Sukses

Demonstran Serbu Istana Presiden Sri Lanka, Massa yang Marah Juga Bakar Rumah PM

Sabtu 9 Juli 2022 menjadi hari paling kacau di negara Sri Lanka dalam beberapa bulan kekacauan politik dan krisis ekonomi yang mendera.

Liputan6.com, Kolombo - Sabtu 9 Juli 2022 menjadi hari paling kacau di negara Sri Lanka dalam beberapa bulan kekacauan politik dan krisis ekonomi yang mendera.

Presiden dan perdana menteri Sri Lanka akhirnya setuju untuk mengundurkan diri tak lama setelahnya pada hari Sabtu, ketika pengunjuk rasa menyerbu rumah kedua pejabat dan membakar salah satu bangunan dalam kemarahan atas krisis ekonomi negara yang parah.

Awalnya Perdana Menteri (PM) Sri Lanka Ranil Wickremesinghe mengadakan pertemuan dengan para pemimpin politik dan mengatakan dia bersedia mundur untuk membuka jalan bagi pemerintah persatuan. Tapi itu gagal menenangkan pengunjuk rasa, yang akhirnya menyerbu kediaman pribadi perdana menteri dan membakarnya setelah malam tiba.

Para pengunjuk rasa berbaris menuju kediaman resmi PM Sri Lanka Ranil Wickremesinghe, mendorong polisi untuk menggunakan gas air mata dan meriam air terhadap mereka.

Menurut laporan lokal, wartawan diserang oleh pasukan keamanan Wickremesinghe.

Setelah laporan tentang wartawan yang diserang muncul ke permukaan, massa berbaris menuju kediaman Perdana Menteri Ranil Wickremesinghe dan membakarnya. Polisi kemudian menembakkan gas air mata ke arah massa yang berbaris ke rumah Ranil Wickeremesinghe.

Perdana Menteri Ranil Wickremesinghe mengatakan dia akan meninggalkan jabatannya begitu pemerintahan baru terbentuk, dan beberapa jam kemudian ketua parlemen, Mahinda Yapa Abeywardena, mengumumkan Presiden Gotabaya Rajapaksa akan mundur pada Rabu 13 Juli.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Presiden Kabur Saat Istana Diserbu, Demonstran Berenang hingga Gym

Mengutip India Today, ribuan demonstran pada Sabtu 9 Juli 2022 menyerbu istana kepresidenan di Kolombo. Mereka lalu menikmati kemewahan yang disediakan untuk Presiden dan keluarganya di tempat itu, seperti di rumah sendiri.

Bahkan para pengunjuk rasa terlihat berenang di kolam renang, berolahraga di gym kepresidenan, dan melahap makanan di dapur Presiden.

Setelah menyerbu gerbang istana kepresidenan, kerumunan pengunjuk rasa berjalan melalui kamarnya, dengan beberapa di antara kerumunan yang riuh melompat ke kolam renang.

Mengutip AFP, demonstran lain dilaporkan terlihat tertawa dan bersantai di kamar tidur yang megah di kediaman itu. Salah satunya mengeluarkan apa yang dia klaim sebagai underwear alias celana dalam Presiden Sri Lanka Gotabaya Rajapaksa.

Sementara itu, Presiden Sri Lanka Gotabaya Rajapaksa terpaksa melarikan diri di tengah meningkatnya kekerasan dan tuntutan pengunduran dirinya. Rajapaksa harus dikeluarkan dari kediamannya oleh pasukan yang melepaskan tembakan ke udara untuk mencegah kerumunan orang di luar.

Pada waktu yang hampir bersamaan, pemimpin Sri Lanka itu dikabarkan naik kapal angkatan laut di pelabuhan Kolombo dan dibawa ke perairan selatan pulau itu, di mana dia memberi tahu bahwa dia akhirnya tunduk pada seruan berbulan-bulan untuk pengunduran dirinya.

Itu adalah hari paling kacau di negara itu dalam beberapa bulan kekacauan politik dan krisis Sri Lanka. Presiden dan perdana menteri Sri Lanka akhirnya setuju untuk mengundurkan diri tak lama setelahnya pada hari Sabtu, ketika pengunjuk rasa menyerbu rumah kedua pejabat dan membakar salah satu bangunan dalam kemarahan atas krisis ekonomi negara yang parah.

 

3 dari 4 halaman

Tekanan Meningkat Akibat Kelangkaan Bahan Pokok

Tekanan pada kedua pemimpin tumbuh ketika krisis ekonomi memicu kekurangan akut barang-barang penting (bahan pokok), membuat orang berjuang untuk membeli makanan, bahan bakar, dan kebutuhan lainnya.

Ribuan orang berkumpul di ibu kota Kolombo untuk menuntut pemerintah bertanggung jawab atas kesalahan pengelolaan keuangan negara.

Presiden Rajapaksa menunjuk Wickremesinghe sebagai perdana menteri pada bulan Mei dengan harapan bahwa politikus karir itu akan menggunakan diplomasi dan kontaknya untuk menghidupkan kembali ekonomi yang runtuh. Namun kesabaran masyarakat semakin menipis karena kelangkaan bahan bakar, obat-obatan dan gas untuk memasak semakin bertambah dan cadangan minyak semakin menipis. Pihak berwenang juga telah menutup sementara sekolah.

Sri Lanka mengandalkan bantuan dari India dan negara-negara lain ketika para pemimpin mencoba untuk menegosiasikan bailout dengan Dana Moneter Internasional. PM Wickremesinghe baru-baru ini mengatakan bahwa negosiasi dengan IMF rumit karena Sri Lanka sekarang menjadi negara bangkrut.

Sri Lanka mengumumkan pada bulan April bahwa mereka menangguhkan pembayaran pinjaman luar negeri karena kekurangan mata uang asing. Total utang luar negerinya mencapai $51 miliar, yang harus dibayar kembali $28 miliar pada akhir tahun 2027.

4 dari 4 halaman

3 Orang Luka Tembak, 36 Lainnya Kesulitan Bernapas

Perdana Menteri Ranil Wickremesinghe, orang pertama yang menggantikan Rajapaksa, mengadakan pertemuan dengan para pemimpin politik dan mengatakan dia bersedia mundur untuk membuka jalan bagi pemerintah persatuan.

Tapi langkah itu gagal menenangkan pengunjuk rasa, yang menyerbu kediaman pribadi perdana menteri dan membakarnya setelah malam tiba.

Rekaman yang dibagikan di media sosial menunjukkan kerumunan bersorak-sorai atas kobaran api, yang terjadi tak lama setelah detasemen keamanan yang menjaga Wickremesinghe menyerang beberapa wartawan di luar rumah.

Tidak ada korban yang dilaporkan dalam kebakaran sejauh ini, dan polisi mengatakan PM Wickremesinghe dan keluarganya sedang pergi pada saat itu.

Pasukan keamanan berusaha untuk membubarkan kerumunan besar yang telah mengerumuni distrik administratif Kolombo pada hari sebelumnya, dengan puluhan terluka dalam bentrokan yang dihasilkan.

Seorang juru bicara rumah sakit utama Kolombo mengatakan tiga orang dirawat karena luka tembak, bersama dengan 36 lainnya menderita kesulitan bernapas setelah terperangkap dalam rentetan gas air mata.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.