Sukses

Sederet Skandal Partai Boris Johnson Selama Menjabat Jadi PM Inggris

PM Boris Johnson memiliki sederet skandal ketika menjabat.

Liputan6.com, London - Boris Johnson mengumumkan pengunduran dirinya sebagai perdana menteri Inggris pada Kamis (7 Juli) setelah dia ditinggalkan oleh para menteri dan anggota parlemen Partai Konservatif yang mengatakan dia tidak lagi layak untuk memerintah.

Setelah berhari-hari berjuang untuk pekerjaannya, Johnson telah ditinggalkan oleh semua kecuali segelintir sekutu setelah serangkaian skandal terbaru mematahkan kesediaan mereka untuk mendukungnya.

Dilansir dari laman Channel News Asia, Jumat (8/7/2022), berikut adalah beberapa skandal yang telah merugikan Johnson secara politik:

1. Isu Pelecehan Seksual

Pengunduran diri massal dari pemerintah minggu ini menyusul tuduhan mantan pegawai negeri senior bahwa kantor Johnson memberikan informasi palsu tentang tuduhan pelecehan seksual di masa lalu terhadap anggota parlemen Christopher Pincher.

Pada bulan Februari, Johnson menunjuk Pincher sebagai Deputy Chief Whip, memberinya tanggung jawab untuk kesejahteraan anggota parlemen Konservatif lainnya.

Pekan lalu, Pincher diskors dari partai setelah mengakui dia telah membuat orang lain tidak nyaman saat keluar malam dalam keadaan mabuk. Kemudian terungkap bahwa Pincher telah menjadi subjek tuduhan pelecehan seksual di masa lalu.

Kantor Johnson awalnya mengatakan perdana menteri tidak mengetahui tuduhan spesifik masa lalu terhadap Pincher.

Namun, mantan pegawai negeri senior Simon McDonald menulis surat yang mengatakan bahwa dia telah menyelidiki tuduhan tersebut pada tahun 2019 dan telah menguatkan pengaduan tersebut.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

2. Partygate

Istilah "Partygate" diciptakan untuk merujuk pada skandal pesta yang diadakan di pemerintahan, termasuk di kantor Downing Street milik Johnson sendiri, yang ditemukan telah melanggar aturan penguncian COVID-19 yang ketat.

Johnson sendiri didenda oleh polisi karena menghadiri pesta ulang tahun, dan terpaksa meminta maaf kepada Ratu Elizabeth setelah diketahui staf berpesta di Downing Street pada malam pemakaman suaminya Pangeran Philip pada April 2021.

Sebuah laporan oleh seorang pegawai negeri senior memberikan laporan yang memberatkan tentang serangkaian pesta ilegal saat lockdown, merinci contoh konsumsi alkohol dan staf yang muntah berlebihan.

Parlemen masih menyelidiki apakah Johnson berulang kali menyesatkan anggota parlemen ketika dia menyangkal mengetahui adanya pihak ilegal.

Johnson mengatakan dia dengan tulus percaya pada saat itu bahwa pertemuan tidak melanggar hukum, tetapi sekarang dia menerima bahwa dia salah.

3 dari 5 halaman

3. Skandal Seks Lain

Partai konservatif Johnson telah dilanda skandal lain dari anggota parlemen yang dituduh melakukan penyimpangan seksual, termasuk dua yang menyebabkan anggota parlemen mengundurkan diri.

Dalam kedua kasus tersebut, Konservatif kalah dalam pemilihan khusus yang diadakan bulan lalu untuk menggantikan mereka.

Anggota parlemen konservatif Imran Ahmad Khan mengundurkan diri setelah dinyatakan bersalah melakukan pelecehan seksual terhadap seorang anak laki-laki berusia 15 tahun.

Neil Parish, anggota parlemen Konservatif lainnya, mengundurkan diri setelah mengakui bahwa dia menonton pornografi di teleponnya di House of Commons dua kali.

Anggota parlemen Konservatif lainnya telah ditangkap karena dicurigai melakukan pemerkosaan, penyerangan seksual, dan pelanggaran lainnya. Anggota parlemen itu ditebus pada Mei dan belum diidentifikasi di media untuk melindungi identitas tersangka korban.

4 dari 5 halaman

4. Kasus Owen Paterson

Tahun lalu, komite standar parlemen merekomendasikan penangguhan anggota parlemen Konservatif dan mantan menteri Owen Paterson selama 30 hari setelah menemukan dia telah melakukan "kasus advokasi berbayar yang mengerikan" dengan melobi atas nama perusahaan yang membayarnya.

Konservatif awalnya memberikan suara di parlemen untuk menghentikan penangguhan Paterson dan merombak proses penyelidikan anggota parlemen.

Setelahnya, Paterson mengundurkan diri dan pemerintah mengabaikan perubahan yang diusulkan. Konservatif kalah dalam pemilihan untuk mengisi kursi Paterson.

5 dari 5 halaman

5. Laporan Tidak Akuran

Setelah renovasi flat Johnson di Downing Street - dipimpin oleh seorang desainer selebriti dan termasuk wallpaper emas - komisi pemilihan Inggris mendenda Konservatif £ 17.800 karena gagal melaporkan sumbangan secara akurat untuk membayarnya.

Penasihat etika Johnson kemudian mengkritik perdana menteri karena gagal mengungkapkan beberapa pesan yang dipertukarkan dengan donor. 

Namun, dia menyimpulkan bahwa Johnson tidak sengaja berbohong tentang pesan tersebut.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.