Sukses

Pendeta Penyebar Hoaks di Nigeria Ditangkap, Tipu Jemaah Sebut Yesus Akan Turun ke Bumi

Polisi di Nigeria baru-baru ini membebaskan 77 orang, termasuk anak-anak, dari ruang bawah tanah sebuah gereja di mana mereka telah menunggu Kedatangan Kedua Yesus.

Liputan6.com, Abuja - Polisi di Nigeria baru-baru ini membebaskan 77 orang, termasuk anak-anak, dari ruang bawah tanah sebuah gereja di mana mereka telah menunggu Kedatangan Kedua Yesus Kristus selama beberapa bulan.

Penggerebekan di Gereja Whole Bible Believers di daerah Valentino di Kota Ondo terjadi setelah seorang ibu setempat melaporkan polisi tentang hilangnya sejumlah anak-anak, dan memberi tahu mereka bahwa dia curiga mereka pergi ke gereja.

Ketika mereka memasuki tempat ibadah, polisi menemukan 77 orang ditahan di ruang bawah tanah oleh Pendeta dan wakilnya, yang telah memberi tahu mereka bahwa akan ada Kedatangan Kedua Yesus Kristus.

Pihak berwenang mengklaim bahwa gereja mendorong orang untuk "tinggal di belakang" dan menunggu Pengangkatan, dan beberapa dari mereka diyakini telah tinggal di gereja selama beberapa bulan, demikian dikutip dari laman Oddity Central, Jumat (8/7/2022).

Kisah yang menggelisahkan ini dimulai ketika asisten pendeta dari Gereja Whole Bible Believers mulai memberi tahu umat bahwa Tuhan telah memberi tahu dia bahwa Kedatangan Kedua Yesus akan terjadi pada bulan April 2022.

Menurut para penyelidik, beberapa dari 26 anak -- beberapa semuda 8 tahun -- 8 remaja dan 43 orang dewasa telah tinggal di dalam gereja, menunggu hari besar sejak Agustus 2021, dan lainnya sejak Januari 2022.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Sempat Ubah Tanggal

Ketika Kedatangan Kedua Yesus tidak terjadi pada bulan April, seperti yang dinubuatkan, para pemimpin gereja hanya mengubah tanggal, mengklaim bahwa Pengangkatan telah ditunda hingga September 2022.

Dan bukannya menyebut mereka sebagai penipu, orang-orang tetap tinggal dan bahkan ada saja orang baru terus bergabung dengan mereka.

“Penyelidikan awal mengungkapkan bahwa salah satu Pendeta Josiah Peter Asumosa, asisten pendeta di gereja, adalah orang yang memberi tahu para anggota bahwa Pengangkatan akan terjadi pada bulan April, tetapi kemudian mengatakan itu telah diubah menjadi September 2022 dan menyuruh para anggota muda untuk mematuhinya. Hanya orang tua mereka di dalam Tuhan,” Funmilayo Odunlami, seorang petugas pers polisi mengatakan kepada wartawan.

Para pemimpin Gereja Whole Bible Believers telah ditahan, tetapi para penyelidik belum menemukan bukti bahwa orang-orang yang ditemukan di ruang bawah tanah gereja telah ditahan di sana di luar kehendak mereka.

 

 

3 dari 3 halaman

Ingin Melihat Yesus

Bukti menunjukkan bahwa orang hanya percaya pemimpin agama mereka, dan beberapa anak hanya ingin berada di sana untuk menyaksikan Kedatangan Kedua Yesus.

Ketika pihak berwenang datang dan menggerebek gereja, beberapa orang yang tinggal di sana dilaporkan menolak untuk dibawa pergi, dan anak-anak mengutuk orang tua mereka yang datang untuk membawa mereka pulang.

Sebagian besar bersikeras bahwa mereka berjalan ke ruang bawah tanah secara sukarela.

“Mereka mengadakan kebaktian sepanjang waktu dan orang-orang jarang tidur ketika mereka berjaga-jaga,” kata seorang wanita yang tinggal di dekatnya.

“Sampai hari Selasa ketika seorang wanita datang mengatakan mereka tidak melepaskan kedua anaknya.”

Investigasi atas kasus ini masih berlangsung, tetapi ini jelas bukan cerita aneh pertama yang kami tampilkan yang melibatkan gereja dan pelayanan Kristen di Afrika.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.