Sukses

Menlu AS Anthony Blinken Bakal Desak Junta Myanmar dalam Kunjungan ke Thailand

Menteri luar negeri AS Anthony Blinken akan mendesak hal soal junta Myanmar dalam kunjungannya ke Thailand.

Liputan6.com, Jakarta - Menteri Luar Negeri Anthony Blinken pada Minggu (10 Juli) berjanji tidak akan berhenti menekan junta Myanmar, dan mengatakan China harus setuju saat ia bertemu dengan aktivis demokrasi dalam kunjungan ke negara tetangga Thailand.

Dilansir dari laman Channel News Asia, Minggu (10/7/2022), Blinken juga bertemu dengan para pemimpin Thailand dan memuji peran kerajaan dalam dorongan baru AS di Asia Tenggara, area utama persaingan dengan China.

Dalam pertemuan yang diadakan di luar kamera untuk melindungi anggota keluarga, diplomat tinggi AS itu mendengar dari para aktivis demokrasi muda dari Myanmar, yang militernya pada Februari 2021 menggulingkan pemerintah sipil, membanting pintu pada transisi demokrasi selama satu dekade yang dipelihara oleh Washington.

Blinken mengakui bahwa strategi sanksi AS terhadap junta belum membuahkan hasil tetapi berjanji bahwa Washington masih fokus, bahkan ketika memprioritaskan memerangi invasi Rusia ke Ukraina.

"Sayangnya aman untuk mengatakan bahwa kami tidak melihat gerakan positif dan sebaliknya, kami terus melihat penindasan terhadap rakyat Burma," kata Blinken kepada wartawan, menggunakan nama lama Myanmar, Burma.

"Kami akan terus mencari cara yang kami bisa, dan negara lain dapat, secara efektif menekan mereka untuk kembali ke jalur demokrasi."

Dia menyerukan Perhimpunan Bangsa-Bangsa Asia Tenggara, yang pada April 2021 mencapai "konsensus" dengan junta yang mencakup dialog dengan oposisi, untuk "meminta pertanggungjawaban rezim" atas janjinya.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Dorong China

Blinken menolak untuk mengkritik kunjungan Menteri Luar Negeri China Wang Yi baru-baru ini, tetapi meminta Beijing untuk mendukung seruan internasional untuk demokrasi.

"Saya pikir itu juga merupakan kewajiban China dan kepentingan China untuk melihat Burma kembali ke jalur yang sebelumnya telah dirusak oleh kudeta," kata Blinken.

Puluhan ribu orang telah meninggalkan Myanmar, kondisi kemanusiaan memburuk dan konflik etnis meningkat sejak militer menggulingkan dan menangkap pemimpin sipil Aung San Suu Kyi. 

3 dari 4 halaman

Thailand Sekutu AS

Thailand adalah sekutu tertua Amerika di Asia, yang terkenal menawarkan gajah kepada Abraham Lincoln selama Perang Saudara, tetapi juga semakin banyak bekerja dengan China.

Blinken mengunjungi beberapa hari setelah kunjungan Wang, yang telah memulai tur yang lebih luas di Asia Tenggara di mana ia telah menyoroti anggaran infrastruktur Beijing yang mewah.

Menandatangani perjanjian untuk terus memperluas hubungan, Blinken menunjuk pada dukungan Thailand terhadap rencana ekonomi baru yang dipimpin AS untuk Asia serta upayanya dalam perubahan iklim.

Di Thailand, "kami memiliki sekutu dan mitra di Indo-Pasifik yang sangat penting bagi kami di kawasan yang membentuk lintasan abad ke-21, dan itu terjadi setiap hari", kata Blinken.

Amerika Serikat telah mengidentifikasi China, dengan sistem otoriternya dan sumber daya teknologi dan militer yang berkembang, sebagai saingan globalnya yang unggul, tetapi kedua negara baru-baru ini berusaha menurunkan suhu, seperti yang terlihat dalam pertemuan lima jam yang luar biasa panjang pada hari Sabtu antara Wang dan Blinken.

4 dari 4 halaman

Kunjungan ke Thailand

Di Bangkok, Blinken bertemu dengan Perdana Menteri Prayut Chan-o-cha, yang menyebut perjalanan itu sebagai "kesempatan bahagia" dan memberi hormat "hubungan dekat dan ramah" dengan Amerika Serikat.

Perjalanan Blinken menandai normalisasi lanjutan hubungan AS dengan Thailand di bawah Prayut, yang memimpin kudeta militer yang menggulingkan pemerintah pada 2014, yang memicu sanksi AS.

Prayut menjadi perdana menteri dalam pemilihan 2019, yang telah mengantarkan secara bertahap kembalinya wacana politik terbuka.

Dalam pernyataan bersama yang ditandatangani oleh Blinken dan Menteri Luar Negeri Don Pramudwinai, Amerika Serikat dan Thailand menyebut demokrasi "penting" bagi gagasan Asia kedua negara.

"Lembaga demokrasi yang kuat, masyarakat sipil yang independen, dan pemilihan umum yang bebas dan adil adalah inti dari visi ini, memungkinkan masyarakat kita masing-masing untuk mencapai potensi penuh mereka," katanya.

Mengatasi satu masalah yang merupakan prioritas tinggi bagi pemerintahan Presiden Joe Biden, pernyataan itu mengatakan Washington dan Bangkok akan mempromosikan "masyarakat terbuka dan inklusif" untuk orang- orang LGBTQ.

Blinken juga memuji Thailand karena menandatangani rencana Biden untuk menghubungkan Asia Tenggara dengan perusahaan yang mempromosikan energi hijau, dengan mengatakan bahwa perusahaan telah menjanjikan US$2,7 miliar di negara tersebut.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.