiatan teroris di seluruh wilayah," kata koalisi itu dalam sebuah pernyataan. "Dia menginstruksikan orang lain untuk membuat alat peledak, mendukung pembangunan fasilitas alat peledak improvisasi, dan memfasilitasi serangan terhadap pasukan AS dan mitranya."

Itu terjadi beberapa bulan setelah pemimpin ISIS Abu Ibrahim al-Hashimi al-Qurayshi tewas dalam serangan kontraterorisme AS di barat laut Suriah. Operasi itu adalah serangan AS terbesar di negara itu sejak misi 2019 yang menewaskan pemimpin ISIS Abu Bakr al-Baghdadi.

September 2021 lalu, militer menargetkan seorang pemimpin senior Al Qaeda di dekat Idlib, Suriah, menurut sebuah pernyataan dari Komando Pusat. Satu bulan kemudian, militer melakukan serangan pesawat tak berawak terhadap Abdul Hamid al-Matar, pemimpin senior al Qaeda lainnya, kata Komando Pusat.

Dan pada Desember 2021, militer menargetkan Musab Kinan, seorang pemimpin senior afiliasi al Qaeda Hurras al-Din, dekat Idlib. Komando Pusat membuka penyelidikan kemungkinan korban sipil dari serangan itu, tetapi Pentagon tidak dapat memberikan pembaruan pada saat itu.

3 dari 4 halaman

Maher Al-Agal Tewas Saat Mengendarai Sepeda Motor

Maher Al-Agal tewas saat mengendarai sepeda motor di dekat Jindires di Suriah utara, dan salah satu ajudan utamanya "luka parah," juru bicara Komando Pusat Pentagon Letnan Kolonel. Dave Eastburn mengatakan kepada AFP.

Observatorium Suriah untuk Hak Asasi Manusia mengkonfirmasi Agal tewas dalam serangan pesawat tak berawak.

Relawan Pasukan Pertahanan Sipil Suriah, yang dikenal sebagai White Helmet, mengatakan satu orang tewas dan lainnya terluka dalam serangan yang menargetkan sepeda motor di luar Aleppo, tetapi tidak mengidentifikasi para korban.

Ada sedikit informasi yang tersedia tentang Agal, yang oleh Observatorium disebut sebagai gubernur Daesh untuk Levant (ISIS). Komando Pusat AS menyebutnya “salah satu dari lima besar” pemimpin Daesh secara keseluruhan.

“Selain menjadi pemimpin senior dalam kelompok itu, Al-Agal bertanggung jawab untuk secara agresif mengejar pengembangan jaringan Daesh di luar Irak dan Suriah,” kata mereka dalam sebuah pernyataan.

4 dari 4 halaman

Disebut Terkait Kelompok Ahrar Al-Sharqiya

Menurut juru bicara Pasukan Demokratik Suriah Kurdi sekutu AS, kedua orang yang menjadi sasaran memiliki hubungan dengan Ahrar Al-Sharqiya, sebuah kelompok bersenjata yang beroperasi di Suriah utara. Kelompok tersebut telah mengintegrasikan mantan pemimpin dan anggota Daesh dan kelompok ekstremis lainnya, dan telah melakukan serangan terhadap sasaran Kurdi di dalam wilayah yang dikuasai Turki di Suriah utara.

Ahrar Al-Sharqiya bertanggung jawab atas pembunuhan 2019 terhadap politisi wanita Kurdi terkemuka Hevrin Khalaf, yang memicu kecaman internasional.

Departemen Keuangan AS menempatkan kelompok itu dalam daftar hitam sanksi pada Juli 2021.

"Ahrar Al-Sharqiya telah melakukan banyak kejahatan terhadap warga sipil, khususnya Kurdi Suriah, termasuk pembunuhan di luar hukum, penculikan, penyiksaan, dan penyitaan properti pribadi," kata Departemen Keuangan.Dikatakan kelompok itu mengendalikan kompleks penjara besar di luar Aleppo "di mana ratusan telah dieksekusi sejak 2018."

"Penjara itu juga digunakan untuk menjalankan operasi penculikan untuk tebusan yang menargetkan pengusaha dan politisi oposisi di provinsi Idlib dan Aleppo," kata Departemen Keuangan.

Dua pembunuhan terakhir yang ditargetkan terhadap para pemimpin Daesh terjadi di daerah-daerah yang dikuasai Turki di Suriah utara, di mana kelompok-kelompok seperti Ahrar Al-Sharqiya aktif dan memiliki pengetahuan lokal tentang medan dan keluarga.Serangan itu terjadi lima bulan setelah serangan AS malam hari di kota Atme, yang menyebabkan kematian pemimpin Daesh secara keseluruhan, Abu Ibrahim Al-Qurashi.

Para pejabat AS mengatakan Qurashi tewas ketika dia meledakkan bom untuk menghindari penangkapan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.