Sukses

Istana Diserbu Massa, Presiden Sri Lanka Siap Mundur 13 Juli 2022 Demi Transisi Damai

Presiden Sri Lanka Siap Mundur dari Jabatan 13 Juli 2022**

Liputan6.com, Kolombo - Presiden Sri Lanka Gotabaya Rajapaksa akhirnya mengumumkan pengunduran dirinya pada Sabtu 9 Juli 2022, beberapa jam setelah kerumunan pengunjuk rasa yang marah mengejarnya ke kediamannya. Hal itu terjadi ketika berbulan-bulan frustrasi yang disebabkan oleh krisis ekonomi yang belum pernah terjadi sebelumnya.

Presiden Gotabaya Rajapaksa bahkan harus dikeluarkan dari kediamannya oleh pasukan yang melepaskan tembakan ke udara untuk mencegah kerumunan orang di luar. Segera setelah mereka menyerbu istana presiden, kantor pinggir laut Rajapaksa di dekatnya juga jatuh ke tangan para pengunjuk rasa.

Pada waktu yang hampir bersamaan, pemimpin Sri Lanka itu dikabarkan naik kapal angkatan laut di pelabuhan Kolombo dan dibawa ke perairan selatan pulau itu, di mana dia memberi tahu bahwa dia akhirnya tunduk pada seruan berbulan-bulan untuk pengunduran dirinya.

"Untuk memastikan transisi damai, presiden mengatakan dia akan mundur pada 13 Juli," kata ketua parlemen Mahinda Abeywardana dalam sebuah pernyataan yang disiarkan televisi seperti dikutip dari AFP, Minggu (10/7/2022).

Awal Penyerbuan

Ratusan ribu orang berkumpul di ibu kota Kolombo untuk menuntut pemerintah bertanggung jawab atas kesalahan pengelolaan keuangan negara, dan atas kekurangan pangan dan bahan bakar yang melumpuhkan.

Setelah menyerbu gerbang istana kepresidenan Sri Lanka, kerumunan pengunjuk rasa berjalan melalui kamarnya, dengan beberapa di antara kerumunan yang riuh melompat ke kolam renang.

Laporan India Today menyebut bahkan para pengunjuk rasa terlihat berolahraga di gym kepresidenan, dan melahap makanan di dapur presiden.

Mengutip AFP, demonstran lain dilaporkan terlihat tertawa dan bersantai di kamar tidur yang megah di kediaman itu. Salah satunya mengeluarkan apa yang dia klaim sebagai underwear alias celana dalam Presiden Sri Lanka Gotabaya Rajapaksa.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

3 Orang Luka Tembak, 36 Lainnya Kesulitan Bernapas

Perdana Menteri Ranil Wickremesinghe, orang pertama yang menggantikan Rajapaksa, mengadakan pertemuan dengan para pemimpin politik dan mengatakan dia bersedia mundur untuk membuka jalan bagi pemerintah persatuan.

Tapi langkah itu gagal menenangkan pengunjuk rasa, yang menyerbu kediaman pribadi perdana menteri dan membakarnya setelah malam tiba.

Rekaman yang dibagikan di media sosial menunjukkan kerumunan bersorak-sorai atas kobaran api, yang terjadi tak lama setelah detasemen keamanan yang menjaga Wickremesinghe menyerang beberapa wartawan di luar rumah.

Tidak ada korban yang dilaporkan dalam kebakaran sejauh ini, dan polisi mengatakan PM Wickremesinghe dan keluarganya sedang pergi pada saat itu.

Pasukan keamanan berusaha untuk membubarkan kerumunan besar yang telah mengerumuni distrik administratif Kolombo pada hari sebelumnya, dengan puluhan terluka dalam bentrokan yang dihasilkan.

Seorang juru bicara rumah sakit utama Kolombo mengatakan tiga orang dirawat karena luka tembak, bersama dengan 36 lainnya menderita kesulitan bernapas setelah terperangkap dalam rentetan gas air mata.

3 dari 3 halaman

Krisis Ekonomi Sri Lanka

Sri Lanka telah menderita selama berbulan-bulan kekurangan barang-barang pokok, pemadaman listrik yang berkepanjangan dan inflasi yang tinggi setelah kehabisan mata uang asing untuk mengimpor kebutuhan.

Pemerintah telah gagal membayar utang luar negerinya sebesar $51 miliar dan sedang mencari dana talangan Dana Moneter Internasional.

Ribuan orang telah membanjiri ibu kota untuk demonstrasi hari Sabtu, pecahnya kerusuhan terbaru yang dipicu oleh krisis.

Polisi telah mencabut jam malam yang dikeluarkan pada hari Jumat setelah partai-partai oposisi, aktivis hak asasi dan asosiasi pengacara mengancam akan menuntut kepala polisi.

Ribuan pengunjuk rasa anti-pemerintah mengabaikan perintah tinggal di rumah dan bahkan memaksa otoritas kereta api untuk mengoperasikan kereta api yang membawa mereka ke Kolombo untuk demonstrasi hari Sabtu, kata para pejabat.

"Jam malam bukanlah penghalang. Bahkan, itu mendorong lebih banyak orang untuk turun ke jalan sebagai pembangkangan," kata pejabat pertahanan itu.

Sri Lanka bahkan hampir kehabisan persediaan bensin yang sudah langka, dan orang-orang yang tidak dapat melakukan perjalanan ke ibu kota mengadakan protes di kota-kota lain di seluruh pulau.

Demonstran telah mempertahankan kamp protes selama berbulan-bulan di luar kantor Rajapaksa menuntut pengunduran dirinya.

Kamp tersebut merupakan tempat bentrokan pada bulan Mei ketika sekelompok loyalis Rajapaksa menyerang pengunjuk rasa damai yang berkumpul di sana.

Sembilan orang tewas dan ratusan lainnya luka-luka setelah kekerasan memicu pembalasan terhadap massa pro-pemerintah dan serangan pembakaran di rumah-rumah anggota parlemen.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.