Sukses

Penembakan di Empat Toko 7-Eleven California, 2 Orang Tewas

Dua orang tewas dan tiga terluka dalam penembakan di empat toko 7-Eleven di California Selatan.

Liputan6.com, Brea - Dua orang tewas dan tiga lainnya terluka dalam penembakan di empat toko 7-Eleven di California Selatan pada Senin (11/7) pagi waktu setempat, kata pihak berwenang.

Penembakan terjadi di toko 7-Eleven di Brea, sebuah kota di Northerd Orange County, sekitar pukul 04.18 waktu setempat (11.18 GMT), menyebabkan seorang pria tewas, menurut Departemen Kepolisian Brea.

"Penyelidikan awal kami menunjukkan bahwa petugas itu tewas akibat perampokan. Kami kemudian mengetahui bahwa insiden serupa terjadi di 7-Eleven di La Habra," cuit departemen itu, seperti dikutip dari Xinhua, Selasa (12/7/2022).

La Habra adalah sebuah kota di sudut barat laut Orange County.

Departemen kepolisian La Habra mengatakan dalam siaran pers bahwa petugas mereka menanggapi perampokan di toko 7-Eleven sekitar pukul 04.55 pagi waktu setempat.

"Petugas tiba di lokasi dan menemukan dua korban yang menderita luka tembak," kata Departemen Kepolisian La Habra, seraya menambahkan bahwa kedua korban dibawa ke rumah sakit setempat dan terdaftar dalam kondisi stabil.

Departemen Kepolisian Santa Ana juga mengatakan seorang pria ditembak mati pada pukul 03.25 pagi waktu setempat (10.25 GMT) di sebuah toko 7-Eleven di kota itu, pusat Orange County.

Berdasarkan foto-foto yang berhasil ditangkap di Brea dan La Habra, polisi mengatakan mereka yakin itu adalah tersangka yang sama di Santa Ana, menurut City News Service, sebuah layanan kawat regional yang mencakup California Selatan.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Upaya Perampokan di 7-Eleven

Selain itu, seorang pelanggan ditembak di Riverside County, 40 menit berkendara dari Orange County, sekitar pukul 01.50 waktu setempat, dalam apa yang digambarkan polisi sebagai perampokan di toko 7-Eleven, lapor City Layanan Berita.

Petugas polisi belum menghubungkan insiden keempat dengan tiga penembakan di Orange County.

Pihak berwenang mengatakan, mereka akan memperingatkan toko 7-Eleven lainnya untuk mengambil tindakan pencegahan keamanan tambahan, stasiun televisi FOX 11 Los Angeles melaporkan.

"Hati kami bersama para korban dan orang yang mereka cintai. Kami mengumpulkan informasi tentang tragedi mengerikan ini dan bekerja dengan penegak hukum setempat," 7-Eleven, rantai toko serba ada multinasional Amerika, mengatakan dalam sebuah pernyataan.

3 dari 4 halaman

Penembakan di Gereja California AS

Belum lama ini, seorang pria bersenjata melepaskan tembakan di sebuah gereja California Selatan saat jamuan makan siang pada Minggu (15 Mei), menewaskan satu orang dan melukai lima orang, sebelum jemaat gereja menahan tersangka dan mengikat kakinya dengan kabel listrik, kata pihak berwenang.

Polisi menanggapi insiden yang terjadi sekitar pukul 1.:30 di Gereja Presbiterian Jenewa di Laguna Woods dan menangkap seorang tersangka tak dikenal berusia 60-an, kata Wakil Sheriff Orange County Jeff Hallock dalam konferensi pers. Demikian seperti dikutip dari laman Channel News Asia.

"Kelompok pengunjung gereja itu menunjukkan ... kepahlawanan dan keberanian yang luar biasa dalam campur tangan untuk menghentikan tersangka. Mereka tidak diragukan lagi mencegah cedera dan kematian tambahan," katanya.

Satu orang tewas di tempat kejadian sementara empat korban lainnya luka parah. Satu orang lagi mengalami luka ringan, katanya. Semua korban luka dibawa ke rumah sakit.

Sekitar 30 hingga 40 orang berada di dalam gereja ketika penembakan itu terjadi, kata Hallock.

"Saat ini, kami tidak tahu apa motif tersangka atau apakah dia memiliki target yang dimaksudkan, atau apakah ini bahkan insiden terkait kebencian," kata Hallock, menambahkan bahwa pihak berwenang yakin tersangka tidak tinggal di daerah tersebut. 

Dua pistol ditemukan di tempat kejadian.

4 dari 4 halaman

Penembakan Massal Kedua

"Tidak ada yang perlu takut pergi ke tempat ibadah mereka. Pikiran kami bersama para korban, masyarakat, dan semua yang terkena dampak peristiwa tragis ini," kata kantor Gubernur Gavin Newsom di Twitter.

Insiden ini setidaknya penembakan massal kedua akhir pekan di Amerika Serikat, yang telah diganggu dengan kekerasan senjata dalam beberapa tahun terakhir.

Sepuluh orang tewas dalam penembakan di negara bagian New York yang sedang diselidiki sebagai kejahatan kebencian bermotif rasial.

Seorang pria berusia 18 tahun ditahan setelah bentrok di tempat kejadian di kota Buffalo.

Tersangka memasuki supermarket yang sibuk pada Sabtu sore sebelum melepaskan tembakan. Dia menggunakan kamera untuk melakukan streaming serangan secara online, kata polisi.

FBI menggambarkan penembakan itu sebagai tindakan "ekstremisme kekerasan".

"Kami sedang menyelidiki insiden ini baik sebagai kejahatan kebencian dan kasus ekstremisme kekerasan bermotivasi rasial," Stephen Belongia, agen yang bertanggung jawab atas kantor FBI Buffalo, mengatakan pada konferensi pers.Tersangka diyakini telah berkendara selama beberapa jam untuk mencapai wilayah kota yang didominasi kulit hitam. 

13 orang ditembak dan sebagian besar korban berkulit hitam, kata Komisaris Polisi Buffalo Joseph Gramaglia. 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.