Sukses

13 Juli 2020: Hilang 5 Hari, Jasad Bintang Glee Naya Rivera Ditemukan di Danau Piru

Lima hari kemudian, jasad bintang Glee, Naya Rivera ditemukan. Ternyata ia menyelamatkan sang anak, namun tak bisa menyelamatkan diri sendiri. Ini kisah selengkapnya.

Liputan6.com, California - Senin 13 Juli 2020, penyelidik mendapat titik terang atas hilangnya bintang Glee, Naya Rivera. Tim tersebut yakin mereka telah menemukan jasadnya, hampir sepekan setelah dia dilaporkan hilang di sebuah danau di California.

Berbicara di sebuah konferensi pers, Sherif Ventura County William Ayub mengatakan tubuh Naya Rivera ditemukan di dekat permukaan air di bagian timur laut danau. Kedalaman air di daerah itu adalah antara 35 dan 60 kaki sekitar 10 sampai 18 meter. Demikian seperti mengutip New York Times, Selasa 14 Juli.

Sherif Ayub mengatakan jasad itu diidentifikasi sebagai Rivera berdasarkan lokasi, karakteristik fisik, pakaian dan kondisi, "serta tidak adanya orang lain yang dilaporkan hilang di daerah tersebut." 

Tidak ada jaket pelampung di tubuhnya, katanya.

Ia menambahkan, dalam penemuan jenazah Naya Rivera ini, tak ada indikasi bahwa telah terjadi tindak kriminal atau bunuh diri.

Disebutkan pula bahwa jenazah ini ditemukan mengapung di wilayah danau bagian bagian timur laut. Di sana, kedalaman air sekitar 10-18 meter.

Kantor Pemeriksa Medis Wilayah Ventura kemudian akan melakukan autopsi, dan akan menggunakan catatan gigi untuk membuat "identifikasi positif" yang menyatakan tubuh (Naya Rivera), kata Sheriff Ayub.

Detik-Detik Menghilangnya Naya Rivera

Pada hari-hari sejak bintang Glee itu menghilang pada 8 Juli di Lake Piru atau Danau Piru, tim pencarian dari berbagai lembaga di seluruh negara bagian menjelajahi danau, menggunakan bantuan helikopter, ATV, perahu, drone, anjing, dan peralatan selam.

Rivera dan putranya yang berusia 4 tahun adalah satu-satunya orang yang menggunakan ponton yang ia sewa di Danau Piru ketika mereka pergi ke sana pada pekan pertama Juli 2020, menurut video keamanan yang dirilis oleh Kantor Sheriff. 

Video juga menunjukkan bahwa mereka tiba di dermaga dengan SUV gelap, berjalan ke marina dan kemudian menuju ke utara di atas kapal di danau.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Dinyatakan Hilang Karena Kapal Tak Pulang Tepat Waktu

Ketika kapal sepanjang 20 kaki itu tidak kembali tepat waktu pada sore hari tanggal 8 Juli, para pekerja dari dermaga mulai mencarinya.

Pelaut lain menemukan anak Rivera pada pukul 4 sore hari itu. Mengenakan jaket pelampung, tertidur dan sendirian. Pelampung kedua juga ditemukan di kapal pada saat itu. 

Anak itu mengatakan kepada penyelidik bahwa dia dan ibunya telah berenang di danau, dan dia kembali ke kapal tetapi ibunya belum, menurut Kantor Sherif.

Sersan Donoghue mengatakan pada hari berikutnya bahwa kapal itu ditemukan di bagian utara danau, di daerah di mana airnya sekitar 30 kaki (berkisar 18 meter). Upaya pencarian telah terhambat oleh visibilitas air yang terbatas kurang dari satu kaki atau sekitar 30 cm siang hari, dan pohon-pohon serta puing-puing di bawah permukaan.

Misi pencarian dan penyelamatan bergeser menjadi upaya pencarian dan pemulihan seiring hari berjalan. Pihak berwenang mengatakan mereka percaya Rivera secara tidak sengaja tenggelam. Bukan bunuh diri atau lainnya.

3 dari 4 halaman

Naya Rivera Menolong Anak Naik Kapal Sebelum Tewas Tenggelam

Terungkap fakta baru seputar kematian Naya Rivera di Danau Piru. Hal ini disampaikan kantor Sheriff Ventura, dalam konferensi pers yang digelar tak berapa lama jenazah bintang Glee tersebut ditemukan.

Dilansir dari People, Selasa (14/7/2020), persis sebelum menghilang, Naya Rivera sebenarnya tengah membantu anaknya naik kapal.

Fakta ini diketahui dari kesaksian anak Naya Rivera yang berusia empat tahun, yang baru dibuka ke publik.

"Kami tahu setelah bicara dengan anaknya, bahwa dia dan Naya berenang di danau bersama dalam perjalanan mereka. Saat itu, anaknya menggambarkan bahwa dia dibantu naik ke atas kapal oleh Naya, yang mendorongnya ke geladak dari belakang," tutur Sheriff Ventura, Bill Ayub.

Tragisnya, setelah membantu anaknya ini, Naya Rivera tak mampu mengangkat dirinya sendiri ke kapal.

"(Anak Naya) berkata kepada petugas bahwa dia menengok ke belakang dan melihat (Naya) menghilang dari permukaan air," tuturnya.

Bill Ayub mengatakan bahwa di Danau Piru ada banyak arus yang muncul, terutama pada siang hari, waktu kejadian menghilangnya Naya Rivera. Arus ini, membuat kapal mulai terhanyut.

"Kemungkinan saat kapal mulai berjalan, jangkarnya tak diturunkan, dan dia mengumpulkan energi yang cukup untuk membawa anaknya naik ke kapal, tapi ia tak cukup (kuat) untuk menyelamatkan dirinya sendiri," kata sang sheriff menambahkan.

Setelahnya, putra Naya ditemukan sendirian oleh seorang karyawan penyewaan kapal. Sang karyawan mencari kapal yang disewa Naya tersebut, karena waktu perjanjian telah habis.

"Anak Naya ditemukan sedang tertidur di kapal, yang mengikuti arus hingga ke bagian timur laut dari danau yang dikenal sebagai 'The Narrows'," tutur Ayub.

Bocah kecil ini ditemukan dengan mengenakan jaket penyelamat dan terbungkus handuk.

4 dari 4 halaman

Hasil Autopsi Naya Rivera Diumumkan

Setelah ditemukan di Danau Piru, California, pada Senin (13/7/2020) pagi waktu setempat, jenazah Naya Rivera langsung diserahkan ke petugas koroner untuk diautopsi. Tak perlu waktu lama, kini hasilnya telah terungkap ke publik.

Dilansir dari E! News, Rabu (15/7/2020), hasil autopsi Naya Rivera sejalan dengan perkiraan sebelumnya. Yakni bintang Glee tersebut tenggelam dengan tidak sengaja. Bukan akibat tindak kriminal atau upaya bunuh diri. 

"Penemuan autopsi konsisten, tenggelam dengan kondisi tubuh yang konsisten dengan waktu saat ia berada di bawah air," begitu isi laporan autopsi. Selain itu, tak ditemukan tanda kekerasan di tubuh Naya Rivera.

"Tak ada luka trauma atau penyakit yang diidentifikasi saat autopsi. Dari investigasi atau pemeriksaan juga tak ada indikasi bahwa ada peran obat-obatan atau alkohol di dalamnya," begitu tambahan informasi dalam laporan ini.

Dokumen Kematian

Awal Juli 2020 publik digemparkan dengan kejadian hilangnya aktris Glee, Naya Rivera, di Danau Piru, California, Amerika Serikat. Lima hari kemudian, ia ditemukan telah tak bernyawa.

Setelahnya, tak terdengar kabar mengenai pemakaman Naya Rivera. Kini akhirnya terungkap bahwa aktris yang meninggal di usia 33 tahun tersebut telah dimakamkan pada 24 Juli 2020, sekitar dua minggu dari kejadian nahas yang menimpanya.

Diwartakan People, Jumat 31 Juli 2020, Naya Rivera dimakamkan di Forest Lawn Memorial Park, Los Angeles. Hal ini terungkap dari dokumen kematiannya.

Selain tempat pemakaman, dokumen ini juga menyebutkan fakta lain mengenai tewasnya Naya Rivera.

Dalam kolom penyebab kematian, disebutkan bahwa kematian Naya Rivera adalah akibat tenggelam. Ia dinyatakan meninggal dunia dalam hitungan menit.

Selain itu, tak ada faktor lain yang menyebabkan kematiannya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.