Sukses

Ajak Warga Bakar Diri, Pria Tibet Dihukum Mati

Pengadilan Provinsi Sichuan menjatuhkan hukuman mati kepada Lorang Konchok. Dia mengajak warga bakar diri.

Pria Tibet dihukum mati karena mengajak warga lain untuk membakar diri. Pengadilan Provinsi Sichuan menjatuhkan hukuman mati kepada Lorang Konchok (40) dan hukuman 10 tahun penjara kepada keponakan Konchok, Lorang Tsering (31) lantaran menghasut 8 orang untuk membakar diri sebagai aksi protes terhadap pemerintah China.

Dari 8 orang tersebut, 3 di antaranya membakar diri hingga tewas pada tahun 2012 lalu. Demikian pernyataan hakim Pengadilan Sichuan dalam pembacaan putusan, seperti dilansir Xinhua, Kamis (31/1/2013).

Tiga orang yang membakar diri tersebut, lanjut hakim pengadilan, bernama Lorang Tsedrup, Tsenam and Jokba. Sementara 5 orang lainnya membatalkan rencananya untuk membakar diri setelah polisi mencegah aksi mereka.

Konchok yang dihukum mati itu adalah seorang geshe, pemuka agama tingkat tinggi di Tibet. Dia dikenal sebagai tokoh yang sering mengajak warga Tibet untuk membakar diri dalam menuntut keadilan.

Hampir 100 warga Tibet telah membakar dirinya sejak 2009, sebagai aksi protes terhadap pemerintah China. Sebagian besar warga Tibet merasa tidak pemerintah China tidak adil hingga mereka meminta untuk keluar dari pemerintah Negeri Tirai Bambu itu. (Riz)

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini