Sukses

Rusia Dibayangi Isu Ukraina dalam Pertemuan Tingkat Menlu G20 di Bali

Rusia dibayangi isu invasi ke Ukraina dalam pertemuan menteri luar negeri di KTT G20.

Liputan6.com, Jakarta - Menteri Luar Negeri Rusia Sergei Lavrov akan melakukan pertemuan dekat pertamanya dengan para kritikus paling sengit atas invasi negaranya ke Ukraina pada pertemuan G20 di Indonesia yang sedang berlangsung pada Kamis (7 Juli) dengan perang yang hampir pasti akan terjadi. mendominasi diskusi.

Pertemuan menteri luar negeri tertutup pada hari Jumat akan menjadi pertama kalinya diplomat top Presiden Rusia Vladimir Putin, Lavrov, akan bertatap muka dengan penentang paling vokal dari invasi ke Ukraina pada bulan Februari, yang disebut Moskow sebagai "operasi militer khusus".

Lavrov berencana untuk bertemu dengan beberapa rekannya di sela-sela KTT, kantor berita Rusia TASS melaporkan, tetapi para menteri termasuk Annalena Baerbock dari Jerman dan Menteri Luar Negeri AS Antony Blinken telah mengesampingkan pertemuan terpisah dengannya.

Menggarisbawahi ketegangan menjelang pertemuan itu, Retno Marsudi, menteri luar negeri Indonesia, mengatakan rekan-rekan G7 telah memberitahunya bahwa mereka tidak dapat menghadiri upacara resepsi Kamis, keputusan yang dipahami dan dihormati oleh negara tuan rumah. 

Masih belum diketahui apakah apakah Lavrov hadir.

"Kita berbicara tentang mencoba menciptakan situasi yang nyaman untuk semua," kata Retno kepada wartawan.

"Saya mengerti posisi Anda. Karena sekali lagi, setiap orang harus merasa nyaman untuk hadir."

Menteri Luar Negeri Australia Penny Wong mengatakan negaranya dan negara-negara yang berpikiran sama akan menggunakan pertemuan G20 untuk menyoroti dampak perang.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Agenda G20

"Kami akan memperjelas secara kolektif pandangan kami tentang posisi Rusia dan perilaku Rusia," katanya.

Menteri Luar Negeri Inggris Liz Truss, bagaimanapun, dapat pergi lebih awal: BBC melaporkan dia berencana untuk kembali ke London di tengah drama politik seputar pengunduran diri Perdana Menteri Boris Johnson.

Seorang pejabat Kantor Luar Negeri Inggris menolak berkomentar.

Energi dan ketahanan pangan menjadi agenda pertemuan di Bali, dengan negara-negara Barat menuduh Rusia memicu krisis pangan global dan memperburuk inflasi dengan memblokade pengiriman gandum Ukraina. Rusia telah mengatakan siap untuk memfasilitasi ekspor gandum tanpa hambatan.

Kelompok 20 termasuk negara-negara Barat yang menuduh Moskow melakukan kejahatan perang di Ukraina - yang dibantahnya - dan telah menjatuhkan sanksi, tetapi juga negara-negara seperti China, Indonesia, India dan Afrika Selatan yang lebih diam dalam tanggapan mereka.

3 dari 4 halaman

Tanggapan Terhadap Lavrov

Berbicara setelah bertemu dengan timpalannya dari China Wang Yi, Lavrov menekankan pentingnya hubungan Rusia-China dalam membentuk dunia yang lebih "adil dan demokratis berdasarkan prinsip-prinsip hukum internasional".

Dia juga mengecam apa yang dia katakan sebagai Barat yang "secara terbuka agresif" yang berusaha untuk mempertahankan posisi istimewa dan dominasinya dalam urusan internasional.

Beberapa pejabat AS dan Eropa telah menekankan pertemuan itu tidak akan menjadi "bisnis seperti biasa". 

Seorang juru bicara menteri luar negeri Jerman mengatakan negara-negara G7 akan mengoordinasikan tanggapan mereka terhadap Lavrov.

4 dari 4 halaman

Pengecualian G7

Pada tahun 2014, G7 mengecualikan Rusia dari apa yang telah menjadi G8, atas pencaplokan Krimea.

Pejabat tinggi dari Inggris, Kanada dan Amerika Serikat meninggalkan perwakilan Rusia selama pertemuan keuangan G20 di Washington pada bulan April. Namun terlepas dari pembicaraan awal untuk memboikot pertemuan G20 berikutnya, beberapa analis mengatakan negara-negara Barat mungkin telah memutuskan ini akan menjadi kontraproduktif.

Seorang pejabat senior Departemen Luar Negeri AS mengatakan pada hari Kamis bahwa penting untuk mempertahankan fokus pada apa yang telah ditetapkan Indonesia untuk kepresidenan G20 dan "tidak membiarkan ada gangguan atau interupsi untuk itu".

"Kami juga ingin memastikan bahwa tidak ada yang dengan cara apa pun atau bentuk apa pun yang memberikan legitimasi terhadap apa yang dilakukan Rusia dalam brutal terhadap Ukraina," kata pejabat itu.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.