Sukses

Profil Shinzo Abe, Eks PM Jepang yang Meninggal Usai Ditembak Saat Pidato

Berikut ini sekilas profil Shinzo Abe, mantan PM Jepang yang meninggal dunia setelah ditembak oleh seorang pria yang diidentifikasi sebagai Tetsuya Kagami, warga Nara.

Liputan6.com, Tokyo - Politikus terkemuka Jepang dan mantan Perdana Menteri Shinzo Abe meninggal pada Jumat (8/7/2022), beberapa jam setelah ditembak ketika ia tengah pidato kampanye.

Perdana Menteri Jepang saat ini, Fumio Kishida menyebut serangan itu sebagai "insiden biadab dan jahat" yang "benar-benar tidak dapat ditoleransi."

Abe berada di kota barat Nara untuk mencari dukungan bagi kandidat Partai Demokrat Liberal (LDP) yang berkuasa untuk pemilihan senat akhir pekan.

Setidaknya dua tembakan terdengar dan Abe jatuh pingsan di tanah. Dia berdarah dan tembakan dilepaskan dari belakang.

Insiden Shinzo Abe ditembak itu terjadi tak lama setelah eks PM Jepang itu mulai berpidato sekitar pukul 11.30 waktu setempat (02.30GMT).

Penyerang yang kemudian diidentifikasi sebagai Tetsuya Yamagami, adalah pria berusia 41 tahun yang merupakan penduduk Nara. Ia ditangkap dan didakwa atas percobaan pembunuhan. Senapan yang digunakan dalam serangan itu telah disita.

Shinzo Abe telah mengundurkan diri dari kepemimpinan LDP karena masalah kesehatan akut pada musim gugur 2020.

"Saya telah memutuskan untuk mundur sebagai perdana menteri karena kesehatan yang buruk seharusnya tidak mengarah pada keputusan politik yang salah," Abe mengumumkan pada akhir Oktober 2020.

"Saya akan melanjutkan (pekerjaan politik saya)," tambah Abe, yang telah memimpin LDP sebagai perdana menteri terlama di negara itu, mengalahkan rekor sebelumnya 2.798 hari yang dipegang oleh paman buyutnya, Eisaku Sato (1901-1975).

Berikut ini sekilas profil Shinzo Abe, mengutip Anadolu Agency

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Ciri Khas Shinzo Abe: 'Politik Menuntut Hasil', PM Jepang Termuda

Moto "politik menuntut hasil" adalah ciri khas Abe.

Abe, perdana menteri termuda Jepang ketika ia pertama kali menjabat pada tahun 2006 pada usia 52 tahun, mengalami komplikasi kesehatan yang serius di akhir karir politiknya.

Ia adalah keturunan dari keluarga politik, kakeknya, Kishi Nobusuke, yang menjabat sebagai perdana menteri Jepang antara tahun 1957 dan 1960.

Abe merupakan almunus Universitas Seikei yang lulus pada tahun 1977, ia bekerja sebentar di perusahan baja Kobe antara tahun 1979 dan 1982 sebelum mengenakan jubah politik.

Dia bergabung dengan ayahnya politikus Shintaro Abe sebagai sekretaris.

Setelah kematian ayahnya, yang menjabat sebagai menteri luar negeri Jepang, Abe terjun ke politik elektoral pada tahun 1993 dan terpilih menjadi anggota Dewan Perwakilan – majelis rendah parlemen Jepang, yang secara lokal dikenal sebagai Diet.

Namun, kejutan pertama dalam karir politiknya datang ketika dia tiba-tiba mengundurkan diri karena penyakit radang usus besar yang parah pada tahun 2007. Dia baru menjabat selama satu tahun – September 2006 hingga 2007.

Itu adalah tahun yang sama ketika partainya menghadapi kekalahan memalukan di Diet.

 

3 dari 4 halaman

Kembali untuk Melayani Jangka Panjang

Abe kembali berkuasa secara menakjubkan pada tahun 2012, pertama kali mengalahkan saingan partainya Shigeru Ishiba pada September tahun itu untuk merebut kembali kepemimpinan LDP, dan kemudian memimpin partai tersebut menjadi mayoritas pada bulan Desember itu.

Itu sekali lagi merupakan tonggak politik – mantan perdana menteri Jepang pertama yang kembali menjabat sejak Shigeru Yoshida pada tahun 1948.

Tugas kedua Abe sebagai kepala eksekutif Jepang sejak 2012 datang dengan fokus pada ekonomi dan berjanji untuk menarik Jepang keluar dari deflasi jangka panjang.

Mantranya "tuntutan politik menghasilkan hasil" mulai menunjukkan hasil ketika "program stimulus moneter agresif Bank of Japan menekan yen terhadap mata uang utama lainnya, dan menaikkan pendapatan perusahaan besar dan harga saham."

Dia terpilih kembali dalam pemilu 2014 dan 2017. Namun, pemerintahannya gagal memenuhi target inflasi tahunan 2%.

Selama konferensi pers terakhirnya sebagai perdana menteri, Abe juga menyinggung masalah keamanan Jepang.

“Korea Utara memiliki banyak kemampuan dalam rudal balistik dan Jepang harus meningkatkan kapasitas keamanannya,” katanya pada Oktober 2020.

Dia akan dikenal karena sikapnya yang hawkish terhadap China karena dia telah berjanji untuk mengubah Konstitusi pasifis Jepang untuk memungkinkan militer penuh.

Istilah hawkish biasa muncul sebagai respon untuk menggambarkan kebijakan moneter yang cenderung kontraktif seperti menaikkan suku bunga atau mengurangi neraca bank sentral.

“Sayangnya, tetangga kami (Korea Utara) memiliki ambisi nuklir dan untuk memastikan keamanan negara kami, kami membutuhkan aliansi yang kuat dengan AS,” tambahnya.

Abe mengatakan Jepang – lokasi pengeboman Hiroshima dan Nagasaki 75 tahun lalu – akan mencoba menjadi jembatan antara negara-negara yang memiliki senjata nuklir dan yang tidak memiliki senjata nuklir.

Masa jabatannya juga melihat hubungan bilateral dengan Korea Selatan mencapai titik terendah baru atas masalah eksploitasi seksual masa perang.

Kekalahan besar Jepang di bawah Abe adalah menunda selama satu tahun acara olahraga terbesar di dunia - Olimpiade 2020 - karena pandemi.

Dia terlihat sebagai aktor utama dalam strategi Indo-Pasifik AS yang terwujud dalam aliansi keamanan Quad bersama dengan Australia dan India.

 

4 dari 4 halaman

Berhubungan dengan Umat Islam

Seorang pengusaha dari Osaka sebelumnya mengatakan kepada Anadolu Agency bahwa tsunami Fukushima 2011 membentuk pandangan Abe tentang Muslim di negara itu.

“Abe mengunjungi banyak kamp bantuan dan operasi penyelamatan dan apa yang dia temukan adalah Muslim, terutama dari Pakistan, ada di mana-mana,” kata pengusaha, yang meminta untuk tidak disebutkan namanya.

Abe menjadi oposisi pada 2011.

“Kelompok Muslim telah mencapai tempat-tempat yang terkena dampak tsunami jauh sebelum pemerintah dan kelompok Jepang lainnya sampai di sana,” tambahnya.

Setelah Abe kembali sebagai perdana menteri pada 2012, pengusaha itu mengatakan: “Pemerintahannya membangun ruang sholat Muslim di sepanjang jalan raya dan di banyak bandara.”

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.