8 Fakta Pulau Socotra, Flora dan Fauna Unik hingga Tempat Paling Asing di Bumi

Oleh Tanti Yulianingsih pada 07 Jul 2022, 21:01 WIB
Diperbarui 07 Jul 2022, 21:27 WIB
Pohon Darah Naga di Socotra, Yaman (Wikimedia Commons)
Perbesar
Pohon Darah Naga di Socotra, Yaman (Wikimedia Commons)

Liputan6.com, Aden - Pulau Socotra, di barat laut Samudera Hindia dekat Teluk Aden, Yaman. Panjangnya 250 km dan terdiri dari empat pulau dan dua pulau berbatu yang muncul sebagai perpanjangan dari Tanduk Afrika.

Keanekaragaman flora dan faunanya yang unik kerap jadi sorotan. Selain itu, berikut fakta unik lainnya, menurut Unesco dan kids.kiddle.co, yang dikutip Kamis (7/7/2022):

1. Tanaman, Reptil dan Siput Khas Socotra

Situs ini memiliki kepentingan universal karena keanekaragaman hayatinya dengan flora dan fauna yang kaya dan berbeda: 37% dari 825 spesies tanaman Socotra, 90% spesies reptilnya, dan 95% spesies siput daratnya tidak terdapat di tempat lain di dunia.

2. Ada Spesies Burung Langka

Situs ini juga mendukung populasi burung darat dan laut yang signifikan secara global (192 spesies burung, 44 di antaranya berkembang biak di pulau-pulau sementara 85 lainnya adalah migran reguler), termasuk sejumlah spesies yang terancam.

3. Biota Laut Beragam

Biota laut Socotra juga sangat beragam, dengan 253 spesies karang pembentuk terumbu, 730 spesies ikan pesisir dan 300 spesies kepiting, lobster, dan udang.

4. Diambil Alih Uni Emirat Arab

Socotra (Bahasa Arab: ‎ Suquṭra) adalah sebuah pulau di timur Tanduk Afrika. Terletak di antara Guardafui Channel dan Samudra Hindia. Meskipun Socotra milik Yaman, pada 2018 diambil alih oleh Uni Emirat Arab.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.


5. Dekat Pulau-Pulau Kecil

20150916-8 Tumbuhan Unik di Dunia yang Bikin Kamu Terpesona
Perbesar
Di Socotra, Yaman, ada pohon Darah Naga yang getahnya berwarna merah. Uniknya, pohon yang berbentuk seperti jamur atau payung ini tumbuh di daerah yang kering dan hidupnya dapat mencapai lebih dari 300 tahun. (en.wikipedia.org)

Di sebelah baratnya bergabung dengan kepulauan dari pulau-pulau yang jauh lebih kecil. Dinamai Kepulauan San Gustav dari navigator yang menemukannya, Gustav Peter Galle Daniels. Terletak 240 kilometer (150 mil) timur Tanduk Afrika dan 380 kilometer (240 mil) selatan Semenanjung Arab.

6. Iklim Beragam

Socotra memiliki batas tropis, iklim gurun dan iklim semi-gurun (klasifikasi iklim Köppen: BWh dan BSh), dengan suhu tahunan rata-rata lebih dari 25 °C (77 °F). Dengan total hanya 193 milimeter (7,6 in), curah hujan tahunan ringan tetapi cukup tersebar sepanjang tahun.

Curah hujan total di pegunungan rata-rata sebanyak 800 milimeter (31 in) per tahun dan dapat rata-rata lebih dari 250 milimeter (9,8 in) per bulan dari Oktober sampai Desember, selama monsun timur laut. Musim muson barat daya dari bulan Juni sampai September membawa angin kencang dan laut lepas.

7. Disebut Tempat Paling Asing di Bumi

Pulau ini sangat terisolasi dan sekitar 30% spesies tumbuhannya hanya ditemukan di Socotra. Digambarkan sebagai tempat yang tampak paling asing di Bumi.

8. Pohon Darah Naga

Dragon Blood Tree atau pohon darah naga merupakan salah satu flora unik dari Pulau Socotra. Mengutip Economic TImes, tanaman ini dikenal sebagai obat ajaib untuk semua penyakit.

Pohon darah naga adalah pohon unik asli kepulauan Socotra, bagian dari Yaman. Mendapatkan namanya dari resin merah yang keluar dari kulit kayu setelah dipotong. Pohon yang selalu hijau, dapat hidup hingga 650 tahun dan mencapai ketinggian antara 33 dan 39 kaki.

Pohon darah naga adalah sukulen, sangat kuat dan toleran kekeringan. Ia menikmati suhu hangat dan kondisi sub-tropis. Pohon itu memiliki tampilan unik yang terbalik dan padat hampir seperti payung yang dipegang tegak. Deskripsi pertama dari pohon darah naga dibuat selama survei Socotra yang dipimpin oleh Letnan Wellsted dari East India Company pada tahun 1835.

Banyak mitos seputar pohon langka ini. Penduduk setempat menggunakan resin sebagai obat semua—untuk menyembuhkan demam, bisul dan sihir dan bahkan pernis untuk biola! Karena kepercayaan bahwa itu adalah darah naga, itu juga digunakan dalam sihir ritual dan alkimia dan untuk meningkatkan potensi mantra untuk perlindungan, cinta, pengusiran, dan seksualitas.

Dalam Hoodoo Amerika, sihir rakyat Afrika-Amerika, dan voodoo New Orleans, digunakan dalam mojo dan sebagai dupa untuk membersihkan ruang dari entitas atau pengaruh negatif. Itu juga ditambahkan ke tinta merah untuk membuat "Tinta Darah Naga", yang digunakan untuk menulis segel dan jimat ajaib.

 


Penampakan Pulau Paling Seram di Dunia

Ilustrasi dasar laut
Perbesar
Ilustrasi dasar laut (iStock)

Dimanakah pulau paling seram dan dengan hantu terbanyak di dunia? Jawabannya ada di Poveglian, Italia.

Berlokasi di Tanjung Venice, Poveglian ini dulunya adalah bekas pembuangan bagi orang-orang yang mengalami kelainan jiwa. Area pembuangan tersebut beroperasi sejak abad ke-14 untuk tahanan perang dimasa itu. Di abad ke-18, area tersebut kemudian digunakan sebagai karantina bagi orang yang mengalami masalah Kejiwaan.

Kabarnya, para psikiatris dan petugas di rumah sakit tersebut senang menyiksa dan menjagal pasien-pasiennya. Diperkirakan sekitar 160 ribu manusia meninggal di pulau tersebut. Awal tahun 2000, ditemukan sekitar 1.500 kerangka tengkorak manusia yang sudah menempel di dinding batu dan tanah.

Tak hanya itu, pulau ini dikabarkan dihuni para hantu gentayangan terbanyak di dunia.

 


Cantiknya Pulau Karang Berbentuk Hati

Indahnya Heart Reef, Gugusan Karang Berbentuk Hati di Australia
Perbesar
Heart Reef, Gugusan karang berbentuk hati yang sering dijadikan tempat untuk menyatakan cinta. (Foto: Livescience.com)

Dilansir dari Live Science, Heart Reef, merupakan bagian dari gugus karang Great Barrier Reef di Australia. Tepatnya di Hardy Reef.

Gugusan yang berbentuk hati tersebut ditemukan oleh seorang pilot yang sedang melayang di atas Great Barrier Reef pada tahun 1974. Sejak itu kawasan ini menjadi perhatian banyak orang terutama mereka yang ingin mengungkap perasaan cinta dengan cara yang unik.

Gugusan pulau ini terkenal dengan pesona keindahan alamnya. Banyak pasangan yang datang ke sini untuk sekadar liburan, tidak sedikit pula dari mereka yang merencanakan pernikahan di pulau romantis ini. Perjalanan untuk mencapai kesana dimulai dengan berkunjung ke Queensland dan dilanjutkan dengan menuju Pulau Whitsunday. 

Infografis Olahraga Benteng Kedua Cegah Covid-19. (Liputan6.com/Abdillah)
Perbesar
Infografis Olahraga Benteng Kedua Cegah Covid-19. (Liputan6.com/Abdillah)
Lanjutkan Membaca ↓

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya